Home / Photoshop / Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop – Terkadang kita dituntut untuk membuat foto menjadi hitam putih. Misalnya foto hitam putih tersebut untuk melengkapi berkas lamaran pekerjaan, melanjutkan sekolah, dan lain-lain. Padahal yang kita punya adalah foto berwarna. Lalu bagaimana agar foto berwarna tersebut dirubah menjadi foto hitam putih tanpa harus melakukan pemotoan lagi? Tidak ada cara lain lagi, selain kita harus mengeditnya foto berwarna tersebut menggunakan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Nah disini saya akan berbagi cara tersebut yaitu cara membuat foto hitam putih yang awalnya adalah foto berwarna menggunakan Photoshop.

Baca Juga : Cara Menghaluskan Wajah Dengan Smart Blur

Bagi yang berprofesi dalam bidang desain grafis yang sehari-harinya adalah edit foto. Tentunya suatu saat akan ada permintaan pelanggan agar fotonya menjadi hitam putih. Karena saat ini foto hitam putih (black white) masih sering digunakan contohnya digunakan untuk foto ijazah. Cara mudah dan cepatnya memang ketika sedang melakukan pemotoan, setting warna di kamera menjadi hitam putih. Nanti kita tinggal cetak saja foto tersebut. Namun jika pelanggan tidak mau di foto lagi kemudian hanya memberi foto berwarna yang sudah jadi, maka kita harus mengeditnya menggunakan program Photoshop.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 1

Berikut Cara Paling Cepat Membuat Foto Hitam Putih Awalnya Foto Berwarna Menggunakan Photoshop

Untuk membuat foto hitam putih di Photoshop sebenarnya mudah kita lakukan. Kita hanya membutuhkan satu langkah saja untuk merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih. Kemudian apa saja yang meski kita persiapkan untuk membuat foto hitam putih ini? Tidak banyak peralatan yang harus disiapkan, pertama foto berwarna yang akan dirubah warnanya kedua program Photoshop. Namun jika foto yang akan dijadikan hitam putih tidak tersimpan di komputer, maka tentunya kita membutuhkan alat scan. Fungsinya untuk memindai foto agar tersimpan di dalam komputer dan selanjutnya kita rubah warnanya menjadi foto hitam putih.

Kalau untuk sekedar praktek dalam membuat foto hitam putih disini, saya sudah mempersiapkannya. Silakan Anda unduh dulu pada link yang sudah disediakan di bawah ini :

Dan berikut foto yang akan dijadikan praktek dalam membuat foto hitam putih kali ini. Foto berikut sesuai dengan yang Anda unduh diatas.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 2

Silakan buka foto tersebut di program Photoshop dan disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS 3.

Setelah berhasil dibuka fotonya di Photoshop, sesuai dengan materi ini kita akan merubah foto berwarna tersebut menjadi foto hitam putih. Maka caranya adalah kita cukup membuka menu Images > Adjustments > Black & White…

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 3

Sekarang dihadapan kita adalah kotak dialog Black & White. Kita sesuaikan parameternya dengan keadaan foto.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 4

Namun tanpa melakukan perubahan sedikitpun pada parameter Black & White, saya rasa sekarang foto sudah berubah warnanya menjadi hitam putih. Jika malas merubahnya, biarkan pengaturan bawaan (default) saja dan klik OK.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 5

Langkah cepatnya untuk masuk ke kotak dialog Black & White, kita bisa memanfa’atkan fasilitas Keyboard Shortcuts… Caranya cukup menekan Alt+Shift+Ctrl+B secara bersamaan lalu tekan Enter. Maka bereslah sudah membuat foto hitam putih di Photoshop ini. Bagaimana mudah dan cepat bukan?

Tahap selanjutnya bagaimana kalau kita menginginkan yang hitam putihnya adalah cuma background fotonya saja? Atau mungkin sebaliknya, artinya yang hitam putih adalah orangnya dan background tetap berwarna. Jika memang demikian yang kita inginkan, maka kita perlu melakukan teknik-teknik khusus lagi. Dan mungkin ini membutuhkan waktu agak lama, kecuali jika kita sudah mahir melakukannya.

Sebelum dirubah foto menjadi hitam putih, pertama buat dulu duplikat layer setelah kita membuka fotonya di Photoshop. Untuk menduplikat layer atau foto, gunakan cara cepat saja yaitu tekan Ctrl+J pada keyboard.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 6

Kemudian hilangkan gambar mata (Indicates layer visibility) pada layer Background.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 7

Sekarang aktifkan Layer 1 atau layer hasil duplikat dari layer Background tadi. Seleksi foto untuk memisahkan antara objek gambar dan objek background. Untuk menyeleksi foto kita bisa menggunakan fasilitas Filter Extract seperti yang sudah saya tulis di artikel Cara Mengganti Background Foto Dengan Extract.

Namun disini saya akan menyeleksi foto menggunakan cara lain, yaitu menggunakan Polygonal Lasso Tool. Kita aktifkan tool tersebut dengan cara cepat menekan huruf L pada keyboard. Lakukan seleksi pada foto sampai selesai.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 8

Jika menyeleksi foto sudah selesai dilakukan dengan sempurna, tekan Delete pada keyboard. Hal ini jika kita ingin membiarkan background foto berwarna. Namun jika yang kita inginkan background dirubah menjadi hitam putih, dan orangnya tetap berwarna maka kita harus membalikkan dulu posisi seleksi gambar. Caranya klik kanan (mouse) ditengah seleksi lalu pilih atau klik Select Inverse. Terakhir tekan Delete pada keyborad untuk menghapus background foto.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 9

Kemudian aktifkan lagi gambar mata pada Layer Background (Indicates layer visibility) dan pilih Layer Background.

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 10

Lakukan perubahan hitam putih seperti langkah awal diatas yaitu dengan menekan Alt+Shift+Ctrl+B pada keyboard secara bersamaan dan tekan Enter. Berikut hasilnya :

Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop 11

Bagaimana apakah Anda sukses melakukannya? Selamat mencoba tutorial Cara Cepat Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop. Semoga tidak menemukan kesulitan dalam membuatnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. kalo fotonya dibikin hitam-putih terkesan kaya foto lama ya mas.hehe
    tapi tetep bagus sih meskipun foto dibikin hitam putih, entah kameranya yang bagus atau modelnya yang cantik.hehe :)

    • Iya mas betul, foto akan kelihatan lebih unik jika dibuat hitam putih. Foto hitam putih ini masih sering digunakan saat ini …

  2. Wah jadi keren hasilnya mas, kalau sy ga sabaran pas misahin objek sama backgroundnya jadi hasilnya ga halus :) keliatan gradakan pinggirannya

  3. untuk mengubah foto berwarna merupakan hal yang sangat sederhana, karena biasanya filter di kamera ponsel pun dapat melakukanya. namun jika melakukanya dengan photoshop itu akan membuat para newbie bingung sendiri gan.
    Mungkin cara diatas sudah mudah ya gan,tapi menurut ane cara yang paing mudah adalah dengan CTRL+SHIFT+U.
    dengan cara tersebut hanya perlu 1 detik untuk membuat gambar hitam putih.

  4. thanks mas tutorialnya photosopnya sangat bermanfaat, tepat sekali lagi butuh cara untuk edit foto menjadi hitam putih

  5. Sangat menarik gan dan ini perlu dipelajari,, terima kasih… saya sedang mempelajari teknik ini dan tentu butuh referensi yang banyak dan kini bisa mengoperasikan microsoft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *