Home / Teknologi / Cara Agar Mengunggah Foto Ke Facebook Hasilnya Tidak Pecah Tetap Berkualitas

Cara Agar Mengunggah Foto Ke Facebook Hasilnya Tidak Pecah Tetap Berkualitas

Cara Agar Mengunggah Foto Ke Facebook Tidak Pecah – Saat ini ketika kita mengunggah foto di Facebook maka hasilnya akan jelek atau pecah. Foto-foto bagus kita akan berubah jika diunggah ke Facebook. Mengapa demikian? Ada alasan tertentu sehingga hal itu bisa terjadi. Setiap kali kita mengunggah (upload) foto ke Facebook, foto akan dikurangi ukurannya dan file foto akan menjadi lebih kecil dibanding aslinya. Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk lebih menghemat lagi ruang (space) penyimpanan di server Facebook. Sehingga pada akhirnya foto yang kita unggah ke Facebook hasilnya akan low-res atau pecah.

Baca Juga : 10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Menggunakan Facebook

Kebijakan yang ditetapkan Facebook itu sebenarnya sah-sah saja. Mengingat saat ini ada sekitar 400 juta foto yang diunggah member Facebook setiap harinya. Angka tersebut tentunya bukan nilai yang kecil. Jika Facebook tidak menerapkan kebijakan pada setiap ukuran foto yang diunggah maka ruang penyimpanan mereka akan terus membengkak. Hal ini akan semakin terasa dampaknya jika kita mengunggah foto yang sebelumnya sudah melalui proses kompresi. Foto yang sudah dikompres biasanya akan menjadi kecil ukurannya ditambah jika diunggah ke Facebook bisa menjadi masalah besar.

cara-agar-mengunggah-foto-ke-facebook-tidak-pecah-1

Apakah ada trik jitu agar foto yang diunggah ke Facebook hasilnya tidak pecah? Sebetulnya jika foto yang diunggah ke Facebook hasilnya supaya tetap berkualitas seperti aslinya itu mustahil kita lakukan. Kecuali jika Facebook sendiri yang membebaskan kebijakan tersebut. Namun setidaknya kita bisa menguranginya yaitu foto yang diunggah tidak terlalu pecah.

Berikut Cara Agar Mengunggah Foto Ke Facebook Hasilnya Tidak Terlalu Pecah

Ada 3 cara yang dapat kita lakukan agar foto-foto keren kita hasilnya tidak terlalu pecah setelah diunggah ke Facebook, yaitu :

1. Unggah Foto Minimal Ukuran 2.048 Piksel

Disarankan ketika Anda mengunggah foto ke Facebook agar hasilnya tidak terlalu pecah adalah foto mempunyai ukuran minimal 2.048 piksel. Pastikan Anda mengeceknya terlebih dahulu ukuran piksel foto apalagi foto tersebut Anda dapatkan dari internet. Jangan mengkompres foto yang nantinya akan Anda unggah ke Facebook. Jika Anda mengunggah foto yang beresolusi tinggi maka hasilnya akan tidak terlalu buruk meskipun Facebook akan melakukan proses kompresi. Setidaknya Anda masih bisa melihat foto yang diunggah terlihat jelas.

2. Buat Album High Quality Di Facebook

Walaupun Facebook telah mengeluarkan kebijakan kompresi pada setiap unggah foto, sebetulnya Facebook menyediakan fitur “High Quality”. Fitur ini akan memungkinkan kita pada setiap foto yang diunggah akan tetap terlihat bagus dan tidak terlalu pecah. Silakan Anda aktifkan fitur High Quality ini dengan cara membuat album dan centang High Quality (Kualitas Tinggi) yang terletak disebelah kiri.

cara-agar-mengunggah-foto-ke-facebook-tidak-pecah-2

Nantinya setiap foto yang Anda unggah ke Facebook melalui Album tersebut hasilnya tidak terlalu pecah. Facebook tetap akan melakukan kompresi gambar, namun proses kompresi ini hanya sedikit saja dibanding Anda mengunggahnya secara langsung.

3. Bagikan Tautan (Link) Gambar

Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda akan membagikan gambar ke Facebook yang didapat dari internet. Anda jangan mengunduh (download) gambar tersebut dari internet kemudian mengunggah ke Facebook. Sebaiknya Anda bagikan saja tautannya langsung agar foto tidak disimpan dulu di server Facebook. Untuk mengambil tautan gambar dari internet, caranya Anda bisa klik kanan pada gambar kemudian pilih Copy Image URL.

Ok mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Agar Mengunggah Foto Ke Facebook Tidak Pecah. Apakah Anda mempunyai pengalaman lain tentang mengunggah foto ke Facebook? Silakan sampaikan saja pada kolom komentar agar bisa diketahui oleh pengunjung lainnya. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *