Home / WordPress / Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager

Cara Compress File WordPress – Pada kesempatan baik ini saya akan coba membahas bagaimana cara compress file WordPress yang dilakukan melalui cPanel File Manager. Cara ini sering dilakukan jika kita ingin backup file WordPress. Karena tanpa melakukan compress terlebih dahulu maka file tidak akan bisa di download untuk kita simpan di komputer.

Baca Juga : Cara Mudah Disable Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting

Cara compress file WordPress ini termasuk penting kita ketahui apabila WordPress yang kita gunakan adalah domain self hosted. Tutorial ini sangat cocok bagi Anda yang hendak migrasi dari WordPress.com ke WordPress.org. Atau mungkin juga dari Blogspot.com ke WordPress.org. Dan tentunya tempat menyimpan database WordPress Anda adalah menggunakan shared hosting bukan virtual server (VPS).

Kegiatan compress mengcompress akan sering kita lakukan. Salahsatunya adalah untuk antisipasi seluruh file WordPress kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya seperti yang sudah saya singgung diatas adalah untuk kegiatan backup file WordPress.

Berikut Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager

Pertama silakan Anda login terlebih di cPanel shared hosting menggunakan akun cPanel yang Anda miliki. Setelah berhasil login Anda klik pilih File Manager.

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager 0

Pada File Manager Directory Anda pilih Web Root (public_html/www) dan klik pilih Go.

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager 1

Cari file WordPress yang akan Anda compress dan biasanya seluruh data penting file WordPress terdapat di public_html. Disini saya akan memberikan contoh compress file yang ada di direktori wp-content.

Jika kita ingin melakukan compress file hanya beberapa file saja, misal kita akan memilih file plugin dan uploads maka cara memilihnya adalah sambil menekan Ctrl pada keyboard.

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager 2

Namun jika kita ingin compress seluruh file yang ada didalam direktori wp-content maka melakukannya mudah saja. Anda tinggal memilih Select All maka semua file akan terblok/terpilih.

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager 3

Setelah menentukan file atau folder yang akan kita compress, sekarang Anda klik Compress. Lihat gambar!

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager 4

Disini Anda perlu memilih jenis compress atau format Zip Archive dan Anda klik pilih Compress File. Tunggu beberapa saat! Karena sekarang cPanel sedang mengerjakan compress file.

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager 5

Jika sudah selesai proses compressnya maka akan terbuat sebuah file zip baru dengan nama file sesuai dengan yang telah kita tentukan tadi. Disini karena saya memberi contoh compress seluruh file yang ada di wp-content maka nama file zipnya adalah wp-content.zip.

Sudah selesai! Sekarang jika Anda ingin download file yang telah Anda compress, Anda tinggal memilih file format zip kemudian klik pilih Download. Dengan begitu jika proses download telah selesai, sekarang file compress tersebut akan tersimpan didalam komputer Anda.

Cara Compress File WordPress Melalui cPanel File Manager 6

Bagaimana mudah bukan? Silakan Anda coba praktikkan dan semoga tulisan Cara Compress File WordPress ini ada manfaatnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *