Home / WordPress / Maksimalkan Penghasilan AdSense Dengan Blokir Akses Blog Dari UC Browser

Maksimalkan Penghasilan AdSense Dengan Blokir Akses Blog Dari UC Browser

Cara Blokir Akses Dari UC Browser – Awalnya saya tidak tahu kalau peramban yang berasal dari China ini adalah “musuh blogger”. Kenapa bisa dikatakan musuh blogger? Pasalnya pada UC Browser telah disematkan sebuah ekstensi yang mempunyai fungsi untuk blok iklan. UC Browser telah menanamkan ekstensi Ad Blocker didalamnya. Ekstensi ini tugasnya adalah untuk tidak menampilkan iklan apapun pada blog. Bagi pengguna internet tentunya ini bisa menjadi kabar baik. Mereka dapat mengakses blog atau website yang bersih tanpa iklan. Namun justru bisa dikatakan musibah bagi seorang blogger. Terutama blogger yang hanya mencari pundi-pundi recehan dollar dari iklan seperti Google AdSense.

Baca Juga : 4 Solusi Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun Disebabkan GoogleWeblight

Saya baru sadar kalau UC Browser memiliki ekstensi Ad Blocker adalah setelah pernah iseng-iseng buka blog Info Menarik di peramban tersebut. Dan memang jenis iklan apapun termasuk iklan AdSense tidak muncul di UC Browser. Sebagai seorang publisher tentunya akan kesal.

Tidak dapat dipungkiri kalau saat ini pengguna UC Browser telah banyak terutama pengguna smartphone seperti Android. Mungkin ini salah satu sebab penghasilan AdSense terus menurun padahal dilihat dari statistik pengunjung blog terus meningkat.

Solusi satu-satunya adalah maka kita harus memblokir UC Browser. Artinya agar pengunjung agar tidak bisa mengakses blog dari browser asal Tiongkok ini.

Bukankah dengan meningkatnya pengunjung maka bandwith hosting akan cepat habis? Masalahnya tidak mengapa jika sebanding dengan penghasilan iklan yang kita dapat.

Berikut Cara Blokir Akses Dari UC Browser Dengan .htaccess

Banyak cara untuk blokir UC Browser khusus WordPress. Disini kita tidak perlu menggunakan plugin. Meskipun banyak caranya, namun disini saya hanya akan membahas satu cara saja dulu, yaitu melalui .htaccess. Untuk cara lainnya, Insya Allah akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Untuk blokir UC Browser dari .htaccess pertama Anda sematkan kode berikut didalam .htaccess :

#UC Browser start
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^.*UCWEB.*$ [OR]
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^.*UCBrowser.*$ [NC]
RewriteRule .* slowdown.htm [L]
#UC Browser end

Untuk menuju ke halaman .htaccess, bisa melalui cPanel atau dari plugin SEO by Yoast.

Tidak cukup sampai disitu, karena jika Anda hanya menerapkan kode diatas maka nanti pengunjung akan kebingungan. Masalahnya kode tersebut adalah akan menampilkan halaman blog yang kosong. Bisa jadi nanti pengunjung akan kapok datang lagi ke blog Anda.

Sebaiknya Anda pasang pemberitahuan juga pada halaman kosong tersebut semacam halaman maintenance. Contohnya ketika pengunjung membuka halaman Info Menarik maka akan tampil seperti ini :

Pemberitahuan yang isinya bahwa peramban yang digunakan pengunjung kurang baik. Kita perintahkan pengunjung agar mengakses blog dari browser Chrome.

Untuk membuat pemberitahuan seperti itu, silakan copy paste kode berikut pada Notepad :

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
&nbsp;
<h2 style="display: block; margin-left: 30px; margin-right: 30px;">Maaf, sistem keamanan kami mendeteksi bahwa browser yang Anda gunakan tidak bisa membuka situs ini dengan baik. Silakan akses situs ini dengan menggunakan browser lain. Kami menyarankan untuk menggunakan Chrome.</h2>
&nbsp;
</body>
</html>

Silakan Anda sesuaikan lagi sendiri dengan kebutuhan. Agar tampilan lebih baik, Anda juga bisa menambahkan warna latar belakang (backgroud), jenis huruf, dan sebagainya.

Dari halaman Notepad, Anda simpan dengan dengan file name slowdown.htm kemudian upload pada root public_html cPanel :

Untuk menyimpan pemberitahuan didalam root public_html cPanel, caranya bisa Anda lihat pada artikel Cara Membuat Maintenance Di WordPress Tanpa Plugin

Ok mungkin artikel Cara Blokir Akses Dari UC Browser dicukupkan sekian. Untuk cara lainnya akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Wow, mau nggak mau yang pake browser UC di hanphone harus pindah ke chrome atau browser bawaan smartphonenya sendiri.

    Ijin mempraktekkan tips ini karena memang sebagai pengguna GA jika ada yang menggunakan plugin adblock sama saja membuat tampilan web kosong melompong. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *