Home / Microsoft Office / Cara Cepat Mengubah File Excel ke PDF Tanpa Memerlukan Software Lain

Cara Cepat Mengubah File Excel ke PDF Tanpa Memerlukan Software Lain

Cara Cepat Mengubah File Excel ke PDF – Salah satu kelebihan menyimpan file dalam format PDF adalah dapat dibuka dimana saja, tanpa mengubah susunan dan komposisi dokumen tersebut. Format PDF juga menghemat ruang penyimpanan perangkat Anda, dikarenakan ukuran file yang tidak begitu besar. Tidak hanya dokumen Word saja, dokumen Excel juga bisa disimpan dalam format PDF. Berikut adalah bagaimana cara cepat mengubah file Excel menjadi file PDF.

Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran PDF, Kompres PDF Secara Offline Dengan NitroPDF

Cara Cepat Mengubah File Excel Ke PDF

Mengubah file Excel ke dalam bentuk PDF memang memiliki banyak kelebihan. Terutama jika Anda ingin mencetaknya atau membagikan hasil kerja Anda kepada orang lain. Karena file PDF bisa dibuka di platform mana saja bahkan di smartphone Anda tanpa harus menginstall aplikasi Microsoft Office terlebih dahulu.

Dengan mengubah file dokumen menjadi file PDF, maka file Anda juga dipastikan akan aman karena format PDF memungkinkan Anda mengamankan file Anda dengan memberinya password. Meski menyimpan file PDF akan menyulitkan Anda untuk mengedit jika ada kekurangan.

1. Mengubah File Excel Ke PDF Langsung Melalui Microsoft Excel

Untuk mengubah Excel ke PDF atau men-covertnya langsung dari Microsoft Excel perlu Anda ingat bahwa hanya bisa dilakukan pada platform Windows 8 ke atas. Caranya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Disini kita akan menggunakan Microsoft Excel 2010. Dan juga perlu diingat, bahwa file yang sudah diformat ke bentuk PDF akan tetap menjaga keaslian File Excel asli Anda, jadi tidak bisa dikembalikan lagi ke bentuk Excel dan juga tidak bisa diedit atau diubah-ubah lagi.

Berikut ini langkah-langkah men-convert dokumen Excel ke bentuk PDF :

  1. Bukalah file Excel yang ingin Anda ubah ke bentuk PDF;
  2. Pilihlah lembar kerja yang ingin Anda ubah ke bentuk PDF dengan cara di block terlebih dahulu atau memakai page break. Namun jika Anda ingin mengubah semua lembar kerja Excel Anda, cara ini tidak perlu Anda lakukan;
  3. Klik menu File;
  4. Klik menu Save and Send;
  5. Klik Create PDF/XPS Document;
  6. Klik Save as PDF;

Jika Anda menggunakan Microsoft Excel 2008, berikut adalah urutan tatacaranya :

  1. Bukalah file Excel yang ini Anda ubah ke bentuk PDF;
  2. Pilihlah lembar kerja yang ingin Anda ubah ke bentuk PDF dengan cara di block terlebih dahulu atau memakai page break. Namun jika Anda ingin mengubah semua lembar kerja Excel Anda, cara ini tidak perlu Anda lakukan;
  3. Klik menu File;
  4. Kemudian klik Menu Export;
  5. Klik menu Save and Send;
  6. Klik Create PDF/XPS Document;
  7. Klik Save as PDF;

Jika Anda ingin mengubah semua file Excel Anda langsung ke bentuk PDF, Anda bisa menggunakan menu drop down Save As Type di menu Save As dengan memilih format PDF. Namun jika Anda juga ingin mengubah pada bagian tertentu Anda tetap bisa melakukannya. Yakni dengan meng-klik menu Options. Disitu Anda bisa menentukan bagian mana saja yang ini Anda rubah menjadi PDF.

2. Mengubah File Excel Ke PDF Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika mengubah file Excel ke PDF melalui Microsoft Excel langsung hanya bisa dilakukan untuk Office 8 ke atas, lantas bagaimana yang masih menggunakan Microsoft Office 8 ke bawah?

Tenang, untuk Anda pengguna Microsoft Office 2007, Anda bisa menginstall Add-ins Microsoft yang bisa Anda unduh secara online dari situs resmi Microsoft.

Anda tak perlu khawatir karena Add-ins ini berukuran sangat kecil kurang dari 1MB dan aman. Jadi tidak akan ada masalah pada Microsoft Office Anda. Anda juga cukup melakukan langkah ini sekali saja, selanjutnya pada Microsoft Excel maupun aplikasi Microsoft Office Anda lainnya akan keluar menu Create PDF/XPS Document pada pilihan menu Save As. Kemudian lakukanlah langkah-langkah yang sama seperti langkah-langkah di atas.

Silakan download terlebih dahulu aplikasi tambahan Save As PDF and XPS

Sebetulnya cara ini sudah pernah saya bahas pada artikel Cara Membuat File PDF Dengan Menambah Ekstensi PDF Di Microsoft Office Word.

Setelah Add-ins Microsoft Save As PDF and XPS sukses Anda download dan install di komputer, cara menggunakannya cukup mudah. Ketika Anda ingin mengubah file Excel ke file PDF langsung Anda buka file Excel yang ingin diubah kemudian klik pilih Ribbons Office Button dan sorot Save As.

Kemudian klik pilih PDF or XPS, lihat gambar di bawah :

Pilih Save as type PDF kemudian klik pilih Publish

Selain bisa menggunakan cara diatas, Anda juga bisa mengubah dokumen Excel Anda ke bentuk PDF melalui aplikasi PDF Converter baik secara offline atau online.

Demikian tadi Cara Cepat Mengubah File Excel ke PDF. Mengubah file Excel ke PDF memang akan memudahkan Anda karena format PDF akan menjaga keaslian dan keamanan hasil kerja Anda. Namun jangan lupa bahwa file Excel yang sudah Anda rubah ke PDF tidak akan bisa dikembalikan ke bentuk Excel dengan mudah. Nah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.