Home / EPS-Topik Korea / Mengenal Bilangan Asli dan Bilangan Sino Bahasa Korea

Mengenal Bilangan Asli dan Bilangan Sino Bahasa Korea

Mengenal Bilangan Asli dan Bilangan Sino Bahasa Korea – Untuk mengawali tulisan tentang materi belajar Bahasa Korea, mari kita mengenal bilangan dalam Bahasa Korea. Bilangan dalam Bahasa Korea dibagi menjadi dua yaitu Bilangan Asli dan Bilangan Sino. Dan masing-masing bilangan mempunyai peranan yang berbeda dalam penggunaannya. Antara bilangan asli dan bilangan sino Bahasa Korea yang paling banyak digunakan adalah bilangan Sino Korea.

Baca Juga : Berikut Sebagian Kebiasaan Sehari-hari di Korea Selatan

Belajar bilangan asli dan bilangan sino Bahasa Korea yang akan saya share lengkap dengan cara membacanya. Dan untuk belajar Bahasa Korea versi mp3 atau audio, Anda bisa pada tulisan saya sebelumnya Mudahnya Belajar Dengan Kosakata Bahasa Korea mp3.

Mengenal-Bilangan-Asli-dan-Bilangan-Sino-Bahasa-Korea

Berikut Bilangan Asli Korea

  1. 하나 dibaca : ha-na = satu
  2. 둘 dibaca : dul = dua
  3. 셋 dibaca : set = tiga
  4. 넷 dibaca : net = empat
  5. 다섯 dibaca : ta-seot = lima
  6. 여섯 dibaca : yeo-seot = enam
  7. 일곱 dibaca : il-gop = tujuh
  8. 여덟 dibaca : yeo-deol = delapan
  9. 아홉 dibaca : a-hop = sembilan
  10. 열 dibaca : yeol  = sepuluh
  11. 열하나 dibaca : yeol-ha-na = sebelas
  12. 열둘 dibaca : yeol-dul = dua belas
  13. 열셋 dibaca : yeol-set = tiga belas
  14. 열넷 dibaca : yeol-net = empat belas
  15. 열다섯 dibaca : yeol-ta-seot = lima belas (dan seterusnya)
  16. 스물 dibaca : seu-mul = dua puluh
  17. 스물 하나 dibaca : seu-mul-ha-na = dua puluh satu
  18. 스물 둘 dibaca : seu-mul-dul = dua puluh dua
  19. 스물 셋 dibaca : seu-mul-set = dua puluh tiga
  20. 스물 넷 dibaca : seu-mul-net = dua puluh empat
  21. 스물 다섯 dibaca : seu-mul-ta-seot = dua puluh lima (dan seterusnya)
  22. 서른 dibaca : seo-reun = tiga puluh
  23. 마흔 dibaca : ma-heun = empat puluh
  24. 쉰 dibaca : swin = lima puluh
  25. 예순 dibaca : ye-sun = enam puluh
  26. 일흔 dibaca : i-reun = tujuh puluh
  27. 여든 dibaca : yeo-deun = delapan puluh
  28. 아흔 dibaca : a-heun = sembilan puluh

Bilangan Asli Korea hanya sampai bilangan sembilan puluh sembilan saja. Adapun untuk bilangan 100 keatas menggunakan Bilangan Sino Korea.

Berikut Bilangan Sino Korea

  1. 공 dibaca : gong = nol
  2. 일 dibaca : il = satu
  3. 이 dibaca : i = dua
  4. 삼 dibaca : sam = tiga
  5. 사 dibaca : sa = empat
  6. 오 dibaca : o = lima
  7. 육 dibaca : yuk = enam
  8. 칠 dibaca : chil = tujuh
  9. 팔 dibaca : phal = delapan
  10. 구 dibaca : gu = sembilan
  11. 십 dibaca : sip = sepuluh
  12. 십일 dibaca : sip-il = sebelas
  13. 십이 dibaca : sip-l = dua belas
  14. 십삼 dibaca : sip-sam = tiga belas
  15. 십사 dibaca : sip-sa = empat belas
  16. 십오 dibaca : sip-o = lima belas (dan seterusnya)
  17. 이십 dibaca : i-sip = dua puluh
  18. 삼십 dibaca : sam-sip = tiga puluh
  19. 사십 dibaca : sa-sip = empat puluh
  20. 오십 dibaca : o-sip = lima puluh
  21. 육십 dibaca : yuk-sip = enam puluh
  22. 칠십 dibaca : chil-sip = tujuh puluh
  23. 팔십 dibaca : phal-sip = delapan puluh
  24. 구십 dibaca : gu-sip = sembilan puluh
  25. 백 dibaca : baek = seratus
  26. 천 dibaca : cheon = seribu
  27. 만 dibaca : man = sepuluh ribu
  28. 십 만 dibaca : sip man = seratus ribu
  29. 백 만 dibaca :baek man = satu juta
  30. 천 만 dibaca : cheon man = sepuluh juta
  31. 억 dibaca : eok = seratus juta

Cara Penggunaan Bilangan Asli Korea

Bilangan Asli Korea digunakan hanya untuk satuan-satuan yang telah ditentukan. Dan berikut penggunaan bilangan Asli Korea :

  1. 갑 dibaca : gap = bungkus
  2. 그릇 dibaca : geureut = mangkok / piring
  3. 마리 dibaca : mari = ekor (binatang)
  4. 벌 dibaca : beol = perangkat / pasang
  5. 분 dibaca : bun = orang (bentuk lebih sopan)
  6. 살 dibaca : sal = umur, usia
  7. 시 dibaca : si = jam, pukul
  8. 잔 dibaca : chan = gelas, cangkir
  9. 채 dibaca : chae = bangunan
  10. 개 dibaca : gae = buah
  11. 대 dibaca : dae = mesin, unit
  12. 번 dibaca : beon = kali
  13. 병 dibaca : byeong = botol
  14. 사람/명 dibaca : saram/ dibaca : myeong = orang
  15. 송이 dibaca : songi = tangkai
  16. 시간 dibaca : sigan = jam
  17. 장 dibaca : jang = lembar
  18. 켤레 dibaca : kyeole = pasang

Bilangan Asli Korea digunakan untuk menyatakan jumlah, biasanya diikuti satuan yang diterangkan diatas. Dan untuk bilangan Asli Korea 1 sampai dengan 4 jika diikuti satuan, maka huruf terakhirnya hilang.

  • 하나 menjadi
  • menjadi
  • menjadi
  • menjadi

Contoh kalimat penggunaan bilangan Asli Korea yang diikuti satuan dan cara membacanya :

  • 구두가 몇 켤레 입니까 ? dibaca : kudu-ga myeot kyeole imnika ? = Sepatu ada berapa pasang ?
  • 두 켤레 입니다. dibaca : du kyeole imnida. = Ada dua pasang.

Cara Penggunaan Bilangan Sino Korea

Seperti bilangan Asli Korea, bilangan Sino Korea juga memiliki aturan khusus dalam penerapannya. Bilangan Sino Korea dipakai untuk satuan sebagai berikut :

  1. 개월 dibaca : gaewol = bulan
  2. 번 dibaca : beon = nomor
  3. 원 dibaca : won = mata uang Korea
  4. 인분 dibaca : inbun = porsi makanan
  5. 주 dibaca : ju = minggu
  6. 년 dibaca : nyeon = tahun
  7. 분 dibaca : bun = menit
  8. 월 dibaca : wol = bulan
  9. 일 dibaca : il = hari
  10. 층 dibaca : cheung = lantai
  11. Satuan-satuan Internasional seperti : cm (쎈티 미터 dibaca : senti miteo), m (미터 dibaca : miteo), g (그램 dibaca : geuraem), kg (킬로 그램 dibaca : kilo geuraem)
  12. Menyebutkan nomor telepon
  13. Perhitungan tanggal

Contoh kalimat penggunaan bilangan Sino Korea adalah sebagai berikut :

  • 이것이 얼마 입니까 ? dibaca : i-geosi eolma imnika ? = Ini berapa harganya ?
  • 그것이 오천 원 입니다. dibaca : keu-geosi o-cheon won imnida. = Itu harganya 5.000 Won.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

25 comments

  1. wah tulisannya sulit dibaca …
    mesti belajar neh

  2. Itu nulis aksara korenya gak susah apa yah di keyboard, apalagi di blog.

  3. sy masih belum ngerti ttg bahasa korea ini,paling cuma tau dikit2.. kyk sarangheo hehe..

  4. Perlu pembelajaran yag tekun dan mendalam ni mas untuk mempelajari bahasa dan tulisan korea ini

    • Betul mas, selain menghafal arti kosakatanya, dan juga harus belajar cara baca dan cara nulisnya.

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb… sangat menarik sekali pengetahuan tentang bahasa Korea ya.Terdapat perbezaan yang ketara antara bilangan asli dan Sino bahasa Korea. Ternyata Sino itu lebih pendek dan mudah. Anak kedua saya sangat menyukai bahasa Korea. Nanti saya suruh dia mengambil maklumat dari tulisan ini. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumsalam wr. wb. mba. Memang mba di Korea menggunakan dua bilangan, Sino dan Asli. Tapi kebanyakan yang dipakai adalah bilangan Sino.

  6. kayaknya bisa belajar bahasa korea nih dimari..hehe

  7. Kalau jalan-jalan ke Korea bisa belajar dulu nih dari panduan ini, minimal dalam hal bentuk penulisan dari hurufnya, walau sedikit bingung mas. he,, he, he,,

  8. Manasso panggapsumnida Kamsahamnida …

  9. Assalamu’alaikum wr wb…
    maaf mas permisi mau tanya kira kira ada berapa artikel yang mas buat tentang belajar bahasa korea ini…
    Sebelumnya saya minta maaf kalau saya belum izin untuk menyimpan artikelnya….

    • Waalaikumsalam … Tidak banyak mas! Karena blog ini tujuannya bukan hanya untuk pembahasan pembelajaran Bahasa Korea saja, tapi berbagai macam topik. Saya mengelola blog ini sendirian, jadi agak sibuk juga! Mas bisa cek semua artikel blog ini di halaman daftar isi.

  10. min mw tny untuk bahasa asli korea. dalam penulisan untuk bilangan belasan/puluhan seperti 14 & 15 maupun 24 & 25 kog penulisannya sama???? bukannya 4 & 5 itu cara tulisnya beda ya tp pas sampai belasan/puluhan kog bisa sama???? apa salah ketik atau memang dari sananya sdh bgtu???? makasiih atasss jawabannya ^^

  11. aprilianihasanah

    Niat banget buat bisa bahasa korea,supaya nanti pas ke Korea gk kebinggungan, dan masih mau bljr Cara penulisan bahada Korea fighting

  12. Anissa Fatmasari

    Sangat membantu…kamsahamnida…. Saya mau tnya bhs korea nya 155500 ap?masih bingung buat penggabungan nya… Mohon info nya

    • Mungkin untuk nilai 155.500 maka susunannya akan seperti ini mba 십오만오천오백 Semoga membantu …

      • Maaf mau nanya. Kan 5 itu ta-seot hangeul nya 다섯 ko 15 hangeulnya 열넷 ya? Sama seperti 14 juga hangeulnya 열넷. 24 dan 25 juga hangeulnya sama2 스물넷
        Mohon penjelasannya yaa. Terimakasih

  13. Assalamualaikum. Maaf mau tanya untuk bahasa asli korea. dalam penulisan untuk bilangan belasan/puluhan seperti 14 & 15 maupun 24 & 25 kok penulisannya sama ya? bukannya 4 & 5 itu cara tulisnya beda ya tapi pas sampai belasan/puluhan kok bisa sama?apa salah ketik atau memang dari sananya udah begitu. Gomawo ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *