Home / WordPress / Belajar WordPress Offline Dengan Instant WordPress

Belajar WordPress Offline Dengan Instant WordPress

Belajar WordPress Offline Dengan Instant WordPress – Walaupun kepopuleran WordPress kalah dengan Blogspot, tapi saya lebih suka WordPress. Menurut web ranking Alexa Rank bahwa WordPress Global Ranknya menempati ke 32 kalah dengan Blogspot ke 18. Entah kenapa, saya sejak mengenal web sepertinya lebih cinta ke WordPress. Jangan tanya alasan!

Baca Juga : Cara Membuat Pagination Komentar Di WordPress

Dulu pernah belajar web di Blogspot, cuma 6 bulan langsung ditinggalkan. Lalu mencoba belajar web di WordPress free hosting selama 2 tahun. Setelah itu memberanikan diri membuat web WordPress TLD baru menginjak ke 4 bulan sekarang.

Ok sebenarnya bukan topik itu yang akan dibahas kali ini. Namun saya akan coba berbagi pengalaman selama belajar WordPress. Karena saya pribadi tidak mempunyai basic ilmu teknologi, maka saya sering bermain WordPress secara offline. Semua itu dilakukan mengingat menimbang kuota internet. Karena walaupun komputer tidak terhubung keinternet, saya masih tetap bisa belajar WordPress.

Belajar WordPress offline sangat dibutuhkan untuk belajar lebih jauh lagi tentang kode PHP, CSS, HTML, dan Javascript. Untuk menghindari kejadian error karena salah penempatan kode dan lain-lain. Anda bisa membayangkan jika kita mau mencoba edit tema yang kaitannya dengan kode-kode. Lalu seandainya salah penerapannya maka akan menggangu ke pengunjung web yang sedang asyiknya-asyiknya membaca artikel di web yang kita kembangkan.

Belajar WordPress secara offline bisa kita lakukan di Localhost. Jika Anda mencari di Google, pasti akan banyak sekali jenis-jenis Localhost untuk belajar WordPress offline. Namun disini saya hanya akan merekomendasikan salah satu software Instant WordPress.

Instant WordPress merupakan sebuah software yang cocok bagi kita dalam mempelajari web CMS WordPress. Bagi pengguna WordPress jika melihat tampilan Instant WordPress tentu tidak akan asing lagi. Karena tampilan Instant WordPress tidak jauh berbeda dengan web CMS WordPress online.

Belajar WordPress offline dengan Instant WordPress akan memudahkan kita dalam oprek semua tampilan WordPress. Dari mulai install plugin, membuat halaman, membuat post, setting editor tema, dan lain-lain. Instant WordPress bisa kita peroleh secara gratis dan tidak perlu diinstall di Komputer. Karena Instant WordPress merupakan software portable.

Berikut secreenshot halaman awal Instant WordPress :

Belajar WordPress Offline Dengan Instant WordPress 1

Sampai saat ini Instant WordPress sudah mencapai versi 4.4.2. Jika Anda penasaran ingin mencobanya, bisa di download di web resminya dengan URL www.instantwp.com.

Setelah sukses download Instant WordPress di web resminya, ekstrak filenya dan jalankan file ekstensi .exe untuk memulai menggunakan Instant WordPress.

Instant WordPress sudah mendukung semua jenis web browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera Mini, dan lain-lain.

Untuk masuk kehalaman Local WordPress dari Instant WordPress Anda bisa copy URL yang tampil pada kotak Local WordPress URL. Contoh : http://127.0.0.1:4001/wordpress/ dan paste di media browser yang digunakan.

Sedangkan untuk menuju ke halaman WordPress Admin, Anda tinggal menambahkan wp-admin di akhir URL, contoh http://127.0.0.1:4001/wordpress/wp-admin. Username : admin (huruf kecil semua) dan Password : password (huruf kecil semua).

Belajar WordPress Offline Dengan Instant WordPress 2

Setelah berhasil masuk ke halaman Admin, silakan Anda gunakan sepuasnya untuk belajar WordPress secara offline.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

18 comments

  1. ingin mencoba nih mas.soalnya rencana saya kedepannya juga mau mengembangkan blog dengan beli hosting di wp

  2. Keren, belajar cepat dengan Wp secara offline dan instant nih….. :D

  3. Saya dulu pernah belajar Joomla Ofline tapi malah mumet, kalau WP mungkin sedikit paham.

  4. saya mash blm ngerti akan wodpress ini mas, tapi setidaknya saya ingin mencobanya :D. sapa tau kedepannya, beralih ke wp

  5. Makin praktis yah, Mas. saya dulu nginstall offlinenya pakai bantuan XAMPP, masih localhost-an :D. sekarang bisa pakai cara di atas yah.

  6. Wahh saya baru tau loh ada WordPress Offline hehe

  7. Ukuran softwarenya berapa besar tuh?
    Saya seama ini pakai Xampp. Tapi akhirnya lebih suka yang langsung online saja.

  8. Gatoloco Mbelgedes

    Kebetulan nih, saya masih bingung terutama menggunakan wordpress yang berbayar. Terima kasih info-infonya di blog ini.

  9. Menarik sekali kita bisa belajar wordpress secara offline, hemat pulsa internet. Share donk cara upoad website wordpess dari offline ke internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *