Home / Teknologi / Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya

Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya

Cara Cek Hardisk & Memperbaikinya Melalui CMD – Hardisk adalah komponen perangkat keras (hardware) komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan seluruh data komputer. Biasanya bentuk hardisk berupa kotak yang didalamnya terdapat piringan untuk menyimpan data. Seluruh data yang disimpan didalam hardisk bersifat permanent. Artinya walaupun komputer dimatikan atau tidak digunakan dalam waktu lama maka data tersebut tidak akan hilang. Hilangnya data didalam hardisk hanya bisa dilakukan secara manual oleh pengguna dengan cara menghapus atau memformatnya.

Baca Juga : Info Menarik Harga Hardisk Baru Paling Baik

Peranan hardisk di komputer atau laptop sangatlah vital dan sangat tidak mungkin komputer akan bisa dijalankan tanpa adanya hardisk. Operasi Sistem yang merupakan sebagai pengendali komputer agar bisa dijalankan disimpannya didalam hardisk. Maka dari itu melihat sangat pentingnya peranan hardisk di komputer atau laptop maka disarankan agar selalu memeriksa kondisi hardisk yang kita gunakan. Komputer tanpa hardisk maka bisa dibilang percuma saja karena komputer sama sekali tidak bisa dioperasikan.

Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD (1)

Namanya barang elektronik apalagi jika kita gunakan terus menerus setiap hari maka kondisinya pasti akan mengalami kerusakan. Begitupun juga dengan hardisk komputer pasti suatu saat akan rusak dan bahkan sama sekali akan tidak bisa digunakan lagi. Namun semua itu tidak serta merta terjadi begitu saja tanpa adanya sebab terlebih dahulu. Walaupun ada juga sebagian kecil kasus kerusakan terjadi begitu saja karena kegagalan produk atau yang lainnya, namun hal ini jarang. Umumnya kerusakan pada hardisk bisa terjadi karena kesalahan pengguna atau masalah gangguan listrik.

Baca Juga : Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Biasanya tanda-tanda kondisi hardisk bermasalah adalah kinerja komputer semakin lambat. Walaupun penyebab kecepatan komputer menurun tidak bisa memvonis bahwa hardisk bermasalah namun ada juga akar permasalahnnya dari hardisk. Kasus lain kondisi hardisk sudah rusak adalah tidak bisa dipartisi, tidak bisa diformat, komputer mendadak mati, tidak bisa copy paste data, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows

Kesimpulannya jika kondisi hardisk komputer atau laptop sudah bermasalah maka kinerja komputer akan menjadi tidak normal seperti pada ketika hardisk baik-baik saja. Dan kita sebaiknya jangan membiarkan kondisi hardisk seperti ini jika kita tidak ingin kehilangan data-data penting yang tersimpan didalam hardisk. Tidak menutup kemungkinan jika sudah muncul tanda-tanda bermasalah hardisk lalu kita membiarkannya maka hardisk akan mati total.

Berikut Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Atau Laptop Melalui Command Prompt (CMD)

Sebetulnya jika kita ingin memeriksa kondisi hardisk secara menyeluruh dan akurat maka kita meski menggunakan software khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak software gratis untuk cek kondisi hardisk sekaligus memperbaikinya. Diantaranya software yang paling sering digunakan orang-orang untuk keperluan hardisk seperti cek kondisi hardisk, memperbaiki hardisk, partisi hardisk, format hardisk, adalah menggunakan Hiren’s BootCD.

Baca Juga : Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD

Namun tahukah Anda bahwa untuk sekedar cek kondisi hardisk komputer kita bisa memanfaatkan fitur bawaan OS Windows yaitu dengan Command Prompt. Ya melalui Command Prompt atau CMD kita bisa memeriksa kondisi hardisk apakah bermasalah atau tidak.

Caranya cukup mudah, silakan Anda buka layar kerja Command Prompt (CMD) Windows dari Run dengan mengetikkan CMD > Enter. Kemudian Anda ketik kode perintah wmic diskdrive get status dan tekan Enter. Kalau kondisi hardisk komputer Anda tidak bermasalah maka laporannya akan muncul status OK. Status OK ini akan tampil tergantung jumlah harddrive komputer Anda. Namun jika yang tampil bukan status OK maka itu pertanda hardisk Anda sudah bermasalah dan disarankan untuk segera melakukan backup data.

Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD (2)

Sebetulnya dengan Command Prompt (CMD) ini kita bisa juga melakukan perbaikan yang terdapat pada hardisk. Walaupun dibanding dengan software Hiren’s BootCD masih lengkap fiturnya menggunakan software tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba memperbaiki hardisk dengan CMD.

Umumnya hardisk bermasalah karena adanya bad sector. Kasus bad sector ini dibagi menjadi dua yaitu bad sector fisik dan bad sector software. Nah yang akan kita perbaiki pada kasus bad sector ini adalah bad sector atau kerusakan secara software. Karena bad sector fisik kita harus mempunyai keahlian khusus dalam memperbaikinya.

Untuk memperbaiki hardisk bad sector software menggunakan CMD caranya sangat mudah. Anda buka dulu layar kerja Command Prompt seperti yang sudah saya intruksikan diatas kemudian Anda ketik kode perintah chkdsk /r /f e: dan tekan Enter. Kode chkdsk adalah kode perintah untuk pengecekan kondisi hardisk. Lalu kode /r adalah untuk memindahkan kondisi bad sector hardisk. Kemudian kode /f berfungsi untuk memperbaiki setiap bad sector yang ditemukan. Terakhir kode e adalah untuk memperlihatkan partisi hardisk komputer atau penentuan partisi mana yang akan diperbaiki.

Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD (3)

Jika tidak berhasil dengan menggunakan trik diatas atau kondisi hardisk masih saja tetap bermasalah, disarankan Anda menggunakan software Hiren’s BootCD saja. Silakan download di website resminya lalu burning ke CD/DVD dan jalankan.

Ok mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Cek Kondisi Hardisk Melalui CMD Sekaligus Memperbaikinya. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan kondisi hardisk komputer atau laptop Anda menjadi normal. Jangan pernah malas untuk memeriksa kondisi hardisk dan juga rajinlah untuk selalu melakukan backup data penting.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. masalah gangguan listrik bisa jadi penyebab hardisk rusak ya ? biaya untuk betulin nya tidaklah murah hardisk ini, jadi harus hati2 dalam penggunaan komputer nya.

  2. terima kasih gan, sudah lama cara artikel seperti ini. artikelnya sangat membantu. Akhirnya jadi tau cara ngecek hard disk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *