Home / WordPress / 10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress

10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress

10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress – Ketika selesai melakukan Install WordPress mungkin bingung apa yang harus dilakukan pertamakali. Wajar saja karena saya peribadipun mengalami hal seperti ini. Tapi sebetulnya jawaban untuk pertanyaan ini ada pada diri pribadi masing-masing. Apa tujuannya membuat blog? Apakah blog dibuat agar bisa keindex oleh Google atau hanya sekedar media pembelajaran saja. Blog serius atau hanya blog mainan. Jika blog yang dibuat adalah blog serius dan agar bisa keindex sama mesin pencari, maka ketika pertama kali setelah Install WordPress terdapat hal-hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal apakah itu? Ok saya akan coba berbagi sedikit ilmu pengetahuan tentang hal yang wajib dilakukan setelah Install WordPress.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis Dan Mudah Untuk Pemula

Berikut 10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress

Kita mulai saja dan tidak perlu banyak bertele-tele. Ih iya lupa, 10 hal ini hanya bisa dilakukan di WordPress.org atau yang sudah hosting sendiri. Namun sebagian bisa juda diterapkan di WordPress.com.

10-Hal-Wajib-Dilakukan-Setelah-Install-WordPress

Segera Aktifkan Plugin Akismet

Apa itu Akismet? Akismet adalah plugin WordPress untuk menjaga komentar-komentar yang masuk. Ko komentar harus dijaga? Ya, karena jenis komentar itu bermacam-macam. Tidak semua komentar baik untuk ditampilkan. Contoh kalau komentar hanya membuat sampah, maka wajib dimusnahkan. Nah untuk mengkarantina komentar seperti ini, itu adalah tugasnya plugin Akismet.

Jadi jangan sampai lupa hal pertama yang harus dilakukan setelah Install WordPress adalah segera mengaktifkan plugin Akismet. Cara mengaktifkannya, kebetulan saya sudah pernah menulis tutorial Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Untuk Blog Baru.

Rubah Permalink Default WordPress

Secara default permalink WordPress katanya tidak ramah lingkungan. Maksudnya tidak SEO Friendly. Agar permalink bisa berteman akrab dengan mesin pencari maka rubahlah setting defaultnya. Lalu apa itu permalink? Jawaban singkatnya permalink adalah URL yang tampil di address bar.

Untuk melakukan ini semua, Anda tinggal pergi ke menu Setting dari Dashboard wp-admin WordPress. Di menu setting pilih submenu Permalink. Pilih model permalink yang ditampilkan hanya nama tulisan/judul artikel. Seperti permalink web info-menarik.NET adalah http://info-menarik.net/contoh-tulisan/ atau contoh struktur sesuainya menjadi http://nama-domain/%postname%/.

Lengkapi Data di General Setting

Untuk pergi ke General Setting, masih di Dashboard WordPress > Setting > General atau Umum. Disini saya menggunakan pengaturan Bahasa Indonesia. Silakan isi yang penting-pentingnya saja. Diantaranya yang harus diisi pada General Setting adalah : Judul Situs (isi dengan judul web/blog Anda), Slogan (penjelasan singkat tentang web/blog dibuat). Untuk Alamat WordPress (URL) dan Alamat Situs (URL) Anda isi http://domain-anda.

Pengaturan lainnya disesuaikan saja dengan kebutuhan seperti format tanggal, format waktu, dan lain-lain.

Tambah Koleksi Ping Automatic WordPress

Ini adalah kelebihannya CMS WordPress dibanding platform lainnya. WordPress tersedia fasilitas untuk membantu proses update otomatis melalui jasa ping automatic. Dengan melakukan ping adalah ibarat kita mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa kita sudah membuat artikel terbaru. Yang nantinya artikel kita bisa keindex oleh mesin pencari.

Penjelasan lebih lanjutnya bisa dilihat pada artikel Tambah Koleksi Ping Update Artikel Otomatis WordPress

Lengkapi Data Profil Pribadi

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah selesai Install WordPress adalah melengkapi data profil. Silahkan pergi ke menu Pengguna dari Dashboard WordPress dan klik submenu Profil Anda. Didalam submenu Profil Anda terdapat kolom Info Biografi. Jika kolom diisi maka nanti akan tampil disetiap akhir tulisan atau artikel yang dibuat. Istilah lainnya adalah Author Box. Namun jika Author Box tidak muncul, maka kemungkinan tema yang digunakan tidak mendukung fasilitas tersebut. Maka cara menampilkannya bisa dilihat pada tulisan Begini Cara Membuat Author Box Di WordPress.

Setting Tema

Setelah semua hal diatas selesai dilakukan, sekarang adalah menentukan tema WordPress. Gunakan tema yang SEO Friendly dan loadingnya cepat. Dan saya sarankan agar menggunakan tema yang responsive. Artinya jika blog dibuka dimedia browser apapun akan tampil bagus. Tema responsive akan mengikuti resolusi monitor atau layar sebagai media panayangnya. Biasanya tema yang responsive, jika blog di zoom dengan cara menekan Ctrl+Scroll Mouse maka blog tetap rapih. Dan juga tema responsive jika dizoom maka tidak terdapat scrollbar bawah. Untuk lebih jelasnya, silahkan zoom tema blog ini !

Apalagi untuk saat ini pengguna internet sudah jarang yang menggunakan Personal Computer (PC) atau Laptop. Pengguna Internet saat ini kebanyakan menggunakan gadget.

Untuk tema yang responsive, silahkan Anda cari saja di internet. Baik yang gratis ataupun yang berbayar.

Install Plugin SEO By Yoast

Jika blog Anda untuk kebutuhan komersial, maka Plugin SEO sangat penting. Banyak pilihan plugin untuk lebih mengoptimalkan SEO WordPress. Diantaranya yang paling banyak dilakukan oleh WordPresser terkenal adalah Plugin SEO By Yoast.

Namun jika WordPress Anda bukan untuk kebutuhan SEO, maka plugin ini tidak perlu diinstall. Jika sebaliknya dan belum tahu caranya, bisa dilihat pada tulisan Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast.

Setting Robots.txt

Untuk lebih mengoptimalkan lagi WordPress yang baru saja dibuat adalah wajib setting Robots.txt. Karena tidak semua direktori WordPress harus dikunjungi oleh mesin pencari. Maka untuk keperluan itu semua, Anda perlu membuat file Robots.txt. Membuat file Robots.txt ini bagi pengguna Plugin SEO by Yoast dapat dilakukan dengan mudah. Karena memang fasilitas untuk menempatkan file Robots.txt sudah tersedia di Plugin tersebut.

Silahkan bisa dilihat tentang Robots.txt pada tulisan Cara Membuat Robots.txt Di WordPress Dengan Mudah.

Install Plugin WP Smush.it

Jika membuat blog/web yang kedepannya akan banyak mengupload gambar, maka diwajibkan untuk menginstall Plugin WP Smush.it. Karena biasanya resolusi gambar yang akan diupload ke blog/web memiliki resolusi yang besar. Ini semua perlu dikompress agar resolusi gambar menjadi kecil dan tentunya akan meringankan loading WordPress. Untuk mengompressnya maka kita perlu Plugin WP Smush.it. Silahkan caranya bisa dilihat pada tulisan Optimalkan Gambar Web Dengan Plugin WP Smush.it.

Segera Buat Sitemap XML

Ini adalah hal penting terakhir yang wajib dilakukan setelah Install WordPress. Agar WordPress dapat berteman baik dengan mesin pencari, segera buat Sitemap XML. Dalam membuat Sitemap XML bisa menggunakan Plugin atau tanpa menggunakan Plugin. Untuk memudahkan, bagi pengguna Plugin SEO by Yoast Sitemap XML sudah tersedia didalam fiturnya. Lebih lengkapnya lagi bisa dilihat pada tulisan Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang apa saja yang harus kita lakukan setelah Install WordPress. Insya Allah hal penting lainnya akan saya tulis pada artikel selanjutnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

52 comments

  1. wah mas bro, saya masih belajar wp nie mas,,, makasih buat saran-sarannya…

  2. Thanks gan infonya, saya masih belajar tentang wp nih hehehe

  3. Hakim Usmanto

    Wah, info yang menarik untuk pemula seperti saya gan :D Semoga kedepannya blog ini lebih maju lagi

  4. Mantaps kang, lengkap banget tutorial untuk persiapan menggunakan WP, terimakaish atas informasinya.

    • Ok kang sama-sama. Silahkan dicoba saja dan saya selalu menanti ilmu WordPress lainnya dari kang Indra.

  5. Tutorialnya lengkap bener kang, sangat cocok nih buat pengguna WP ikutin cara diatas hehhe, sayangnya saya masih menggunakan blogcepot kang , ijin bookmark dulu ya, sapa tau kedepannya ingin migrasi pake WP :)

    • Ok kang dibookmark dulu saja sebelum mati lampu :D Blogspot juga bagus kang, tapi ga ada salahnya untuk mencoba sesuatu hal yang baru.

  6. Duh mantap artikel s akang nih..

  7. Tambahan mas, SEO smart link dan form subscribe dan Social sharing juga penting mas

    • Iya mas terimakasih. Ternyata masih banyak ya penting ? Nanti dibuat terpisah aja deh artikelnya. :D

  8. Sepertinya cocok buat refrensi dalam beralih ke WP…..saya mulai tertarik mempelajari wordpress mas, mohon ijin untuk bookmark

  9. artikelnya saya simpan dulu ya mas, soalnya ada rencana mau membuat site WP, kalau tentang WP sama sekali tidak fasih dan tidak mengerti lika-liku kode scriptnya, mungkin tulisan ini bisa saya jadikan referensi buat belajar nanti kalau sudah pakai WP.

    • Silakan disimpan dan diamankan saja mba. Sayapun ga fasih menggunakan WordPress. Kita sharing saja setiap hal yang kurang dimengerti.

  10. wah lengkap banget mas mau nambahin udah di jelasin semua … nice post mas

  11. sampai saat ini pembangunan Wp saya banyak terkendala karena ke gaptekan nih kang, banyak hal pengetahuan yang kudu ditambah. makasih ilmu install Wp setelahnya yea.

    • Jangan bicara gaptek kang, saya jadi merasa kesindir nih. Salam sukses buat kang Lembu.

  12. Assalaamu’alaikum wr.wb… kalau saya hanya yang sedia di blog WP gratis sahaja, yang sudah ada di widget. Lagipun blog saya hanya sekadar santai untuk berbagi ilmu. Banyak juga manfaatnya di WP ya sehingga saya masi setia menggunakan khidmatnya dalam berblog. Salam sukses dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumsalam wr.wb … Siapa tahu kedepannya mba Fatimah migrasi ke WordPress yang full self hosting. Saya dulu di WordPress.com juga mba.

  13. Nah info menarik seperti ini mas yang saya cari dari dulu. Hitung-hitung bisa dipraktekkan nantinya jika saya ingin beralih ke WordPress self host. Harapannya kan biar saya ndak bingung lagi hal-hal apa saja yang wajib dilakukan setelah install wordpress ini. Terima kasih banget informasinya mas. :D

    • Iya mas Dori jika memang artikel ini dibutuhkan disimpan saja. Tapi sebenarnya ini hanya tulisan yang sudah banyak tersebar diinternet. Ditunggu WordPressnya mas Dori … :)

  14. memang muantab ya mas wordpress. banyak yang musti dilakukan dan semua itu udah tersedia di wordpress…ok deh kayaknya musti otakatik WP lagi…makasih infonya.

    • Iya mbah, kita selalu dimanjakan dengan banyaknya fitur serba otomatis. Kita tinggal mengaktifkannya langsung beres.

  15. Menyimak Gan, trims infonya hehe

  16. Iya mas dicoba saja WordPressnya. Kalau sudah dicoba jadi tahu mana yang enak dipakai.

  17. Kalo blogger tinggal bikin doang sudah deh XD

    • Untuk keamanan Blogspot jangan diragukan lagi karena dijaga langsung sama mbah Google mas … :D

  18. hampir semua tips di atas saya gunakan mas, tapi untuk sitemap Google ndak saya pasang karena sudah ada SEO dari yoast

    • Iya betul plugin SEO by Yoast sudah tersedia fitur Sitemap XML-nya. Saya malah lebih suka dengan plugin Google XML Sitemap mas :D

  19. Pagi-pagi sudah berselancar di blog INFOMENARIK, Banyak nambah ilmu tentang wordpress.org. Sepertinya harus sering-sering maen ke blog ini tutorialnya sangat membantu. Terus berbagi tetntang WP nya. Salam dari blogger bekasi.

  20. kebetulan baru buat blog d wp hehe, ane praktekin dulu ilmunya :)

  21. Dari 10 langkah di atas cuma poin ke-9 yang belum diterapkan. Padahal saya membuat web WP untuk online store yang pasti memuat banyak gambar produk. Trims infonya, saya jadi tahu satu hal lagi yang penting untuk diterapkan.

  22. Ada salah satu blog wp saya yang justru bermasalah ketika pakai wp smuh it.

    Permasalahannya muncul ketika upload image selalu load proses yang tak kunjung berhenti.
    akhirnya saya melepas plugin tersebut dan blm tahu apa yang lebih baik dari wp smush.

    • Ko bisa ya? Mungkin ada masalah didalam Database server Hostingnya. Coba dulu menggunakan Local Host!

    • WP Smush memang agak ribet kalau yg free version. Kemarin penggunaannya gak sejak awal, jadi data gambar yg lama harus manual satu-persatu, ribet.

      *atau sy nya yg gak paham pakenya.

  23. makasih gan. sangat membantu saya. sekarang saya sudah punya wp dan ws
    tapi saya tidak bisa memsang beberapa. karna tidak pandai gan

  24. Hallo gan,
    Ane sudah install wordpress di hosting, setelah ini gimana langkah agar web baru ane bisa online dengan domain baru? thanks

    • Kalau WP sudah sukses diinstall di hosting itu artinya blog Anda sudah bisa online mas. Anda tinggal melengkapi kontennya dari Dashboard WP-Admin.

  25. mas punten saya mau tanya. sy sdh instal wp di hosting, sy menggunaka https:// namun ketika saya buka https://domain[dot]com muncul keterangan “your conection not secure” baik di chrome, mozila bahkan device yg lain. dan ketika saya buka domain[dot]com muncul keterangan “your site is underconstruction” dari penyedia layanan hosting. kemudian saya coba buka https://domain[dot]com/wp muncul juga keterangan “your conection not secure”. tetapi ketika saya buka domain[dot]com/wp sudah muncul gambar seperti berikut http://prntscr.com/bv3kda.

    mohon dengan sangat penjelasannya mas karena saya baru pake wordpress.

    1. apakah ada error dalam penginstalan wp yang saya lakukan?
    2. apakah harus saya instal ulang wp nya?
    3. apakah ada hal yang saya lewatkan dalam proses?
    4. apakah yang harus saya lakukan untuk kejadian tersebut diatas mas?

    terimakasih banyak, mohon maaf lahir dan bathin y mas..

    • Coba install ulang tanpa https gan! Untuk https agan meski beli dulu SSL di penyedia domain. Untuk lebih jelasnya masalah https silakan agan konsultasikan langsung dengan tim support penyedia domain.

  26. Hai gan saya mau tanya, web saya kn baru jd. Sdh dipasang theme dll. Tp knp web saya baru bisa dibuka kl ditambah wp diblkg domain. Karna kl tdk ditambah wp, malah keluar index of. Itu knp ya? Mohon bantuannya gan. Trims😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *