Home / WordPress / 5 Cara Simple Dan Sudah Terbukti Agar Blog Baru Cepat Terindex Oleh Google

5 Cara Simple Dan Sudah Terbukti Agar Blog Baru Cepat Terindex Oleh Google

Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google – Bukan hal yang sulit untuk blog baru agar cepat terindex oleh mesin pencari (search engine) seperti Google. Dengan melakukan 5 langkah yang akan saya ulas disini maka dijamin blog baru Anda akan cepat terindex oleh Google. Cara-cara ini saya bagikan berdasarkan pengalaman sendiri selama berkecimpung di dunia blog. Dan memang awalnya saya mengetahui cara ini tidak serta merta tahu begitu saja. Awalnya sayapun banyak belajar dari pakar-pakar blogger yang sudah lebih dulu bermain di dunia perbloggan.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di WordPress (Terlengkap) Gratis ~ Menarik

Menurut saya yang paling sulit dan membutuhkan tenaga ekstra lagi adalah agar artikel yang kita buat bisa berhasil nongkrong di halaman terbaik mesin pencari. Namun kata “sulit” disini bukan berarti mustahil kalau artikel yang dibuat bisa tembus di halaman pertama Google. Asalkan menggunakan trik-trik tertentu dan tentunya tidak terlepas dari permainan SEO yang sehat maka artikel yang dibuat lambat laun akan bergeser kehalaman terbaik Google dan bisa bertahan lama.

Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google

Disini saya tidak akan membahas bagaimana cara agar postingan bisa muncul dihalaman pertama Google, namun sesuai dengan judul artikel bahwa disini saya akan membahas cara agar blog baru kita mudah dicari di Google. Sehingga nantinya blog yang baru kita buat bisa terdeteksi Google dengan baik.

Kalau blog yang kita buat tujuannya agar bisa dilihat banyak orang maka perlu sekali menggunakan trik yang akan saya bahas disini. Tentunya artikel yang akan saya bahas disini bukan untuk blogger master yang sudah merasakan manis pahitnya ngeblog. Namun artikel ini saya hadirkan hanya bagi blogger pemula yang baru mengenal apa itu blog.

Berikut Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Mesin Pencari (Serach Engine) Google

Sebetulnya mesin pencari (search engine) itu bukan hanya Google saja. Namun saat ini mesin pencari ternama dan paling terkenal karena banyak orang yang menggunakannya adalah Google. Hampir semua orang dari golongan anak-anak hingga dewasa saat ini tentunya sudah mengenal mesin pencari Google. Maka dari itu banyak blogger yang berlomba-lomba agar blog yang dibuatnya bisa terdeteksi dengan baik di Google.

Sekedar pengetahuan saja bahwa mesin pencari selain Google dan tidak kalah penggunanya adalah Yahoo dan Bing. Bahkan ada satu mesin pencari yang saat ini di Indonesia sudah banyak juga yang menggunakannya yaitu mesin pencari Yandex. Dengan begitu sebaiknya agar blog baru kita nantinya tidak sepi pengunjung maka selain mengoptimasi blog agar cepat terindex Google dan juga diusahakan agar blog cepat terindex juga oleh search engine lainnya seperti Yahoo, Bing, dan Yandex.

5 cara dalam mengoptimasi blog baru yang akan saya bahas disini nanti efeknya blog tidak hanya akan terindex oleh Google saja. Namun untuk search engine lainnya juga akan sama memberikan pendeteksian yang baik.

1. Buatlah Postingan atau Artikel di Blog Sebanyak Mungkin dan Tautkan Satu Sama Lain

Apa jadinya sebuah blog tanpa postingan? Pengunjung datang ke blog kita adalah tujuan utamanya untuk mencari informasi. Mereka awalnya menemukan artikel kita di mesin pencari seperti Google dengan kata kunci yang mereka cari. Nah agar blog kita bisa cepat terdeteksi dengan cepat oleh Google maka perbanyaklah postingan di blog. Semakin banyak artikel yang kita buat maka akan memberikan peluang besar kalau blog kita nantinya cepat terindex dengan baik.

Untuk blog baru sebaiknya lebih rajin lagi dalam membuat postingan. Minimal kita membuat artikel sebanyak tiga artikel dalam sehari. Lakukan secara rutin dan berkala minimal selama satu bulan. Jangan membuat artikel yang asal-asalan. Maksudnya jangan sekali-kali membuat artikel hasil duplikat konten (copy paste) dari blog lain. Kegiatan ini hanya akan memperburuk kualitas blog baru Anda di mesin pencari.

Buatlah konten yang original, artinya postingan yang benar-benar asli hasil jerih payah Anda sendiri dalam membuatnya. Memang sangat sulit saat ini membuat artikel yang unik atau artikel yang belum ada di internet. Hampir semua materi artikel sudah tersedia di internet. Namun bukan berarti kita harus mundur melihat kenyataan bahwa kita sudah kehabisan ide materi artikel. Kita bisa membuat artikel dengan melihat postingan blog orang lain dan tentunya sudah diketik ulang lagi dengan gaya bahasa kita sendiri.

Baca Juga : Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google

Jangan lupa setiap selesai membuat artikel agar selalu dikaitkan dengan artikel sebelumnya. Tentunya dalam mengaitkan artikel ini harus dengan artikel yang benar-benar berhubungan dengan artikel yang kita buat. Mengaitkan artikel dengan artikel berhubungan lainnya mempunyai maksud agar memicu pengunjung untuk membaca postingan lainnya di blog kita. Semakin banyak artikel yang diklik dan dibaca maka akan memberikan efek baik bagi search engine. Sehingga blog kita akan semakin kuat nongkrong di mesin pencari.

2. Rajin Berkunjung ke Blog Lain (Blogwalking) dan Meninggalkan Komentar

Kegiatan berkungjung ke blog lain lebih dikenal lagi dengan sebutan blogwalking. Ini sangat penting dilakukan terutama blog yang kita buat tergolong baru. Banyak keuntungannya dari kegiatan blogwalking, salah satunya blog kita akan lebih dikenal lagi banyak orang terutama sesama blogger. Bukan hanya itu saja, kegiatan blogwalking akan mengubah posisi blog Anda di search engine pada hasil pencarian terbaik. Namun tentu saja kegiatan mengunjungi blog orang lain ini ada etika-etikanya. Banyak blogger melakukan blogwalking dengan meninggalkan link aktif (live link) pada kotak komentar. Padahal sebetulnya cara ini adalah tindakan yang tidak benar. Meninggalkan link aktif pada kotak komentar itu tindakan SPAM. Bukankah kolom URL sudah disediakan di kotak komentar?

Baca Juga : Cara Blogwalking Yang Benar Untuk Meningkatkan SEO Blog

Usahakan juga kegiatan blogwalking dilakukan terhadap blog yang masih satu niche/tema dengan blog kita. Atau bisa juga blogwalking terhadap blog-blog yang memiliki reputasi bagus di mesin pencari. Terlebih jika blog tersebut adalah status dofollow, maka hal ini akan memberikan dampak baik dan cepat terhadap blog kita.

3. Submit Blog Ke Beberapa Mesin Pencari Ternama

Blog yang baru dibuat tentunya belum diketahui keberadaannya oleh mesin pencari dan juga manusia. Agar blog baru cepat dikenal oleh manusia maka kita sendiri harus mempromosikannya. Kegiatan promosi blog gratis salah satunya adalah dengan cara blogwalking seperti yang sudah dibahas diatas. Selanjutnya agar blog dapat terindex dengan cepat oleh mesin pencari maka blog baru kita harus disubmit secara manual ke beberapa mesin pencari ternama seperti Google, Yahoo, Bing, dan Yandex. Sebetulnya tanpa me-submit blog ke mesin pencaripun lama-lama blog kita akan terindex juga. Namun biasanya proses pengindexan otomatis dengan cara manual maka akan lebih cepat cara manual. Kita jangan menunggu di index otomatis oleh mesin pencari, namun kita sendiri yang me-submitnya.

Silakan Anda daftarkan blog baru Anda di mesin pencari ternama seperti Google, Yahoo, Bing, dan Yandex. Ikuti semua prosedurnya dan biasanya nanti Anda akan diberi kode meta tag yang harus disisipkan di dalam header blog atau tag <head>.

Setelah daftar blog di mesin pencari selanjutnya nanti Anda akan diminta untuk memasukkan URL Sitemap Blog. Sitemap atau Peta Situs disini berbeda dengan halaman blog pada umumnya yang berisi deretan Daftar Isi Blog. Sitemap disini adalah Sitemap khusus untuk mesin pencari format XML.

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah

Sebagai tambahan jika blog Anda sudah terdeteksi dengan baik di mesin pencari, silakan setiap Anda selesai membuat artikel baru maka submitlah link artikel tersebut untuk membantu proses cepat terindex. Jika di Google Webmaster Tools isitlah submit link artikel ini adalah Fetch As Google.

Baca Juga : Cara Melakukan Fetch As Google Di Webmaster Tools

4. Gunakan Template Blog Yang Responsive dan Mobile Friendly

Anda tentu sudah menyadarinya kalau pengguna internet saat ini dominan menggunakan smartphone. Artinya lebih banyak pengguna internet mobile daripada pengguna internet Personal Computer (PC) dan Laptop. Untuk menyambut kenyataan ini maka wajib hukumnya template blog kita menggunakan yang responsive. Apa itu responsive? Template responsive adalah tampilan template yang akan menyesuaikan tampilannya secara otomatis di setiap device/layar penggunanya. Walaupun blog kita diakses dari smartphone yang memiliki resolusi kecil dibanding PC/Laptop namun tampilannya akan tetap enak dipandang dan rapih.

Baca Juga : Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly

Wajibnya blog menggunakan template responsive terlebih Google sudah menerapkan algoritma Mobilegeddon. Dimana algoritma ini adalah akan melenyapkan setiap blog yang tidak menggunakan template responsive di mesin pencari Google. Sangat disayangkan jika blog baru kita sudah dioptimasi sedemikian rupa namun lenyap dari pederadaran search engine Google disebabkan tidak menggunakan template responsive dan mobile friendly. Banyak template berbayar dan gratis tersebar di internet yang sudah dilengkapi fitur responsive dan mobile friendly.

5. Lakukan Kegiatan Ping Blog Secara Berkala

Apa itu kegiatan ping blog? Kegiatan ping adalah kegiatan untuk memanggil mesin pencari dan memberikan berita kalau kita sudah membuat blog baru dan artikel baru. Ping ini sangat cocok kita lakukan  bagi blog baru, bahkan blog lamapun tidak ada salahnya untuk melakukan kegiatan ping setiap selesai membuat postingan.

Banyak situs-stus ping ternama yang dapat kita nikmati secara gratis seperti, pingomatic, pingoat, pingler, dan google ping. Lakukan kegiatan ping ini secara bijak dan jangan berlebihan melakukannya. Karena jika kita melakukannya secara berlebihan malah blog kita akan dianggap SPAM oleh mesin pencari sehingga pada akhirnya akan memburuk kualitas blog kita. Satu hari cukup melakukan ping satu kali saja tepatnya setiap kita membuat postingan baru.

Bagi blog platform WordPress terdapat fitur untuk melakukan ping secara otomatis. Bahkan kita bisa menambah koleksi ping default WordPress dengan alamat-alamat ping lain.

Baca Juga : Tambah Koleksi Ping Update Artikel Otomatis WordPress

Ok mungkin hanya itu saja 5 Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Mesin Pencari seperti Search Engine Google. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jika blog baru Anda sudah terindex dengan baik di mesin pencari, langkah selanjutnya Anda tinggal melakukan Optimasi SEO. Sampai bertemu diartikel keren lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

12 comments

  1. 5 langkah sederhana diatas memiliki dampak yang sangat penting untuk kelangsungan blog baru. agar blog cepat terindex! bahkan wajib menurut saya mas. :)

  2. Blog baru memang harus rajin blogwalking .. sekalian gali backlink untuk dongkrak ranking blog baru nya.

  3. bermanfaat infonya buat newbie wordpress nih. thanks gan. kalo plugin apa aja yang bagus ya ? yang gak bikin berat website

  4. Terbukti work dan sukses melakukan cara diatas agar blog baru bisa cepat terindex di mesin pencarian google beserta mesin pencarian lain, otomatis nambah pengunjung ke blog heheheh

  5. kalo blog baru harus ngebet banyak posting gtu ya gan ? kbetulan ane lg bikin blog jg nih tp postingan bru 20an :( , btw thanks info ny sangat bermanfaat.

  6. Makasih infonya mas, artikelnya gk ribet. Banyak blog yang ngasih info tapi malah bikin bingung, hehe. Saya coba dulu, mudah2an berhasil. Saya baru bikin blog seminggu ini soalnya, masih newbie. Ini lagi baca2 artikel buat nambah ilmu.

  7. artikel sangat membantu dan mud
    ah untuk dipahami. menurutku agak simpel gak kayak Blog lain yang panjang tapi ribet dan susah tuk dipahami. makasih artikel bagus

  8. saya sudah coba berdasarkan poin ke 3 ternyata 3 hari artikel saya langsung terindex google.. makasih gan info nya

  9. artikel sangat bermanfaat banget. thanks
    Komentar terlalu pendek. Silakan gunakan setidaknya 100 karakter.
    backlink to

  10. sudah lama gk ngeblog jadi lupa caranya, baca disini jadi inget deh..
    thanks banget untuk step by stepnya agar blog jadi cepet terindex gan, selamat berposting yah.. hehehe

  11. Ternyata memang mudah ketika membaca ya gan tetapi kenyataannya cukup sulit untuk diterapkan terutama poin no.2 Capekkk gan :)

  12. sangat membantu sekali artikelnya buat para pembelajar blog yang ingin belajar index.

    Dengan memperkuat keyword yang di pakai memungkinkan artikel yang kita buat juga akan lebih memudahkan artikel kita cepat ter index di search engine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *