Home / Kesehatan / Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Lengkap Penyebabnya

Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Lengkap Penyebabnya

Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata – Kantung mata merupakan sebuah kondisi yang cukup menganggu dan merasa kurang nyaman. Munculnya kantung mata dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri bahkan tampak lelah dan lebih tua.

Baca Juga : 5 Khasiat Mujarab Dan Manfaat Buah Wortel Untuk Kecantikan Serta Kesehatan

Terjadinya pembengkakan pada kantung mata bisa disebabkan adanya penumpukan cairan pada sekitar mata. Adanya kantung mata ini merupakan keadaan yang sementara namun berbeda halnya jika seseorang tersebut telah masuk usia lanjut. Untuk menghilangkan kantung mata mungkin butuh kesabaran namun secara berangsur dapat hilang.

Penyebab Terjadinya Kantung Mata

Timbulnya kantung mata memang sangatlah mengganggu penampilan. Akan tetapi sebaiknya Anda tahu bahwa kantung mata ini disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut ini akan dijelaskan penyebab timbulnya kantung mata yang perlu Anda ketahui.

1. Kurang Tidur

Timbulnya kantung mata biasanya yang paling umum adalah disebabkan oleh kurang tidur. Jika Anda kurang tidur maka pembuluh darah yang terdapat dibagian bawah mata akan menjadi lebar sehingga akan tampak menjadi lebih gelap.

2. Pola Makan yang tidak baik

Sebaiknya mulalah untuk menjaga pola makan serat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Tak lupa konsumsi air putih 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi. Adanya kekurangan protein serta cairan tentu dapat berpengaruh pada kesehatan Anda sehingga dapat mempengaruhi pula area bawah mata.

3. Alergi

Adanya rinitis alergi bisa menimbulkan peradangan pada bagian hidung karena rekasi dari alergi tersebut. Biasanya gejala yang timbul adalah bersin-bersin dan timbul kantung mata disertai lingkaran hitam.

4. Penuaan

Jika seseorang telah mulai lanjut usia maka akan muncul kantung mata karena otot dan jariangan di sekitar mata menjadi kendur. Kulit juga semakin kendur sehingga cairan mudah masuk ke dalamnya.

5. Penyebab lain

Timbulnya lingkaran hitam dan kantung mata juga bisa disebabkan oleh merokok, konsumsi kafein, menangis, infeksi kelopak mata dan kelainan pada kulit.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Setelah mengetahui penyebab terjadinya kantung mata, selanjutnya Anda harus mengetahui cara menghilangkan kantung mata. Cara menghilangkan kantung mata sebetulnya cukup mudah dan bisa Anda praktikkan di rumah.

Berikut ini akan dijelaskan cara menghilangkan kantung mata yang perlu Anda ketahui.

1. Menggunakan Gel Pendingin Mata

Untuk menghilangkan kantung mata bisa dilakukan dengan menggunakan gel pendingin mata. Dengan cara ini maka kantung mata akan semakin mengempis. Gel pendingin ini memang dibuat untuk menyegarkan mata serta dapat mengurangi bengkak pada mata. Untuk menggunakan gel pendingin ini cukup dengan dioles atau bisa dengan roll on. Biasanya gel pendingin dibuat dari bahan alami seperti teh hijau.

2. Kompres dengan kentang

Kentang memiliki zat catecholase yang bisa membantu mengempeskan kantung mata. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan kentang lalu ditempelkan pada kantung mata selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan dengan air bersih.

3. Tidur dan istirahat

Biasanya mata bengkak juga disebabkan oleh kurangnya tidur atau istirahat. Untuk mengatasinya Anda bisa menerapkan pola tidur yang cukup dan teratur. Anda juga membiasakan diri untuk tidur siang sebentar sekitar 20 menit untuk mengurangi rasa kelelahan serta mata bengkak.

4. Kompres dengan susu

Cara menghilangkan kantung mata dapat dilakukan dengan menggunakan susu segar. Caranya cukip mudah yaitu dengan merendam kapas dalam susu segar yang telah dingin. Lalu kompreskan kapas tersbeut ke kantung mata. Tempelkan kurang lebih 10 hingga 15 menit. Angkatlah kapas kemudian bilas dengan air dingin.

5. Mengurangi konsumsi garam

Untuk menghilangkan kantung mata, Anda bisa mengurangi konsumsi garam pada makanan. Dengan membiasakan diri untuk mengurangi konsumsi garam maka dapat mencegah terjadinya kelebihan air yang bisa berdampak pada kantung mata.

6. Irisan Mentimun

Untuk menghilangkan kantung mata maka bisa Anda lakukan dengan menggunakan mentimun segar. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencuci bersih mentimun lalu iris mentimun dengan ketebalan sekitar ¼ inch. Lalu tempelkan irisan mentimun pada mata Anda selama 20 menit.

Baca Juga : 5 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan & Kecantikan Berikut Kandungan Gizinya

Itulah penjelasan mengenai cara ampuh menghilangkan kantung mata. Berdasarkan penjelasan diatas kini Anda tak perlu ragu lagi untuk menghilangkan kantung mata karena caranya mudah dan bisa Anda praktikkan sendiri. Cara menghilangkan kantung mata diatas juga aman dan tak menimbulkan efek samping.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *