Home / Android / Inilah 3 Alasan Penting Kenapa Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0%

Inilah 3 Alasan Penting Kenapa Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0%

Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0% – Apakah Anda termasuk salahsatu pengguna Smartphone yang suka membiarkan baterai habis hingga 0%? Mulai sekarang buang jauh-jauh kebiasaan tersebut. Membiarkan baterai Smartphone baik itu Android atau iPhone sekalipun hingga lowbat adalah termasuk hal yang buruk. Ada resikonya jika membiasakan baterai Smartphone hingga habis 0%. Resiko ini berdampak negatif bagi baterai bahkan Smartphone itu sendiri.

Baca Juga : 5 Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat Hingga 75% Bahkan Lebih

Apa saja resiko negatif bagi yang suka membiarkan baterai Smartphone habis hingga 0%? Disini saya akan membahasnya sampai tuntas.

Kenapa Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0%? Ini Alasannya!

Apapun Smartphonenya, sebaiknya Anda jangan suka membiarkan daya pada pada baterai habis hingga 0% atau lowbat. Berikut adalah alasannya :

1. Mempersingkat Umur Baterai

Smartphone keluaran teranyar biasanya sudah dibenamkan baterai jenis Li-ion. Tahukah Anda bahwa baterai jenis ini adalah baterai yang memiliki aturan khusus kalau daya baterai harus dipertahankan pada angka persentase 50% saja. Artinya ketika daya baterai sudah mencapai persentase 50%, maka sebaiknya segara charge baterai. Sekali-kali boleh dalam suasana tertentu membiarkan baterai hingga persentase dibawah 50%. Cuma itu dia usahakan jangan sampai baterai lowbat atau hingga 0%.

Jika kebiasaan buruk ini tidak Anda rubah, maka itu sama artinya Anda membiarkan umur baterai lebih singkat lagi. Tentunya Anda sudah tahu bukan berapa harga baterai Smartphone original?

2. Bisa Kalibrasi Berulang-ulang

Proses awal masuk Smartphone akan menjadi lambat karena akan mengalami tahap kalibrasi yang berulang-ulang jika sering membiarkan baterai hingga habis 0%. Jika terpaksa, menurut para ahli maksimal satu bulan sekali boleh saja Anda membiarkan baterai hingga 0% kemudian Anda charge sampai penuh 100%. Ingat ya paling sering itu hanya satu kali dalam sebulan.

3. Resiko Mati Total

Ini adalah dampak yang paling dihindari yaitu baterai terancam mati total atau tidak bisa digunakan lagi. Tahukah Anda jangankan sampai 0%, kondisi baterai 10% dalam keadaan lamapun bisa berdampak buruk pada baterai. Jika Smartphone bukan tipe removable maka akan sedikit aman. Namun kalau sebaliknya atau tipe non-removable maka sangat beresiko baterai mati total. Baterai akan menggunakan daya sekitar 5-10% dalam waktu sebulan meskipun Smartphone dalam keadaan mati.

Baca Juga : 6 Cara Charge HP Yang Benar Agar Baterai HP Awet Serta Tidak Mudah NgeDrop

Bagaimana masih mau membiarkan daya baterai hingga 0%? Saya yakin jika Anda sudah tahu 3 alasan diatas maka saat ini tidak lagi untuk melakukan hal tersebut. Ok mungkin artikel Alasan Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0% dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi diartikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *