Home / Kesehatan / Beberapa Penyebab Kulit Kering Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab Kulit Kering Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab Kulit Kering – Kulit kering merupakan suatu kondisi dimana lapisan terluar kulit kekurangan cairan zat lemak yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari kekeringan. Kondisi ini bisa dialami semua orang, tetapi lebih sering dialami orang yang sudah lanjut usia. Kulit kering atau biasa disebut xerosis ini sudah merupakan hal yang awam. Sampai-sampai banyak orang yang tidak mempedulikannya, karena dianggap hal sepele. Padahal kulit kering bisa berakibat fatal jika tidak segera mendapat penanganan. Tanda-tandanya pun kerap kali tidak terlihat bahkan tidak terasa. Berikut akan dipaparkan beberapa penyebab kulit kering beserta cara mengatasinya supaya dapat segera mengembalikan kulit sehat Anda.

Baca Juga : Ini Dia Cara Ampuh Atasi Kulit Kering Secara Alami Terbukti Ampuh

Beberapa Penyebab Kulit Kering Beserta Cara Mengatasinya

Ada banyak sekali yang menjadi  penyebab kulit kering yang kerap kali dialami banyak orang, agar mudahnya dirangkum dalam dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.

1. Faktor Internal

  • Tingkat usia

Kulit kering lebih rentan terjadi kepada orang yang lanjut usia dikarenakan hormon yang ada dalam tubuh semakin berkurang. Cara mengatasinya bisa dengan mengoleskan pelembab kulit, atau suatu produk yang memiliki fungsi AHA bagi kulit.

  • Faktor genetika

Keluarga juga ikut andil dalam mewarisi jenis kulit yang dimiliki keturunannya. Perbedaan struktur dan komposisi kulit ini bisa jadi beberapa orang yang berada dalam kondisi sama mengalami reaksi yang berbeda. Biasanya orang yang memiliki kulit gelap cenderung memiliki kelembaban lebih dari orang yang memiliki kulit terang. Sehingga lebih mudah mengalami kekeringan untuk orang yang berkulit terang.

  • Obat-obat kimia

Penyebab kulit kering juga bisa terjadi karena mengkonsumsi obat-obat kimiawi. Misalnya komposisi dari obat-obat perawatan penghilang jerawat, obat penyembuh darah tinggi dan kolesterol.

  • Dehidrasi

Air putih sangat berperan penting dalam tubuh. Kekurangan cairan atau dehidrasi pun juga berpengaruh pada kelembaban kulit. Selain air putih, buah-buahan yang mengandung air dan sayuran juga bisa mengatasi dehidrasi dalam tubuh

  • Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kondisi kulit

Banyak penyakit yang memiliki gejala dengan timbulnya kulit yang kering. Seperti diabetes, dermatitis atopik dan dermatitis psoriasis. Segera konsultasikan dengan dokter bilamana terjangkit penyakit tersebut untuk penanganan lebih intensif.

  • Kehamilan dan menopause

Ketika produksi hormone ibu hamil yang tidak seimbang, kulit bisa mengalami kekeringan. Seiring bertambahnya usia pada wanita, produksi hormoneesterogen akan menurun dan lama-kelamaan terjadilah yang namanya menopause. Inilah yang mengakibatkan kering pada kulit.

2. Faktor eksternal

  • Musim dingin dan kelembaban udara rendah

Kulit kering kerap kali terjadi di musim dingin. Dikarenakan kelembaban udara semakin menurun diikuti penurunan kelembaban pada kulit. Selain itu ruangan yang menggunakan AC juga bisa menjadi penyebab kulit kering. Apalagi kalau sering berada di dalam ruang ber AC dan suhu ACnya terlalu dingin

  • Mandi dalam waktu yang lama

Biasanya terjadi penguapan air di permukaan tubuh ketika kita mandi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk mandi, maka akan semakin banyak penguapan yang terjadi. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi kering. Cukup dengan 5-10 menit waktu mandi agar tidak terlalu banyak penguapan air yang terjadi

  • Scrubbing atau menggosok tubuh saat mandi secara berlebihan

Scrubbing yang dilakukan secara berlebihan malah akan merusak permukaan kulit. Ditambah lagi jika dilakukan dengan menggunakan alat yang kasar, seperti batu apung, spons kasar atau bahan kainnya.

  • Mandi menggunakan air panas

Terlalu sering mandi menggunakan air panas juga akan merusak permukaan kulit. Kandungan yang terdapat dalam air panas dapat menghilangkan kelembaban alami pada kulit, sehingga kulit menjadi kering.

  • Terlalu sering membersihkan muka

Penyebab kulit kering pada muka juga bisa disebabkan karena terlalu sering dibersihkan. Apalagi jika ditambah menggunakan sabun pembersih wajah. Kelembaban alami pada kulit juga bisa hilang. Minimal membersihkan wajah dilakukan dua kali sehari saja.

  • Kurangnya peduli dengan kondisi kulit

Walaupun gejala-gejala kulit kering tidak terlihat, usahakan untuk tetap menjaga kelembaban dan kesehatan kulit Anda. Pemberian perawatan pada kulit seperlunya saja. Jangan terlalu sering atau berlebihan dan jangan sampai kekurangan.

Baca Juga : 10 Rahasia dan Terbukti Dapat Membuat Kulit Putih Ala Wanita Korea Selatan

Cara mengatasi kulit kering yang mudah sebenarnya cukup dengan mengoleskan produk pelembab seperlunya saja secara rutin dan minum air putih banyak secara teratur. Buah-buahan juga bisa digunakan untuk perawatan kulit, seperti masker papaya dan beras kencur. Bila Anda kuwalahan mengatasi masalah kulit kering Anda, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya pada dokter.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *