Home / Lainnya / Inilah Tips Trik 5 Contoh Usaha Yang Paling Cocok Dijalankan Di Dekat Kampus

Inilah Tips Trik 5 Contoh Usaha Yang Paling Cocok Dijalankan Di Dekat Kampus

Info-Menarik.NET – Adanya kampus mahasiswa ternyata memberikan banyak keuntungan pada ekonomi masyarakat sekitar. Banyak warga kemudian membuka usaha karena adanya peluang untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa, mulai dari usaha makanan sampai jasa. Nah, bagi anda yang kebetulan ingin membuka usaha dekat kampus, tidak ada salahnya mencoba rekomendasi usaha saya ini. Bisnis-bisnis ini paling banyak dilakukan di sekitar kampus. Apalagi bila ada kampus baru yang sedang dibangun, maka anda harus siap-siap mengambil kesempatan tersebut. Berikut ini adalah contoh-contoh usaha tersebut :

5 Contoh Usaha Yang Cocok Dijalankan Dekat Kampus

1. Fotokopian

Usaha fotokopian dekat kampus sangat menguntungkan. Mahasiswa paling sering melakukan fotokopi  untuk materi kuliah atau tugas. Apalagi ketika hendak membuat skripsi, mereka bisa menghabiskan uang ratusan ribu bahkan 1 juta mulai dari revisi sampai hard cover. Tidak heran bila anda selalu melihat banyak kios fotokopi di sekitaran kampus. Di dekat kampus saya saja, 1 kios fotokopi kecil bisa memiliki 2-3 pegawai karena saking banyaknya permintaan untuk fotokopi. Pelanggan fotokopi tersebut bukan hanya para mahasiswa melainkan juga pihak kampus seperti untuk keperluan administrasi dan sebagainya. Anda bisa membeli mesin fotokopi dan menyiapkan beberapa kebutuhan ATK untuk membuka usaha fotokopi sederhana.

2. Kost-kostan

Jarang sekali ada mahasiswa  yang selama mengenyam pendidikan tingkat tinggi di daerah lain ia tinggal di hotel atau apartemen. Sebagian besar akan memilih tinggal di kost-kostan karena harga sewanya lebih terjangkau. Coba saja anda berkeliling di sekitar rumah warga yang letaknya tidak jauh dari kampus/universitas, bila bertanya pasti anda akan menemukan banyak kost-kostan. Dalam radius 500 meter dari kampus saja, kost-kostan masih laku didiami mahasiswa. Meskipun harus memiliki rumah/bangunan, namun anda juga bisa menjadi makelar sebab banyak pemilik kost-kostan yang tidak sempat mengurus/memasarkan rumah kost-kostan tersebut.

3. Warung Nasi

Kenapa sekalian saja membuka café atau resto? Sebagian besar mahasiswa meksipun orang kaya, ia pasti lebih memilikih makan di warteg atau di tempat-tempat yang menawarkan hidangan yang murah meriah. Hanya sesekali mungkin mereka akan pergi ke café atau resto. Ini berdasarkan pengalaman pribadi. Untuk kebutuhan makan sehari-hari, mahasiswa lebih memilih makan di warteg atau di warung tenda pinggir jalan. Ya meskipun ada saja mahasiswa yang banyak uang, tapi mereka akan berpikir dua kali bila menghabiskan uang di café/restoran setiap hari. Anda yang kebetulan punya rumah disekitaran kampus, tidak ada salahnya bekerjasama dengan ibu atau istri anda untuk membuka warung nasi/warteg. Bila anda punya modal lebih, bahkan tata ruangannya bisa dibuat sekreatif mungkin agar menimbulkan daya tarik dan kenyamanan.

4. Warnet

Meskipun hampir seluruh mahasiswa memiliki laptop dan dapat mengakses internet lewat modem atau smartphone tapi untuk urusan Nge-print pasti diserahkan ke ahlinya yaitu tukang warnet. Sekarang ini banyak juga fotokopian yang menyediakan fasilitas ngeprint selain fotokopi. Jadi anda bisa memilih membuka usaha khusus warnet saja atau fotokopian + jasa print. Saran saya lebih baik membuka usaha fotkopian + jasa print bila memang ingin fokus ke jasa print kecuali bila anda ingin membuka usaha Game Center (Warnet Game Online). Untuk bisa menyediakan fasilitas jasa print, anda harus memiliki minimal 1 buah PC dan printer.

5. Konter Pulsa

Lokasi dekat kampus/universitas sangat identik dengan pusat keramaian, biasanya dipenuhi oleh banyak pedagang. Sebut saja di daerah Pakuan Kota Bogor dimana di sekitar kampus Universitas Pakuan sangat ramai sekali dipenuhi orang-orang yang berlalu-lalang dan para pedagang.

Mengapa usaha konter pulsa semakin ramai bila dekat kampus ? ya, tentu saja karena dekat dengan pusat keramaian serta semua mahasiswa cenderung memiliki smartphone dan membutuhkan paket internet/pulsa untuk setidaknya bisa katif di jejaring sosial seperti Twitter, BBM, Line, Clue, Telegram dan sebagainya.

Bila rumah anda dekat kampus dan kebetulan pinggir jalan, tentu ini peluang yang sangat menjanjikan. Anda bisa mendaftar dan membeli saldo di Timi Pulsa. Pembelian saldo bisa melalui transfer bank atau datang langsung ke outlet Timi Pulsa.

Ketika anda mendaftar di Timi Pulsa dan telah memiliki saldo, maka anda sudah bisa berjualan pulsa elektrik semua operator, pulsa listrik (token listrik), pulsa Bolt 4G, paket internet, paket sms, voucher game online (elektrik), saldo google play sampai bayar tagihan bulanan (Telkom, PDAM, PLN dsb). Jadi sangat lengkap. Untuk voucher dan kartu perdana bisa dibeli di tempat-tempat konter pulsa grosir.

Berikut ini cara mendaftar di Timi Pulsa melalui SMS, ketikan :

Nama asli : (lengkap)

Nama agen : (misal Korun Cell)

Alamat : (lengkap)

No. HP : (yang digunakan untuk transaksi)

Kirim data di atas ke nomor 085772428854 atau bisa melalui BBM pin. 5A6B2756

Selengkapnya bisa lihat di website resmi TimiPulsa. Setelah itu anda akan menerima reply SMS berisi No.ID dan PIN. Sampai sini anda sudah terdaftar menjadi agen pulsa dan sudah bisa melakukan pembelian saldo minimal Rp 50 ribu.

Usaha konter pulsa juga bisa dimulai dengan membukanya di rumah agar tidak menyewa tempat. Potensinya cukup baik sebagai penghasilan tambahan bagi keluarga dan banyak dipraktekan oleh para agen pulsa rumahan.

Baca Juga : Cara Berjualan Pulsa Elektrik dengan Daftar di Server Pulsa

Nah, semoga 5 contoh usaha diatas bisa memberikan ide bagi anda yang hendak menjajal bisnis di dekat kampus atau dimanapun lokasinya.

Artikel ini karya penulis tamu Fajar Maulana seorang blogger asal kota Bogor yang aktif bekerja berjualan online dalam berbisnis pulsa dan token listrik. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Kebetulan sekali ane mau buka usaha di dekat kampus. Bingung mau apa, eh ketemu artikel ini. Bisa banget jadi rekomendasi. makasih bang,,,

  2. buat usaha konter pulsa mungkin adalah rekomendasi yang sangat bagus mas. walaupun sudah banyak yang jualan pulsa, namun seperti nya tiap penjual pulsa punya rejeki nya masing-masing :D

  3. Kalau sudah punya ide bisnis, mulai saja.
    seiring perjalanan waktu akan dengan sendirinya bisa menyelesaikan persoalan yang dihadapi.
    Yang sulit adalah mempertahankan motivasi.
    Bagaimana cara untuk mempertahankan motivasi bisnis ya?
    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *