Home / WordPress / Cara Blogwalking Yang Benar Untuk Meningkatkan SEO Blog

Cara Blogwalking Yang Benar Untuk Meningkatkan SEO Blog

Cara Blogwalking Yang Benar Untuk Meningkatkan SEO Blog – Bagi mereka yang sudah lama malang melintang merasakan pahit manisnya blog pasti saya yakin kata blogwalking sudah tidak asing lagi. Namun tentunya berbeda dengan mereka yang baru saja mengenal perblogan, kata blogwalking mungkin saja aneh kedengarannya. Sehingga menimbulkan sebuah pertanyaan, apa sih blogwalking itu? Hal ini sayapun pernah mengalaminya, ketika dulu pertama kali berkecimpung di dunia blog. Namun tahukah Anda bahwa dalam tehnik blogwalking itu tidak boleh sembarangan. Jika demikian, efek dari blogwalking bisa menimbulkan nama baik Anda menurun. Maka dari itu kita harus tahu cara blogwalking yang benar. Bahkan jika blogwalking ini dilakukan dengan benar dan baik, maka bisa meningkatkan SEO Blog kita.

Baca Juga : Info Rahasia Cara Meningkatkan SEO WordPress

Cara-Blogwalking-Yang-Benar-Agar-Mampu-Meningkatkan-SEO-Blog-1

Sebenarnya Apa Sih Kata Blogwalking Itu?

Sebelum dilanjutkan ke cara blogwalking yang benar, mari kita bahas dulu apa sih blogwalking itu? Arti tepatnya blogwalking sayapun tidak tahu. Entah darimana dan entah siapa yang pertamakali menciptakan kata blogwalking ini. Yang jelas menurut webmaster senior blogwalking adalah kegiatan untuk bersilaturahmi antar pemilik blog. Kegiatan ini dilakukan dengan saling mengunjungi blog lalu saling meninggalkan komentar disalah satu artikelnya.

Lalu dari kegiatan blogwalking ini bisa menimbulkan hal yang baik, bisa juga mengakibatkan hal yang buruk. Maka dari itu agar kita jangan sampai membuang waktu dengan percuma untuk melakukan kegiatan blogwalking, sebaiknya Anda simak dulu bagaimana caranya agar blogwalking tidak dikategorikan kepada yang jelek.

Inilah Cara Blogwalking Yang Benar dan Baik

1. Pahami Maksud dan Isi Artikel Yang Dibaca

Ketika kita melakukan kegiatan blogwalking, tentunya agar pemilik blog tahu bahwa kita telah berkunjung keblognya maka tinggalkanlah jejak diblognya. Untuk meninggalkan jejak diblog yang kita kunjungi, maka berkomentarlah disalah satu artikelnya. Namun sebelum Anda menulis komentar, diwajibkan untuk membaca serta memahami apa maksud dari artikel tersebut. Setelah kita benar-benar paham, baru ketiklah komentar yang bijak dan baik. Jika ada pertanyaan, maka tanyakanlah hal yang tidak mengerti pada kotak komentar.

Dengan membaca dan belajar memahami artikel, maka secara tidak langsung pengetahuan kita akan bertambah. Bahkan bisa saja akan menimbulkan inspirasi untuk memilih topik pembahasan diblog kita. Sehingga kita bisa update artikel berdasarkan pengetahuan yang didapat dari kegiatan blogwalking.

Hindari menulis komentar diluar topik (OOT). Ini bisa saja komentar Anda nantinya akan dihapus oleh pemiliki blog. Karena dianggap komentar Anda hanya membuat sampah blognya saja. Jadi percuma saja Anda telah melakukan blogwalking. Dengan begitu, nama baik Anda dimata pemiliki blog akan jelek. Dan juga pembaca-pembaca lainnya.

Saya sarankan jika seandainya Anda tidak paham benar dengan artikel yang dibaca disalah satu blog, daripada Anda ragu untuk menulis komentar maka sebaiknya tidak berkomentar saja. Cari artikel lain yang sekiranya kita bisa menulis komentar yang tidak terkesan diluar topik.

Kalau komentar kita tidak membuat komentar spam/sampah, jika pemilik blognya berbaik hati maka akan berkunjung balik keblog kita. Dengan begitu kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan mendapat pengunjung baru dari pemilik blog. Serta mungkin saja yang datang itu dari blog lain yang tahu keberadaan blog kita dari sebuah komentar yang ditinggalkan di blog lain. Nah itu dia maksud dari bahwa jika kita blogwalking dengan benar maka akan meningkatkan SEO blog. Karena dengan banyak pengunjung unik setiap hari, ini akan menimbulkan posisi blog kita di SERP menjadi meningkat.

2. Jangan Meninggalkan Link Aktif Di Kotak Komentar

Ketika kita berkomentar di blog orang lain, hindarilah tehnik meninggalkan link aktif yang langsung dicantumkan pada kotak komentar. Kita cukup mencantumkan link blog kita di tempat yang sudah disediakan saja. Mencantumkan link aktif pada kotak komentar ini hanya membuat sampah blog yang dikunjungi saja. Tentunya seperti yang sudah dibahas diatas, pemiliki blog mungkin saja akan menghapus komentar kita. Maka hilanglah jejak kita yang ditinggalkan di blog yang kita kunjungi.

Maksud ingin meningkatkan SEO blog, namun dengan melakukan cara ini maka yang ada malah nama baik blog kita akan jelek. Waktu kita akan terbuang dengan percuma, tidak ada manfa’atnya melakukan blogwalking. Mungkin hanya akan mendapatkan ilmu baru dari artikel yang dibaca, itupun kalau memang dibaca artikelnya.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Agar Cepat Terindex Oleh Google

3. Cari Blog Yang Masih Satu Niche Dengan Blog Kita

Maksud blogwalking dengan blog yang masih satu niche adalah blog yang masih satu tema/pembahasan dengan blog kita. Konon kabarnya jika kita mendapatkan backlink dari blog yang masih satu niche dengan blog kita maka backlink tersebut akan berkualitas dimata search engine. Dan ini tentunya juga akan meningkatkan SEO blog kita.

Karena dari kegiatan blogwalking ini kita berkomentar disalah satu artikel, maka lama kelamaan link yang kita tinggalkan dikotak URL kabarnya akan menjadi backlink. Dengan semakin rajinnya blogwalking dan berkomentar maka reputasi blog kita akan semakin baik de SERP. Apalagi blog yang kita singgahi adalah masih satu niche dengan blog kita.

4. Lebih Bagus Lagi Blog Yang Dikunjungi Mempunyai Reputasi Bagus

Ini hanyalah salah satu alternatif saja, namun penting juga. Sebaiknya dalam melakukan kegiatan blogwalking carilah blog yang benar-benar berkualitas. Maksudnya carilah blog yang menerapkan rel="dofollow" di kotak komentarnya.

Secara default kotak komentar blog adalah nofollow, jika pemilik blog menyetting blognya menjadi dofollow artinya search engine akan mengunjungi link yang telah kita tinggalkan di kotak URL. Bukankah ini adalah akan menguntungkan bagi blog kita? Ini bisa menjadi salah satu backlink yang berkualitas. Lebih bagusnya lagi blog dofollow tersebut mempunyai nilai Pagerank tinggi. Namun karena sekarang algoritma google sudah tidak update Pagerank lagi, maka yang menjadi patokan adalah nilai Domain Authority dan Page Authority.

Silakan cari saja diinternet blog-blog yang mempunyai Domain Authority dan Page Authority bagus serta tentunya menerapkan sistem dofollow.

5. Lakukan Blogwalking Dengan Teratur

Kegiatan blogwalking yang dilakukan secara membabi-buta ini akan merugikan kita. Maksud ingin cepat naik peringkat dari segi SEO, tapi akhirnya malah akan mendapatkan hukuman dari google. Kabarnya jika kita melakukan blogwalking dalam sehari bisa mengunjungi banyak blog, maka akan terkesan melakukan kecurangan di mata google. Jadi lakukanlah kegiatan blogwalking secara teratur dan terus menerus apalagi blog Anda masih dibilang baru umurnya. Ini sangat penting, karena untuk blog baru jika rajin melakukan blogwalking maka akan membantu cepatnya terindex search engine blognya.

Baca Juga : Cara Agar Search Engine Cepat Mengenal Blog

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara blogwalking yang benar dan demi untuk lebih meningkatkan lagi SEO blog yang kita kembangkan. Semoga bisa bermanfa’at dan saya harap Anda bisa menambahkan lagi hal-hal apakah yang belum saya terangkan dalam artikel ini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

144 comments

  1. paling benci dengan komen yang suka kasi link aktif karena blog kita bisa dikira spam oleh google

  2. heran koq akhir2 ini banyak banget temen yg mengulas seputar blogwlking sih mas.salah satunya di info menarik ini.

    kalau saya belum pernah menerapkan point 3,4 belum pernah saya lakukan mas.pokoknya kalau ada yg komen dan sesuai topik diblogku pasti saya akan berkunjung balik,kalau komennya terkesan sekedar ninggalin jejak males banget mau kunbal,jika hati senang aja tetep kunbal lalu komen dengan tulisan copas komen dia itu aja.heheh

    • Ga tau juga mas, inspirasi saya untuk menulis artikel mikirnya ke topik blogwalking :D Point 3 dan 4 sayapun masih jarang mas melakukannya terutama point 3. Selain seperti mas Yanto lakukan, lebihnya saya suka melakukan point 4 mas.

  3. Benar mas, untuk membangun sebauh link yang relevan dankuat itu tidak dapat dilakukan secapat kilat. Namun dengan melakukan sebuah aktifitas blogwalking yang baik dan benar kita akan mendapatakan nilai positif yang baik di mata robot google, dan akan berdampak sangat positif bagi pekembangan sebuah blog. Terimakasih atas sharingnya mas.

    • Iya mas, sangat mujarab pengaruh dari blogwalking ini bagi kelangsungan blog kita. Asal tidak melakukan komentar SPAM saja, maka secara perlahan reputasi blog kita akan ok dimata mesin pencari.

  4. wah saya melanggar semua nih sob sudah tidak teratur blogwalkingnya, apalagi niche saya ngggak milih pokoknya semua jenis blogger dikunjungi kalau meninggalkan link Insya Allah akan selalu saya hindari, nah kalau web ini mestilah memiliki reputasi bagus

    • Itu hanya saran saja mas. Dan memang saya sendiripun tidak sampai semuanya melakukan aktifitas seperti yang saya tulis.

  5. Menarik artikelnya Mas. Untuk tahu blognya menerapkan dofollow di komennya bagaimana ya Mas caranya?

  6. Rachmat Amienullah

    iya kadang ada yang blogwalking tanpa melihat artikel postingan langsung komen…nice tips, nice post…kunjungan balik…gitu ya mas :D

  7. no 3 ini yang ga sayah pikirkan kang.
    karena sayah menganggap pengetahuan dari berbagai sumber. jadi makin banyak pengetahuannya.

    • Iya kang, memang intinya blogwalking itu untuk menggali pengetahuan-pengetahuan baru. Tapi disatu sisi alangkah baiknya jika semuanya dapat tercapai :D

  8. blogwalking untuk menambah wawasan dari blog yg kita kunjungi, kalau ada kesempatan silahkan mampir ya gan, thx

  9. Lebih bagus lagi kalau mengisi nama kita dengan nama personal, supaya lebih akrab saat berkomentar sambil memanggil nama empunya blog. Hindari juga menuliskan URL posting tuggal di kolom website kita, biasanya saya gitu Cep Iwan.

    Intinya ngeblog untuk berbagi dan saling kenal, dengan begitu khan lebih enak. Saya menuliskan nama domain saya karena yang punya blog kalau komentar dimana – mana juga begini.

    • Ok mas, dulu sayapun semapt kepikiran seperti itu namun entah kenapa sampai sekarang belum berani menunjukkan identitas asli saya. Hehehe Ok deh nanti saya pikir-pikir lagi mas Tiyo …

      Ya benar mas intinya punya blog itu untuk berbagi info apa yang kita tahu sesuai dengan tema blog saya juga “Berbagi Info & Tips Trik Menarik”. Oh ya, terimakasih atas kunjungan perdananya.

  10. kurangcermat

    dulu awalnya saya juga sering meninggalkan link aktif waktu komentar, ya nalarnya biar di klik banyak orang, hehe tapi sekarang malah sebel kalo liat yang kayak gituan, apalagi kalo yang komen nggak baca artikelnya cuma bilang makasih aja,

    • Iya mas saya juga ga munafik pernah melakukannya. Namun setelah tahu kalau itu tindakan yang kurang baik, maka semenjak itu tidak pernah lagi …

  11. Blogwalking memang sangat bermanfaat untuk membangun jaringan selain itu bisa menjadi sarana silaturahmi salam kenal gan :) dari blogger newbie

  12. Sepenggal Info

    terima kasih infonya mas,,,salam kenal dari kami. :)

  13. Hmmm, paham skrg, pantesan!, dah lama ga blogwalking blog saya makin turun di pencarian Google!, keren nih intinya, makasih banyak (: salam

    • Tapi katanya jangan asal blogwalking. Kata senior justru akan menurunkan reputasi blog juga jika kita blogwalking dengan cara yang tidak benar.

  14. makasih gan udah berbagi infonya.. saya sangat terbantu dengan artikel agan ini..sangat lengkap dan mudah dimengerti.

  15. gan website saya di google list kok naik turun terus yaa? apa karena saya kurang teratur dalam blogwalking?

    • Bisa jadi juga mas, namun sebaiknya perkuat backlink blog dengan backlink blog dofollow dan berkualitas. Jadi jangan hanya melakukan blogwalking saja.

      • saya masih bingung maksud dari dofollow gan, tau nya backlink pake generator , masih belajar soalnya, kata temen pke backlink generator praktis, tapi ga ada hasil

        • Memang gan lebih bagusnya lagi mencari backlink itu harus melalui kegiatan natural. Atau bisa juga dengan melakukan kegiatan blogwalking. Dulu saya sering juga melakukannya dengan menggunakan generator, namun cuma membuang-buang waktu saja.

  16. Asik kang sarannya. beberapa artikel juga menyarankan hal yang sama kang untuk ramah SEO. Jadi bukan linknya yang di cek, tapi bloggernya yang menjadi representasi pengenalan blognya ke blogger lain. Keren :)

    • Iya kang, terkadang kegiatan blogwalking yang saya kurang suka adalah hanya numpang lewat demi untuk memberikan pringkat baik blognya saja. Padahal disisi lain masih banyak keuntungan blogwalking yang jauh lebih bermanfa’at.

  17. Dulu saya suka ninggalin link aktif di setiap komentar saya,tetapi setelah tahu kalo itu bisa di anggap spam jadi insaf saya,dan alhamdulillah sekarang udah gak pernah lagi kaya gitu hehe

  18. software kasir minimarket

    nice info gan, ane coba terapin (y) boleh nih artikel nya menarikk banget, menambah wawasan, bagus buat yang lagi belajar seo, biar ga keliru…

  19. Fiki pancaherbal.com

    Artikel nya sangat bermanfaat gan, jadi harus berteliti untuk melakukan BW :D

    kunjungan balik di blog saya gan : www[dot]smartnutrition[dot]tk
    (baru bikin) butuh kritikan biar pinter ngeblog ^_^

  20. Tips Menarik

    Standarisasi banyak tidaknya blogwalking itu berapa ya mas? Saya melakukan blogwalking setidaknya 5-10 kali per hari. Apakah termasuk kebanyakan atau tidak? Mohon pencerahannya. Terimakasih sebelumnya, artikelnya bagus buat belajar mas. Ditunggu jawabannya yaa…

    • Maksimal 10 blog dalam perhari mas. Dan jika umur blog sudah lama sebaiknya mulailah blogwalking ke blog-blog yang mempunyai DA dan PA tinggi. Lebih bagus lagi satu niche dan status dofollow.

  21. tips blogger

    benar mas, BW sekarang semakin digemari. hanya saja tidak ada maksud menuduh sih hanya kebanyakan blogger sekarang bilang blog mereka dofollow tapi ternyata nofollow, hhahha saya malah jadi miris kalo masih menemukan seperti itu apa lagi kalo pasang iklan yang menggangu, kelihatan sekali cari recehnya

    • Kalau mas fokus terhadap blog yang statusnya dofollow biar ga kena tipu mas pasangin browsernya dengan add-ons no/dofollow. Caranya bisa dilihat di artikel ini.

  22. Gunawan Ahmad

    Mantap gan infonya !!! ,apa dengan berkomentar seperti ini saya udah termasuk blogwalking? karena saya belum begitu mengerti tengtang Blogwalking

    • Ya. Ini sudah termasuk blogwalking juga gan. Semoga blognya semakin sukses gan dan jangan lupa tulis komentar yang relevan dengan artikel.

  23. wah pas banget ini gan, saya lagi cari – cari info buat blogwalking apakah bisa meningkatkan seo blog. eh di sini ada jawabanya.
    semoga blog saya bisa menembus halaman pertama google.

  24. Bayu Rohmantika

    Kegiatan blogging tidak sebatas menulis artikel lalu mempublikasikannya di blog masing-masing, tapi ada turutannya juga ya yang harus dipahami, yakni blogwalking ini.

    Poin nomor satu itu bener banget. “Memahami artikel” terkadang suka dikesampingkan. Cukup disayangkan masih ada beberapa blogger yang comment tidak sesuai isi artikel.

    Ternyata blogwalking ke blog yang masih satu niche sama blog kita bisa bermanfaat ya, baru tahu. Selama ini saya blogwalking ke blog yang menurut saya artikelnya keren, tidak memerhatikan apakah satu niche atau tidak. Untuk poin lima, sayang sekali saya masih sulit mengatur waktu, jadi kadang aktivitas blogwalking belum bisa dilakukan dengan teratur.

    Btw, thanks infonya ya :-)

    • Iya mas jika kegiatan blogwalking kita lakuka secara teratur dan terus menerus katanya akan memberi efek bagus terhadap blog kita di mata SERP. Cuma itu syarat utamanya melakukan blogwalking dengan cara yang benar dan intinya kita jangan bertindak SPAM di blog orang lain.

  25. Benar sekali, blogwalking memang harus lakukan secara teratur dan konsisten tapi kira2 kita butuh waktu berapa lama untuk blogwalking agar website kita banyak pengunjungnya?

    • Faktor utama banyak pengunjung bukan dari kegiatan blogwalking saja, namun konten blog juga harus diperhatikan. Pengunjung datang untuk mencari informasi yang kita tulis.

  26. terus, maksimalnya untuk blogwalking dalam sehari berapa kali???
    Terima kasih gan, kalau ada waktu kunjungi balik yah. saya minta tolong untuk penilaian blog saya. :)

  27. Terima kasih atas bantuan dan info yang berguna ini. Harap jika ada masa terluang lawat la blog saya dengan penilaian tuan juga. Thanks and have a nice day..

  28. Waduh, masih perlu belajar banyak nih soal blogwalking. maklum … masih pemula. Jujur aja sampai sejauh ini masih jarang ngelakuin blogwalking. mungkin kedepannya harus lebih teratur kali ya

  29. Klo saya sih setiap cari info sllu ninggalin jejak. Jgn sampek krn fkus blogwalking artikelnya gak dibaca

  30. Gan yang no 5 , blogwalking secara teratur, itu untuk batasan websitenya ada ga gan? misal sehari maksimal 20 website?

    • Sehari cukup blogwalking maksimal 10 website saja mas. Dan jika website agan sudah bagus ratingnya di SERP, kegiatan blogwalking tidak penting lagi.

  31. Terimakasih infonya sangat bermanfaat apa lagi yang nomor 2 yaitu JANGAN MENINGGALKAN LINK AKTIF DI KOTAK KOMENTAR, semakin menambah informasi untuk saya

  32. owh jadi begitu untuk blog walking yang baik kita tidak boleh meninggalkan link ya

    jangan lupa mampir di tempaat saya ya

  33. wahh keren om,, saya masih baru nih,, mulai blogwalking baiknya ketika artikel nya sudah berapa ya ? atau postingan pertama harus mulai blogwalking ?
    mohon pencerahan nya om ,,,
    Terima Kasih,,

    • Blogwalking dilakukan secara teratur dan terlihat natural aja gan. Jika blognya masih baru cukup sehari maksimal 5 blog yang dikunjungi. Jika sudah sebulan umur blognya bisa ditambah dengan cari backlink dari forum dan sosbook.

  34. emang paling enak blogwalking. bisa nambah teman sekaligus mengusir kepenatan setelah pusing mau posting artikel apa :D

  35. Sebenarnya berapa sih patokan yang dipakai seorang blog dalam melakukan blogwalking, jumlah blogwalking perhari? Karena ada yang bilang, paling tidak 20 perhari..

    • Sepertinya tergantung umur blognya sih mas. Blog baru dibawah umur 6 bulan sebaiknya menghindari kegiatan blogwalking secara masal perharinya.

  36. Poin 4 kalo cara cari tau blog yang kolom komentarnya dofollow gimana ya? apa ada kode2nya buat search di google

  37. maaf mas mau nanya nih, soalanya pemula lagi blajar ngeblog. Bagaimana pengunjung bisa tahu kalau kita dilarang ninggalin link di komentar? makasih

    • Biasanya kalau admin blog melarang mencantumkan link dikomentar, maka akan ada pemberitahuan. Contohnya seperti blog ini saja. Dan lagi menurut pakar SEO jika kita mencantumkan link dikotak komentar dengan maksud ingin mendapatkan backlink, maka sekarang Google tidak akan menghiraukan teknik seperti itu. Jadi percuma saja!

  38. wah trimakasih mas, jadi ngerti cara2 blog walking yg benar. jangan lupa kunjungi blog saya ya mas www.nyapnyap.com thanks salam BW !

  39. kalau misal cara blogwalking dilakukan secara terus menerus setiap hari, apakah berefek negatif pada website/blog kita ya gan ? lebih baiknya gimana gan ?

    • Blogwalking tiap hari bagus mas. Cuma itu dia jangan terlalu banyak melakukan kegiatan Blogwalkingnya, maksimal 10/15 blog cukup.

  40. terimakasih atas ilmunya mas, saya baru didunia blog, tentunya saya mengakui artikel tentang hal tersebut sangat bermanfaat. dan kemarinpun saya melakukan kesalahan dengan tindakan Spam, saya mencantumkan link aktif dikomentar. aduh rasanya campur aduk mas, malu dengan diri sendiri dan juga malu dengan blogger yang lain mas atas tindakan saya. Namun sekarang saya mengerti mas, melalui artikel yang mas posting. Saya akan lebih memahami apa makna blogwalking dan bagaimana cara yang baiknya. terimakasih mas

  41. blogwalking itu pekerjaan yang capek jga lo, ga gampang dapet blog yang bagus hahahaha tapi efeknya buat naikin ranking juga ok meskipun ga langsung tapi secara perlahan2

  42. Ehh miminnya rajin bales komen yah ahhaha
    Kaluu ane sih duluu sering ngasih link aktif mana tau kaluu itu dibenci Google.. Apa bener yah?
    Saya jadi bingung ngasih link aktif atau tidak diblog saya zz

  43. Masih newbie nih gan di dunia per blog gan..
    Dari kemarin masih cari cara biar blog kita di kunjungi,,
    Ternyata salah satu cara nya dengan blog walking ya..
    Di blog saya sendiri saya kasih buku tamu,,
    Biar orang dateng bisa taruh link di sana supaya di kolom komentar gak ada yang spam,,
    Gmn gan?
    Perlu pakai buku tamu?
    Tapi kalau banyak yang taruh back link jangan2 google malah gak suka ama blog ane,,

    • Nyimpan link dikotak komentar itu tindakan SPAM mas. Kenapa harus menaruh link di kotak komentar? Bukankah untuk kolom URL sudah disediakan?

  44. Makasih mas dengan artikelnya, setelah membaa artike tersebut saya jadi lebih tau, setidaknya kalo berkomentar tidak asal aslan lagi, perlu memakai etika yg benar dan bijak sesuai dengan artikel yg kita, trim mas. Saya tunggu artikel barunya mas biar saya lebih tau tentang blogwalking, salam sejahtera sukses selalu mas.

  45. blogwalking memang mempunyai sisi positif dan negatif bagy blog
    banyak yang nggk suka dengan blogwalking

  46. Mantap perkongsiannya..blogwalking juga boleh membuat kita tahu akan kelemahan blog kita bukan? Kelemahan itu harus diperbaiki secepatya..salam kenal dari Malaysia :)

  47. Terima kasih gan atas ilmunya. banyak cara di internet dalam blogwalking, dan disini ane mendapatkan tambahan ilmu lagi dalam blogwalking

  48. Hebat Blognya! salut! Bagaimana caranya biar banyak pengunjung? maaf cuman Blogwalking kali aja masih ada orang di Blog ini? jawab ya!

    • Tidak ada yang hebat disini mas. Banyak juga blog yang lebih hebat dari blog ini. Salam kenal mas dan terima kasih sudah berkunjung.

  49. Yang point 5 : blogwalking dengan teratur. Kenapa kok saya susah sekali ya untuk melakukannya. Di awal-awal suka semangat, tapi selanjutnya males sekali untuk blogwalking. Padahal blog pengen banyak dikunjungi orang… Btw makasih udah berbagi, salam kenal, & terus berkarya !

  50. bagus, tutorial blogwalking ini mengingatkan masa lalu saya sebagai blogger, akan saya terapkan :D :D

    untuk sekarang saya menjadi seorang pengusaha online shop dan tidak menjadi seorang blogger lagi, menyediakan berbagai macam sepatu pria dan wanita, kaos distro murah, obat herbal termurah, grosir kosmetik dan aksesories aksesories lainya

  51. Terimkasi atas postingannya …Mantap gan,,, trnyata backlink itu ada kerugiannya juga,,, jadi nambah ilmu ne thanks infonya
    zonapendidikan.com

  52. om tengkyu atikelnya kereeen :)
    ohya yaa om sy mau nanya nih ? dalam hal ber-blogwalking minamal perhari berapa , agar supaya tidak terkena tendangan google ?
    oke sebelumnya terimakasi om…

    • Lakukan dengan bijak saja dan jangan membuat ulah dengan siapapun dan dimanapun. Biasanya rata-rata Blogwalking perhari itu maksimal 200.

  53. memang ada benarnya kita melakukan blogwalking, karena blogwalking selain baik untuk website juga baik untuk menjalin silahturahmi sesama blogger ^_^

  54. kalau kebanyakan ditendang ya om hehe…tapi memang blogwalking sangat membantu buat web kita om dan perusahaan kita pun jadi lebih dikenal ….

  55. Makasih informasinya mengenai blogwalking yang sangat bermanfaat khusunya untuk meningkatkan SEO dan mungkin dapat meningkatkan search engine digoogle serta menjadikan blog menjadi daftar teratas di google

  56. sangat bermanfaat….ditunggu sharing selanjutnya…..memang harus teratur blogwalking untuk meningkatkan SEO

  57. setelah membaca hanya manggut-manggut saja …karena jadi bahan renungan buat saya yg newbie baru 7 hari ngeblog…namun yang mau saya tanyakan ninggalin link aktif di komen seperti apa contohnya ?

  58. waaaw makasih buat info dan ilmu blogwalking nya. sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya.

    jangan lupa mampir yah. hehe

  59. maksudnya pake SEO tuh, pengunjung kita ruyjkanua dari mbah google lan sak kanca2ne itu bukan?? wah.. pengunjung dari situ mah pada malas komentar.. kn rata2 bukan blogger, jdi walaupun komntar, jelek juga, cz avatrnya gambarnya aneh atau bahkan ngga muncul!!.. hal semacam itu malah mengurangi nilai keindahan sebuah postingan(postingan menurut yos dikatakan indah tadak hanya dari artikel postinganya saja tapi juga komntar2 yg mengikutinya dan juga jawaban2 kita atas komntar tersebut), ini buka berarti yos tidak menghargai komnatar dari non blogger lho ya,karena yos yakin suatu saat semua oarang akan punya blog sebagaimana mereka sekarang ini yang pada punya facebook maaf teh, klo komentarnya panjang bgt Pengunjung dari search engine memang banyak yang nggak ninggalin komentar, tetapi cukup efektif untuk meningkatkan nilai statistik seperti Page Rank dan Alexa Rank.

  60. Lumayan dapat ilmu. Nyari blog yang satu niche dan ngebedain blog dofollow dan nofollow yang masih bingung mas, soalnya saya cuma pake hp.

  61. makasih udah bagi2 ilmunya mas
    page authority sama domain authority ente tinggi juga mas, cara naikinnya gimana?

    • Tidak ada trik khusus mas selain rajin blogwalking seperti yang dijelaskan di artikel ini dan juga tetap konsisten ngeblog dengan update artikel.

  62. saya datang ke blog ini dari google. blogwalking emang banyak manfaatnya, selain ningkatin seo juga ningkatin wawasan dari blog artikel yang kita kunjungi

  63. mantap nih informasinya, ane juga lagi rajin rajin blogwalking akhir akhir ini, sekalian menjalin tali silaturahmi antar blogger

  64. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

  65. Akhirnya jadi ngerti apa itu blogwalking. Terimakasi sudah menjalaskan. Infonya bagus dan bermanfaat.

  66. Terimakasih atas informasinya , alhamdulilah sya jdi ngerti apa itu blogwalking..sangat membantu sya bagi blogger pemula.. Terimakasih..

  67. Akhirnya jadi ngerti juga apa itu yang dinamakan blogwalking. Terimakasi atas penjelasanya gan. Infonya bagus dan bermanfaat banget.

  68. ternyata blokwalking sangat berguna juga ya gan. semoga sukses selalu gan, saya mau berkunjung ke blog yang lain :)

  69. Yang no #5 ane juga inginnya teratur, tapi terkadang ane malah bingung depan layar, mau blogwalking tapi ga tau harus kemana -_- Salam kenal gan :D

  70. Makasih gan infonya sangat membantu bagus buat belajar saya masih newbie nih jadi butuh banyak referensi :)

  71. Sangat..sangat.. bermanfaat artikelnya. suksess terus gan semoga tambah jaya terus salam kenal ya untuk semuanya

  72. Jangan lupa mampir juga ya gan di blog ane, kami siap sambut kedatangannya dengan ramah.. :) Suksess terus gan…

  73. Terima kasih atas infonya sangat membantu , jangan lupa mampir k blog saya. Terima Kasih

  74. Saya pengen tau gan, kalo meninggalkan komen make link aktif tidak boleh emagnya kenapa gan,,,kasih penjelasan ya, makasih?

    • Sebelum saya jawab, saya balik nanya dulu. Maksudnya apa coba meninggalkan link aktif di kotak komentar?

  75. ih serunya ya kawan kegiatan blogwalking, selain menambah wawasan kita merasakan banyak teman, ok salam kenal aja ya :)

  76. sering-sering buat blog walking ya? supaya alexa rank kurus ^^ .. alexa rank ane dalam sebulan ini gendut banget, masak bisa tambah 500k…

  77. Keren nih artikel.. Cuman masih agak bingung pada kalimat ‘link yang kita tinggalkan kabarnya akan menjadi backlink…’ Maksud ‘kabarnya’ tuh gmna ya? Sory bru blajar ngeblog :-D

    • Ya kabar mereka yang pintar-pintar dalam ilmu SEO mas … Hahaha Saya juga tidak tahu yang pastinya kalau kabar itu dari siapa :D

  78. masuk kesini dapet ilmu yang manfaat makasih artikelnya sangat membantu, dan artikel ini sangat sangat menambah pengalaman, maaf semuanya salm kenal ya aku masih dalam tahap belajar

  79. article yang bagus gan..
    trimaksih info nya..
    saya coba dulu saran nye..

    salam kenal saya dari pekanbaru gan,,

  80. sangat membantu infonya dan bermanfaat , dengan artikel ini jelas kita bisa mendapatkan ilmu baru sip banget dan terimakasih infonya

  81. Jadi tetep hati2 ya klo blog walking. jangan keseringan, jangan spam, jangan link aktif. jadi semakin hati-hati nih.

  82. blog walking lah ke blog yang bermanfaat dan sesuai dengan interest kita ^.^

  83. Thanks banget gan buat tips nya..
    boleh nanyak gak gan?

    kenapa untuk berkomentar saya harus menulis lebih dari 100 kata?

    • Untuk menghindari komentar yang hanya mengucapkan “say hello” aja gan. Mungkin dengan menerapkan sistem minimal 100 kata ini komentar-komentar akan banyak yang berkualitas.

  84. Bagus artikelnya.

    Banyak yang suka taruh link aktif dikomentar, ternyata cara itu gak bagus ya. Lebih baik tulis komentar yang berbobot dan dibaca artikelnya.

  85. Nice sharing Pak, selama ini saya punya blog dan juga menulis meski gak aktif2 banget saya sepelekan yang namanya blogwalking (pokoknya yang penting nulis deh, meski dengan alhasil cupu pembaca hehehe #merana bingits…) makanya tidak rame komen-nya seperti di blog agan ini :-), baru sekarang2 ini deh mau serius teratur silaturahim via blogwalking dan salah satunya nyari info dimari. Terimakasih berbagi tulisan baiknya :-)

  86. seep tips blogwalkingnya.. blogwalking memang banyak manfaatnya ya terutama meningkatkan seo selain yang pastinya menyambung silahturahmi.. dan pastinya harus dihindari untuk nyepam, karena blog sendiri juga ga akan mau di spamin, tentu begitu juga dengan blog lain. salam blogwalking..

  87. Baru tahu gan kalo kita meninggalkan link aktif itu ternyata merugikan…artikel bermanfaat..thenksss

  88. Artikel yang bagus, banyak pro dan kontra seputar backlink dari blogwalking ada yang bilang masih ngaruh tapi banyak juga yang bilang tidak berpengaruh, haduh jadi bingung..

  89. Mas kalau blogwalking ke website yang tidak ada website nya apakah juga termasuk blogwalking yang mendapatkan backlink ?

    • Kalau tidak ada kolom WEB pada kotak komentar maka tidak akan mendapatkan backlink gan. Cari blog yang ada kolom WEB di kotak komentarnya saja!

  90. Maaf mas apakah jika kita terlalu sering blogwalking open id atau seperti ini apa dianggap google spamer juga?.misalnya seperti ini.

    • Sepertinya tidak mas! Spammer dari unsur mana? Kecuali jika komentar OOT atau sering mencantumkan link aktif pada kotak komentar. Untuk link kan sudah disediakan pada kolom URL.

  91. Maaf masih baru nih gan. Masih kesulitan nyari blog yang satu niche. Tapi berkat artikel ini saya jadi lebih paham tentang blogwalking.

  92. Makasih atas info dan ilmunya…Semoga sukses selalu. Melalui Artikel anda, saya mendapatkan ide ide baru.

  93. terimakasih sangat membantu bagi blogger pemula, saya blogger pemula maksud dari komentar dengan link aktip itu apa yaa?? thank’s

    • Komentar dengan mencantumkan link aktif itu adalah diawal/ditengah/diakhir komentar mencantumkan “link aktif” yang mengarah ke blog/web tertentu. Buat apa mencantumkan link di kotak komentar, bukankah untuk link sudah disediakan di kolom URL?

  94. Gan kalau kolom komentarnya ga ada memasukan website itu berarti nofollow ya,,atau gimana?
    Kadang ada juga yang ga ngasih kolom komentar untuk niche olahraga,,kalau ada pun ya begitu ga ada input website kaya di artikel agan ini,,,

    Kalau misalkan di kooom komentarnya pake anchor text,,,itu sama juga ya mas tidak di perbolehkan?

  95. artikelnya sangat bermanfaat bagi blogger nubi seperti saya ini, semoga sukses ya min, dan lain kali share lagi trik seonya

  96. Sangat bermanfaat artikel nya gan, jdi tahu bagaimama blogwalking yg benar, ane newbie di dunia blog ,masih harus bnyak belajar nih.heheee

  97. udah lama punya blog, cuma menyalurkan hobi nulis aja, iseng-iseng nyari tentang blog walking.. jadi paham kurang lebih maksudnya
    nice share :)

  98. untuk blog walking ini memberi dampak yang signifikan ga sih gan ke blog kita…? kl iya seh mgkn akan sering sering komen di blognya temen-temen..\ tp info dari artikel ini bs memberi masukan untuk newbi sprti saya

  99. Nice Topik gan,
    cari tahu sekarang !! bagaimana cara membuat website tampil di halaman 1 google. buktikan sendiri ya guys…..
    thankyou very much

  100. Rino susanto

    Saya adalah blogger pemula yang sangat baru , saya sering mempromosikan blog maupun video youtube saya , mengikuti blog walking , tapi sayang nya respon mereka kecil , ketika saya berkomentar di artikel orang lain yang meminta blog walking di facebook , tetapi mereka tidak berkunjung balik , ada perasaan tertipu dan lain sebagainya .

    Saya sempat menggunakan aplikasi like4like untuk menambah komentar saya , tetapi komentar yang di dapat sangat tidak relevan dengan blog saya ,

    Karena banyak nya kejadian dan setelah membaca beberapa artikel , saya menemukan formula yang pas untuk memastikan bahwa blogger pemula mendapat kunjungan dan komentar relevan di blog nya ,

    Formula saya tersebut saya beri nama blog walking kompetition , yang berarti kompetisi menjadi blog walking , inti dari blog walking kompetition adalah bergantian memberi komentar , semakin sering memberi komentar dan di beri komentar , saldo mereka akan tetap . Sehingga akan terbentuk mereka berlomba-lomba memberi komentar .

    Saya mengharap saran dari bapak mengenai program tersebut , semoga kedepan nya hal ini dapat memberi motivasi dan jalan kepada blogger pemula ,

    Selengkapnya mengenai blog walking kompetition :
    blogwalkingcompetitionblogspotcom

    Hormat saya

    Rino susanto

  101. ane udah lama punya blog, tapi gak pernah melakukan aktivitas blogwalking.. setelah membaca artikel ini baru tahu manfaatnya blogwalking .. artikel yang bermanfaat untuk blogger awam seperti ane, sukses selalu gan

  102. Untuk komentar di blog lain apa harus dengan niche yang relevan gan ?
    Saya adalah blogger pemula yang sangat baru , saya sering mempromosikan blog maupun video youtube saya , mengikuti blog walking , tapi sayang nya respon mereka kecil , ketika saya berkomentar di artikel orang lain yang meminta blog walking di facebook , tetapi mereka tidak berkunjung balik , ada perasaan tertipu dan lain sebagainya .

  103. Wah jadi nambah wawasan nih, maklum saya pemain baru didunia blog dan belum begitu tahu tentang Blogwalking.
    Terima Kasih informasinya mas, sangat bermanfaat sekali bagi saya.

  104. terima kasih banyak kak, artikelnya sangat membantu untuk menaikan pengunjung web jualan saya sukses selalu
    salam ^_^

  105. makasih kak sangat berguna buat jualan saya terus mau nanyain page rank kak, mohon penjelasannya, saya masih pemula soalnya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *