Home / Android / Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti Bisa Membuat Android Lebih Kencang

Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti Bisa Membuat Android Lebih Kencang

Cara Mengatasi Android Lemot – Seperti yang kita ketahui, beberapa orang atau bahkan diri kita sendiri sering mengalami Android yang bekerja secara lambat. Hal seperti ini jelas mengurangi performa HP dan membutuhkan cara menangani Android lemot agar bisa kembali berfungsi normal seperti semula, bukan? Terlebih, hal seperti ini bisa saja mengganggu Anda dalam menggunakannya.

Masalah Android Lemot

Mungkin sebagian dari kita merasa kesal karena Android tak bisa bekerja secara optimal seperti pada saat kita masih baru membelinya dalam keadaan baru. Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Maka dari itu, dibutuhkan adanya cara menangani Android lemot jika Anda sudah menemui hal seperti ini yang bisa menjadi sebuah masalah.

Baca Juga : HP Android Anda Lemot Kinerjanya? Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot

Bisa saja beberapa faktor tersebut seperti memori terlalu penuh, penggunaan aplikasi yang kurang mendukung, serta masih banyak lagi yang lainnya. Tak heran, jika sudah terjadi hal seperti ini, beberapa orang akan langsung mencari cara menangani Android lemot agar hal serupa tak terjadi berlarut-larut dan menghambat kinerja smartphone yang mereka punya.

Cara Menangani Android Lemot

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini akan diulas beberapa cara menangani Android lemot yang bisa Anda coba. Dengan demikian, Anda pun bisa segera mengatasi Android yang lemot dan membuat beberapa komunikasi atau kegiatan Anda menjadi terkendala.

1. Lakukan identifikasi masalah

Hal pertama sebagai cara menangani Android lemot adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab Android Anda bekerja secara lambat. Bisa saja penyebab dari masalah ini adalah sistem, aplikasi, atau beberapa faktor lain yang bisa Anda identifikasi sebelum menentukan penyebab dari lemotnya kinerja Android.

2. Memori yang terlalu penuh

Selanjutnya, cara menangani Android lemot adalah dengan mencegah memori internal ponsel Anda penuh. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa tak melakukan update versi terbaru dari aplikasi yang dirasa kurang perlu, sebab hal ini hanya akan membuat kapasitas memori internal menjadi banyak berkurang dan membuat lemot

Anda juga bisa menggunakan cara menangani Android lemot ini dengan menghapus cache data yang terlalu penuh. Anda bisa masuk ke pengaturan, lalu memilih penyimpanan dan menghapus cache data. Sehingga, data yang dirasa kurang perlu dan memenuhi memori internal pun bisa dihapus dari sana.

3. Mengurangi widget

Jika Anda memasang terlalu banyak widget pada layar home, hal ini bisa membuat Android menjadi lemot. Cara menangani Android lemot yang bisa Anda gunakan adalah dengan menghapus adanya widget yang dirasa tak perlu. Dengan demikian, HP Android yang lemot pun bisa diatasi dan kembali bekerja secara normal.

4. Tutup aplikasi dan bebaskan RAM

Jika Anda membuka aplikasi secara bersamaan dan tak menutup aplikasi yang digunakan sebelumnya, ini bisa membuat kerja Android makin lambat. Maka, tutuplah aplikasi yang Anda jalankan sebelumnya, lalu baru buka aplikasi berikutnya sebagai cara menangani Android lemot.

Tentu saja, cara menangani Android lemot ini bisa dibantu dengan penggunaan aplikasi clean master yang bisa mempermudah Anda untuk menutup aplikasi, hanya dengan satu kali klik. RAM pun akan terbebas dari beratnya memori yang ada.

5. Animasi layar dan transisi

Perlu Anda ketahui, animasi layar serta efek launcher bisa membuat kinerja Android menurun. Maka, Anda bisa menonaktifkan keduanya sebagai cara menangani Android lemot. Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke pengaturan, scroll ke bawah, lalu pilih about phone.
  • Cari software information, lalu pilih nomor bentukan dan tekan sebanyak 7 kali sampai Anda melihat Developer Options sudah diaktifkan.
  • Kembali ke pengaturan, lalu pilih opsi pengembang.
  • Scroll ke bawah lalu cari skala animasi jendela, atur ke off.
  • Pilih skala durasi animator dan atur ke off.

6. Restart Android

Salah satu cara menangani Android lemot yang paling cepat adalah dengan restart. Lalu,  Android Anda pun akan membersihkan cache secara otomatis dan menghentikan sistem yang berjalan. Dengan demikian, ponsel Anda pun akan kembali berfungsi normal seperti semula, tanpa harus bekerja secara lambat.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. wah bisa dicoba nih, , tapi adakah acara yang membuat android dengan ram yang kecil agar tidak lemot? masalahnya untuk android yang keluaran pertama sekali hanya memiliki ram kurang dari setengah giga, seperti miliki saya ini Samsung Young 1, saya sudah mencoba cara root tapi kok malah tambah parah ya lemotnya. tolong pencerahannya min.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *