Home / Teknologi / Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin (BTC) Di Bitcoin.Co.Id

Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin (BTC) Di Bitcoin.Co.Id

Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin – Membuat akun Bitcoin di bitcoin.co.id mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Misalnya bertujuan untuk menabung saldo BTC hasil dari menambang Bitcoin, bisnis Toko Online yang memperbolehkan pembeli membayar dengan Bitcoin, memenuhi keperluan pembayaran Online Shop dengan Bitcoin, dan lain sebagainya. Seperti sayapun membuat akun Bitcoin di bitcoin.co.id hanya untuk keperluan membayar sewa hosting di Hawkhost.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Verifikasi Akun Bitcoin Indonesia Di Bitcoin.Co.Id

Setelah kita mempunyai saldo Bitcoin yang cukup maka langkah selanjutnya adalah menggunakan saldo Bitcoin untuk kegiatan berbelanja. Cara memperoleh saldo Bitcoin kita lakukan dengan berbagai cara, misal dengan cara membeli Bitcoin dengan transfer Rekening Bank kemudian kita tukar saldo Rupiah menjadi saldo Bitcoin. Atau bahkan kita memperoleh Bitcoin dengan cara menambang Bitcoin di internet.

Mungkin Anda kebingungan bagaimana cara transaksi jual beli di internet menggunakan Bitcoin? Khususnya kegiatan jual beli kirim Bitcoin di situs bitcoin.co.id. Disini saya akan coba menjelaskannya sesuai dengan pengalaman saya ketika blog ini pindah hosting ke Hawkhost.

Berikut Cara Belanja Online Menggunakan Bitcoin (BTC)

Sebelum dilanjut artikelnya, sebaiknya Anda harus sudah memiliki daftar Toko Penerima Bitcoin. Artinya Anda harus tahu toko mana saja yang memperbolehkan melakukan kegiatan jual beli atau pembayaran menggunakan Bitcoin.

Jika keperluan jual beli untuk membeli/sewa domain dan hosting saya rekomendasikan di WEB Hosting Hawkhost saja. Namun kalau maksud Anda bukan untuk kebutuhan itu, silakan Anda cari di internet dengan kata kunci “Toko Penerima Bitcoin”. Atau Anda bisa langsung mengunjungi Blog Bitcoin.Co.Id disini.

Jika sudah menemukan Toko Penerima Bitcoin yang menurut Anda dapat dipercaya, silakan lakukan transaksi.

Pertama Anda login di bitcoin.co.id menggunakan Akun Bitcoin yang sudah terdaftar disana. Kemudian di Menu Utama klik Kirim Bitcoin.

Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin (BTC) Di Bitcoin.Co.Id 1

Perlu Anda ketahui bahwa setiap kita melakukan transaksi jual beli atau Kirim Bitcoin untuk membeli produk apapun di bitcoin.co.id maka kita akan dikenakan biaya potongan administrasi sebesar 0,0005 BTC dari setiap jumlah pengiriman. Minimal pengiriman yang bisa kita lakukan adalah 0,001 BTC dan maksimal pengiriman adalah 8 BTC dalam perharinya.

Setelah Anda paham dan mengerti tentang prosedur yang ditetapkan PT Bitcoin Indonesia, mari kita lanjutkan lagi artikelnya.

Anda masih ingat dengan Google Authenticator ketika kita pertama kali daftar akun Bitcoin di bitcoin.co.id? Aplikasi Google Authenticator ini harus Anda simpan permanen di browser Google Chrome yang kita gunakan. Biasanya Aplikasi Google Authenticator ini akan tersimpan otomatis di Toolbar Chrome (atas kanan) setelah kita menginstallnya.

Google Authenticator akan selalu kita perlukan jika kita ingin login di bitcoin.co.id. Kemudian ketika kita ingin melakukan Kirim Bitcoin untuk belanja online, maka kita diwajibkan mengisi kode Google Authenticator.

Cara menggunakan Google Authenticator ketika kita ingin login atau mau Kirim Bitcoin bisa kita klik tombol/icon Google Authenticator yang tersimpan di Toolbar Chrome. Kemudian Anda copy/salin kode/angka unik yang tampil otomatis sesuai dengan Kode QR ketika kita pendaftaran Akun Bitcoin pertama kali.

Cara menyalin angka unik Google Authenticator Anda tinggal mengarahkan kursor mouse dan klik disitu. Maka hal ini akan memberikan efek Copied artinya angka unik tersebut sudah berhasil dicopy atau tersimpan di clipboard komputer.

Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin (BTC) Di Bitcoin.Co.Id 2

Setelah berhasil dicopy kemudian Anda paste (tempel) di kolom isian PIN Google Auth yang berada di form Kirim Bitcoin. Silakan lengkapi juga semua kolom yang berada di form Kirim Bitcoin, seperti : Jumlah Bitcoin dan Alamat Bitcoin.

Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin (BTC) Di Bitcoin.Co.Id 3

Jumlah Bitcoin yang berada di kolom form Kirim Bitcoin adalah jumlah nominal yang akan Anda kirimkan atau Anda bayarkan untuk kegiatan transaksi jual beli. Disini saya mengisi 0,01586546 BTC dan Bitcoin yang akan diterima pembeli (Bitcoin Bersih) adalah 0,01536546 BTC. Kenapa jadi terima bersihnya jadi berkurang? Karena itu semua sudah termasuk biaya beban administrasi sebesar 0,0005 BTC seperti yang sudah saya bahas diatas.

Sedangkan untuk Alamat Bitcoin adalah alamat bitcoin yang akan kita kirim saldo Bitcoin. Kalau kita menabung uang di Bank, alamat bitcoin adalah nomor Rekening Bank.

Biasanya kode unik yang terdapat di alamat bitcoin adalah bersumber dari QR Code. Untuk mengetahui alamat bitcoin penjual yang mereka tampilkan hanya berupa QR Code adalah dengan menggunakan Aplikasi Google Authenticator. Contoh alamat bitcoin saya berikut QR Codenya :

QR Code My Bitcoin

1UgXWEJqcTv5rbZ467Xu7G4ZvWeMMZSKp

Jika kita sudah klik KIRIM pada form Kirim Bitcoin, selanjutnya Anda periksa kotak masuk email yang terdaftar di bitcoin.co.id. Tanpa Anda melakukan verifikasi yang berada di kotak masuk email, maka proses Kirim Bitcoin Anda tidak akan sukses.

Temukan link konfirmasi Kirim Bitcoin dari bitcoin.co.id di kotak masuk email atau kotak sampah (spam). Selain untuk menjaga keamanan saldo Bitcoin Anda dan lagi jika Anda tidak sengaja melakukan pengiriman Bitcoin atau ingin membatalkannya maka Anda tidak perlu klik link verifikasi tersebut.

Proses pengiriman saldo Bitcoin membutuhkan waktu maksimal selama 60 menit. Anda bisa memantaunya di Menu Utama > Kirim Bitcoin > Riwayat Pengiriman Bitcoin. Lihat status pengiriman atau bisa juga dengan klik TX atau Alamat Bitcoin.

Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin (BTC) Di Bitcoin.Co.Id 4

Dan nanti Anda akan diantarkan ke halaman baru situs blockchain.info untuk melihat status penawaran saldo Bitcoin yang Anda kirimkan.

Cara Belanja Online Menggunakan BitCoin (BTC) Di Bitcoin.Co.Id 5

Mungkin untuk artikel Cara Belanja Online Menggunakan Bitcoin (BTC) dicukupkan sekian saja. Silakan selamat berbelanja ria online menggunakan Bitcoin. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan berjumpa lagi diartikel menarik lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *