Home / WordPress / Bingung, Bagaimana Cara Meningkatkan SEO WordPress? Berikut Ulasannya …

Bingung, Bagaimana Cara Meningkatkan SEO WordPress? Berikut Ulasannya …

Cara Meningkatkan SEO WordPress – Sebenarnya ada banyak cara ataupun langkah yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan SEO WordPress anda. Diantara sekian banyak cara, beberapa cara antara lain menentukan keyword atau kata kunci untuk membuat artikel, kemudian mengatur permalink, menggunaan pugin SEO, dan lain sebagainya. Diantara banyaknya pilihan yang disediakan, tentulah harus fokus terhadap hal-hal yang sekiranya perlu anda lakukan terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk meningkatkan SEO WordPress yang terbilang mudah untuk website yang anda miliki.

1. Instal Plugin SEO WordPress

Langkah pertama yang akan anda lakukan untuk meningkatkan SEO WordPress adalah dengan menginstal plugin, hal itu bertujuan agar lebih efisien dalam mengelola website anda. Sehingga anda memiliki kontrol penuh untuk bertindak optimasi SEO Website anda. Anda bisa gunakan Yoast SEO maupun All In One SEO Pack.

Baca Juga : Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast

2. Optimalkan Permalink

Secara umum, WordPress akan menghasilkan struktur permalink yang relatif panjang. Biasanya struktur default berupa tanggal dan nama URL. Perlu anda ketahui bahwasanya permalink yang disukai Google akan mengandung judul maupun keyword. Permalink yang relatif pendek memberikan perfoma yang lebih baik pula. Untuk menentukan permalink, sebaiknya menggunakan Post Name. Karena cara ini akan membuat keyword lebih mudah dicari dan akan tampil di Google.

3. Lakukan Riset dan Kata Kunci

Kata kunci atau keyword adalah salah satu faktor yang menjadikan pertimbangan Google dalam menetukan peringkat ataupun tingkatan artikel didalam halaman hasil pencarian. Jadi riset dan kata kunci sangat penting untuk dilakukan. Selain melakukan riset, yang perlu anda lakukan adalah mengenai kata kunci seperti apa bagusnya yang digunakan dalam artikel. Nah jika konten yang anda miliki menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan jenis Ahrefs atau Goggle Keyword Planner. Sehingga Cara Meningkatkan SEO WordPress sangatlah mudah untuk dilakukan.

4. Tentukan Kata Kunci Postingan

Hasil dari riset kata kunci yang telah anda lakukan tadi, harus dimasukkan dalam postingan. Karena artikel yang terfokus ini akan menjadikan artikel anda semakin mudah difahami oleh pengunung maupun mesin pencari. Hal ini akan memudahkan langkah yang anda lakukan dalam memenangkan persaingan peringkat teratas di halaman hasil pencarian. Contoh yang dilakukan adalah menggunakan keyword “SEO WordPress”. Plugin Yoast SEO akan meneliti serta merekomendasikan saran seperti apa yang hasus anda lakukan.

5. Tentukan Title Tag

Selain hal tersebut diatas, cara meningkatkan SEO WordPress satu lagi adalah anda dapat melakukan title tag yang bertujuan untuk postingan. Untuk memasukkan title tag, anda bisa masuk dalam kolom SEO title dari Plugin Yoast SEO. Sebaiknya anda meletakkan kata kunci pada awal title tag. Misalkan dengan kata Kunci “cara meningkatkan SEO WordPress”, maka anda bisa menggunakan judul “Cara meningkatkan SEO WordPress sangatlah mudah”. Perlu anda ketahui bahwasanya maksimal karakter yang terdapat di title tag adalah sebanyak 65 karakter. Selain dapat berpengaruh terhadap SEO, ternyata title tag juga dapat mempengaruhi  Click Through Rate, maka buatlah semenarik mungkin.

6. Tentukan Meta Description

Ternyata meta description sangat berpengaruh terhadap CTR. Karena Semakin baik meta deskripsi anda, maka akan semakin tinggi pula CTR artikel Anda. Oleh karena itu meta deskripsi juga mempengaruhi perangkat yang berada di Google, karena semakin tinggi CTR anda, semakin besar pula peluang anda untuk tampilan di halaman hasil pencarian. Hal yang terpenting adalah, jangan lupa memasukkan Keyword dalam meta deskripsi, letakkan pada bagian awal paragraf jika memang itu memungkinkan.

7. Gunakan Tag Header (H1, H2, H3)

Pemburu Google seringkali melakukan pengecekan terhadap tag header HTML seperti H1 atau H2 maupun H3 dan selanjutnya. Karena hal itu bertujuan Untuk menentukan tingkat kerelevan dari konten yang Anda miliki. Pada umumnya dalam sebuah artikel terdapat satu tag H1 serta beberapa tag H2 dan H3 di dalamnya.

Nah untuk tag H1 yang terdapat dalam WordPress secara default ada pada judul artikel Anda. Dan dalam tag tersebut harus mengandung keyword. Selain terdapat dalam judul, keyword juga harus ada pada subjudul selanjutnya, yaitu tag H2 maupun  tag H3, hal itu dapat berupa keyword ataupun variasi dari long tail keyword.

Baca Juga : Info Rahasia Cara Meningkatkan SEO WordPress

Performa dari Cara Meningkatkan SEO WordPress dapat Anda tingkatkan melalui bermacam macam cara. Nah, beberapa cara yang dihadirkan tersebut, hanyalah sebagian kecil di antaranya. Meskipun hanya sebagian yang djtampilkan, namun tips-tips di atas bersifat esensial, sehingga penting diperhatikan dan  Anda dahulukan sebelum Anda mengaplikasikan cara-cara yang lain.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.