Home / EPS-Topik Korea / Cara Daftar Dan Menjadi Member EPS-Topik [Update]

Cara Daftar Dan Menjadi Member EPS-Topik [Update]

Cara Daftar Dan Menjadi Member EPS-Topik – Terdaftarnya CTKI Korea yang lulus ujian EPS-Topik di Akun EPS-Topik merupakan hal yang wajib. Kenapa bisa dikatakan wajib? Karena jika CTKI sudah terdaftar dan menjadi member EPS-Topik maka senantiasa akan bisa memantau kemajuan data sendingnya.

Baca Juga : CBT Simulator EPS-Topik PBT 2013

CTKI jika sudah terdaftar dan menjadi member EPS-Topik maka CTKI tidak akan lagi menggantungkan dirinya kepada LPK. Karena cukup memantau akun EPS-Topik saja. Selain selalu rajin memantau akun EPS-Topik, disarankan CTKI selalu memantau web BNP2TKI.

Sekarang daftar dan menjadi member EPS-Topik hanya yang lulus ujian saja. CTKI yang tidak lulus ujian EPS-Topik namun ingin mengetahui nilai ujian, bisa melihat caranya pada Cara Mengetahui Nilai Ujian EPS-Topik Di WEB HRD-Korea.

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu cara daftar dan dan menjadi member EPS-Topik. Saat ini daftar EPS-Topik bisa kita lakukan dari seluruh media browser. Jika dulu daftar akun EPS-Topik hanya bisa menggunakan media browser Internet Explorer. Namun saat ini Anda bisa daftar akun EPS-Topik menggunakan browser lain selain Internet Explorer seperti Firefox, Safari, Chrome, Opera Mini, dan lain-lain.

Dari media browser yang Anda gunakan, selanjutnya Anda pergi ke web www.eps.go.kr. Lalu klik Sign Up untuk memulai pendaftaran.

Dihalaman mendaftar yang pertama, terdapat dua pilihan. Tapi contoh disini saya menggunakan pilihan kesatu. Karena rata-rata CTKI Korea adalah pemula. Artinya ketika daftar ujian menggunakan KTP bukan Passpor.

Maka dari itu pilih opsi pertama “Identitas EPS-TOPIK + nomer paspor atau nomer kartu Identitas Negara” setelah itu klik “Selanjutnya”.

Di halaman mendaftar kedua Anda isi data EPS-TOPIK* dengan benar (contoh disini menggunakan tanggal lahir). Lalu seperti yang sudah saya bahas pada langkah sebelumnya, kolom kedua pilih opsi ID Card No*. Artinya Anda isi dengan nomor KTP yang sama ketika Anda daftar ujian EPS-Topik. Jika Anda rasa sudah benar pengisiannya klik Selanjutnya.

Khusus untuk CTKI yang belum tahu apa itu nomor EPS-TOPIK? Nomor EPS-Topik adalah gabungan dari Nomor Peserta yang sudah digabung dengan nomor registrasi. Biasanya akan kita ketahui dari daftar kelulusan EPS-Topik yang diumumkan oleh HRD-Korea atau BNP2TKI.

Nomor Registrasi/No Ujian pada gambar diatas adalah Nomor EPS-Topik yang Anda dapatkan di pengumuman daftar peserta yang lulus dan tidak lulus ujian EPS-Topik. Biasanya ini didapatkan di web BNP2TKI. Nah, nomor tersebut yang Anda masukkan di kolom EPS-TOPIK* seperti langkah kedua diatas.

Jika Anda sudah paham, baiklah kita lanjut tutorialnya. Pada langkah selanjutnya Anda diminta untuk menyetujui segala kebijakan akun EPS-Topik. Untuk mempercepat proses, Anda checklist saja I Agree semuanya kemudian klik Selanjutnya.

Di halaman Mendaftar selanjutnya, Anda isi semua kolom pendaftaran terdiri dari : Login ID* Sandi* dan Ketik Ulang Sandi*. Usahakan Anda mengisi data yang benar-benar mudah untuk diingat. Karena selanjutnya data ini Anda gunakan untuk Login ke akun EPS-Topik. Kemudian Anda juga harus mengisi kolom email. Email ini akan Anda gunakan ketika nanti Anda lupa password/kata sandi dimana kata sandi baru (reset) akan dikirim ke email terdaftar. Untuk itu silakan gunakan alamat email aktif yang bisa diakses. Jika sudah beres klik Daftar/Register.

Selesai sudah daftar dan menjadi member EPS-Topik. Silakan Anda test akunnya, apakah sukses atau tidak? Anda kembali pada halaman awal Foreign Worker Service kemudian lakukan Login disana dengan Login ID dan Password yang tadi telah Anda buat.

Mungkin sementara hanya itu tulisan tentang Cara Daftar Dan Menjadi Member EPS-Topik. Mungkin tulisan selanjutnya akan saya terangkan dengan rinci tampilan setelah Anda berhasil login akun EPS-Topik.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Check Also

Download Penjelasan Seleksi Sistem Point Test EPS-Topik Manufaktur Dan Fishing

Seleksi Sistem Point Test EPS-Topik – Demi lebih meningkatkan lagi kualitas Tenaga Kerja Indonesia di …

14 comments

  1. Gan eps-topik apa ya? Ane ngga tau.

    kalo ane belum ikut blk sama daftar di bn2tki. Ane bisa ikut eps-topik
    terimakasih gan

    • Semuapun bisa mengikuti program ini, kuncinya hanya lulus ujian Bahasa Korea mas. Sederhananya EPS-Topik itu adalah nama sistem Program Kerja ke Korea.

      • Gan padu waktu memasukan tanggal lahir gimana,pakai spasi atau strip makasihh ☺☺☺☺

        • Tanggal lahir jangan pakai spasi dan strip tapi format penulisannya adalah YYYYMMDD. Contoh jika agan lahirnya tanggal 01 Maret 1990 menjadi 19900301.

  2. Gan knapa gak bisa daftar ya? Saat setelah mengisi nomor epstopik sama id card no. – >ok – >Muncul poopup “hanya mereka yang lulus saja yang berhak mendaftar” padahal nama ku udah aku cek ada diweb hrdkorea.

  3. mas saya sdh daftar jd anggota..klo ingin liat kolom2 data kita setelah sending hrs pilih tulisan yg mana ya??lanjutanya tampilan ini mn mas

  4. Gan, kalau kita cuma mau ikut tes TOPIK tanpa menjadi CTKI bisa? Hanya untuk mendapatkan sertifikat kelulusan TOPIK. Mohon penjelasannya ya Gan, thanks.

    • Boleh gan. Kalau hanya untuk mendapatkan Sertifkkat EPS-Topik tanpa akan melanjutkan ke tahap berikutnya diperbolehkan!

  5. Oh bisa juga ternyata. Thanks ya gan atas infonya. Saya cari-cari info TOPIK tapi selalu mengarah ke EPS-TOPIK untk CTKI, jadi saya kira hnya untuk CTIKI aja. Sekarang jadi paham :).

  6. gan,kalo kita ingin tahu ujian cbt eps topik kita lulus atau tdkny bisa lwt eps topik ga,carany gmn??apa harus ngu pgumumn kelulusan dr bnp2tki dulu??

    • Untuk mengetahui kelulusan EPS-Topik selain menunggu pengumuman resmi di BNP2TKI, silakan mas buat akun EPS-Topik. Caranya bisa dilihat pada artikel ini.

  7. Gan lanjutannya gimana saya udah lulus buat akun bisa log in tapi isinya masih kosong kira kira kenapa ya gan….mohon kasih info setelah log in harus apa lagi…karna kita masih nunggu ujian tahap 2 gan..2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *