Home / Teknologi / Cara (Daftar) Membuat Alamat Email Baru Yahoo, Gmail, Hotmail : Terlengkap

Cara (Daftar) Membuat Alamat Email Baru Yahoo, Gmail, Hotmail : Terlengkap

Cara (Daftar) Membuat Alamat Email Baru Yahoo, Gmail, Hotmail : Terlengkap – Jaman canggih seperti sekarang ini kepemilikan alamat email bisa dikatakan wajib untuk dimiliki oleh setiap orang. Dengan mempunyai alamat email maka kita bisa dengan mudah berinteraksi dengan orang lain. Contoh kecilnya saja kita ingin mengirimkan sebuah file dokumen penting bentuk softcopy yang sifatnya rahasia. Maka dengan menggunakan alamat email tersebut cukup mudah saja kalau sekedar ingin kirim file softcopy dokumen. Bukan hanya itu saja keuntungan kita jika mempunyai alamat email. Atas dasar itu kita meski tahu cara daftar untuk membuat alamat email baru demi memudahkan segala aktivitas yang hubungannya dengan keuntungan kepemilikan alamat email.

Baca Juga : Cara Kirim Email Tanpa Menggunakan Akun

Selain yang sudah saya contohkan diatas, memiliki alamat email diharuskan jika kita ingin membuat blog gratis/berbayar dan ingin membuat alamat Facebook. Tanpa mempunyai alamat email maka membuat blog dan membuat akun facebook tidak bisa dilakukan. Walaupun untuk membuat alamat Facebook masih terdapat alternatif lain dengan menggunakan nomor handphone. Namun tetap saja demi untuk tingkat keamanan yang kuat maka disarankan ketika daftar di Facebook meski menggunakan alamat email.

Awalnya saya kira kalau sekedar cara daftar membuat alamat email baru setiap orang sudah paham melakukannya. Nyatanya ketika saya ngobrol dengan orang-orang yang ada disekitar lingkungan saya cara membuat alamat email baru masih ditemukan orang yang sama sekali tidak mengerti. Padahal sekilas kita lihat cara membuat email baru ini sangat mudah. Kita tinggal melakukan langkah demi langkah yang tidak terlalu rumit dan panjang. Entah kenapa sayapun tidak tahu jawaban pastinya akan hal itu. Yang jelas saya jadi mempunyai inspirasi untuk membuat tutorialnya saja. Siapa tahu ada pengunjung yang nyasar dan mampir ke artikel ini.

Dalam membuat alamat email baru kita tidak perlu mengeluarkan budget mahal. Bahkan kalau sekedar membuat elamat email baru ini modalnya nol rupiah alias gratis. Mungkin modal utamanya adalah hanya kuota internet saja, selain itu tidak ada lagi. Kemudian setelah kita memutuskan ingin membuat alamat email baru, kita meski memilih domain email yang akan kita gunakan. Domain email yang terkenal saat ini hanya ada tiga domain saja, yaitu membuat alamat email baru di Yahoo, membuat alamat email baru di Gmail, dan membuat alamat email baru di Hotmail.

Dari ketiga alamat domain email tersebut silakan Anda pilih mana yang paling disukai. Dan intinya sama saja masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Jangan khawatir disini saya akan membahas semuanya tentang cara membuat alamat email baru dari ketiga domain email tersebut lengkap dengan gambarnya serta paling terbaru tahun 2015.

Cara (Daftar) Membuat Alamat Email Baru Di Yahoo : Terlengkap

Pertama yang akan dibahas yaitu bagaimana cara daftar untuk membuat alamat email baru menggunakan domain Yahoo. Jika kita membuat alamat email baru di Yahoo nanti kita akan disuguhkan kedalam dua pilihan subdomain dari Yahoo ini, yaitu yahoo.com dan yahoo.co.id. Formatnya jika membuat alamat baru di Yahoo jadi seperti ini : [email protected] atau [email protected].

Ok kita mulai saja tutorialnya, silakan Anda buka web resmi alamat email domain Yahoo untuk daftar sekaligus membuatnya. Ketika muncul tampilan halaman seperti contoh gambar di bawah, kita klik Buat Account.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Yahoo 1

Maka kita akan diantarkan ke tampilan halaman untuk mengisi form biadata. Silakan Anda isi semua form pendaftaran untuk membuat alamat baru di Yahoo tersebut dengan selengkap-lengkapnya. Data yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  1. First Name (Nama Depan) = Isi dengan nama depan Anda. Misal disini saya mengambil contoh sebuah nama Budi Eka Wahyono, maka kolom nama depan saya isi dengan Budi Eka.
  2. Last Name (Nama Terakhir) = Kolom ini kita isi dengan nama terakhir yang kita miliki. Contoh disini saya mengisi dengan Wahyono. Jika nama Anda terdiri dari dua kata, misal Agung Gumilar, maka nama Agung bisa dijadikan nama depan dan Gumilar menjadi nama belakang.
  3. Yahoo username (Nama Alamat Email Yahoo) = Kolom yahoo username ini adalah nama alamat email Anda nanti yang akan digunakan. Contoh saya membuat alamat email budiekawahyono kemudian saya memilih domain email yang yahoo.com maka nanti jadinya akan seperti ini : [email protected]. Selain domain yahoo.com Anda bisa juga memilih domain lain, yaitu yahoo.co.id.
  4. Password (Sandi) = Buatlah kata sandi atau password yang sulit ditebak oleh orang lain. Password atau kata sandi adalah sifatnya sangat privasi/rahasia. Jangan sampai password email yang kita buat berhasil ditebak oleh orang lain. Dalam membuat password sebaiknya gunakan kombinasi antara angka dan huruf kapital dan kecil.
  5. Mobile number (Nomor Telepon/Handphone) = Silakan Anda isi saja dengan nomor telepon atau handphone yang Anda miliki. Gunakan nomor telepon yang benar-benar aktif. Hal ini untuk menjaga privasi akun atau email Anda jika suatu saat alamat email Anda lupa data-datanya seperti lupa password.
  6. Birthday (Tanggal Lahir) = Kolom ini Anda isi dengan tanggal lahir dengan format Month (bulan), Day (Tanggal), dan Year (Tahun).
  7. Pilihan Jenis Kelamin = Disini ada dua pilihan yaitu Male jenis kelamin laki-laki dan Female jenis kelamin perempuan.
  8. Optional recovery number (Nomor Telepon Pilihan) = Kolom ini bisa kita isi dengan nomor telepon atau nomor hanphone yang lain, misal nomor telepon istri/suami atau yang lainnya.
  9. Relationship (Hubungan) = Maksudnya adalah apa hubungannya dengan Anda nomor telepon yang Anda masukkan pada kolom Optional recovery number.
  10. Create account = (Buat Akun) = Langkah ini adalah langkah terakhir dalam membuat alamat email baru di Yahoo. Jika semua data yang kita isi benar, maka klik saja tombol Create account.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Yahoo 2

Nah sekarang dihadapan kita adalah tampilan kode captcha. Jangan panik ! Disini kita hanya cukup mengetikkan sesuai dengan kode yang ditampilkan pada kolom yang tersedia. Tetap fokus pada kode yang tampil ditengah-tengah, contoh kode captcha gambar dibawah ini adalah 67FuJ2. Biasanya kode captcha ini sifatnya case sensitive, artinya dalam mengetik huruf kita harus sesuai dengan tampilan huruf yang ada dalam kode captcha. Huruf kapital kita ketik kapital juga dan begitu sebaliknya. Jika sudah sesuai mengetik kode captchanya, lanjutkan dengan klik Kirim Kode.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Yahoo 3

Disini kita cukup klik Persiapan Awal dan tunggu proses selanjutnya.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Yahoo 4

Untuk masuk ke alamat email yang baru saja kita buat, klik Mail yang gambar amplop di ujung kanan atas.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Yahoo 5

Berikut adalah tampilan alamat email di Yahoo yang baru saja kita selesaikan. Silakan alamat email dengan contoh [email protected] ini tinggal kita gunakan. Untuk mencoba menulis atau mengirim email baru, Anda tinggal klik Tulis.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Yahoo 6

Cara (Daftar) Membuat Alamat Email Baru Di Gmail : Terlengkap

Langkah kedua dalam membuat alamat email baru ini menggunakan domain Gmail. Domain Gmail adalah kepunyaan Google dan jika kita membuat alamat email di Gmail maka kita akan memiliki satu akun Google yang fungsinya bisa kita gunakan untuk seluruh akun Google seperti : Youtube, Google+, Google Docs, Google Webmaster Tool, Google AdSense, dan lain-lain.

Cara daftar membuat alamat email baru di Gmail pada intinya masih sama dengan cara membuat alamat email baru di Yahoo. Namun agar lebih jelas lagi, mari kita bahas saja dari awal sampai selesai lengkap dengan gambarnya.

Silakan Anda kunjungi web resmi Gmail untuk daftar serta membuat alamat email baru. Kemudian setelah muncul tampilan halaman seperti yang dicontohkan pada gambar di bawah, kita klik Buat Akun.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Gmail 1

Yang Anda harus kerjakan sekarang adalah mengisi form pendaftaran untuk pembuatan alamat email baru di Gmail. Langkah-langkahnya masih sama dengan langkah pembuatan alamat email menggunakan domain Yahoo. Diantaranya kolom yang harus Anda isi adalah :

  1. Nama = Yang terdiri dari kolom nama depan dan nama belakang. Disinipun saya akan membuat alamat email baru dengan contoh nama Budi Eka Wahyono.
  2. Pilih nama pengguna Anda = Kolom ini anda isi dengan nama alamat email di gmail yang Anda inginkan. Contoh saya membuat alamat email dengan nama budiekawahyono maka nanti format alamat emailnya menjadi [email protected].
  3. Kata Sandi = Isi dengan kata sandi (password) sesuai petunjuk yang sudah saya terangkan pada langkah membuat alamat email baru di Yahoo.
  4. Konfirmasi kata sandi = Ketik ulang kata sandi yang sudah Anda buat pada kolom Kata Sandi diatas.
  5. Tanggal Lahir = Isi juga kolom ini dengan tanggal lahir Anda. Format tanggal lahir dimulai dengan kolom Tahun, kolom Bulan, dan kolom Tanggal.
  6. Gender = Ini fungsinya untuk memilih jenis kelamin Anda yang terdiri dari pilihan Wanita dan Pria.
  7. Ponsel = Isi dengan nomor telepon atau nomor handphone aktif yang Anda miliki.
  8. Alamat email Anda saat ini = Kolom ini bisa Anda isi dengan alamat email lain yang Anda miliki jika memang Anda memilikinya. Namun jika kita ingin membiarkan kolom ini untuk tidak kita isi, maka tidak menjadi masalah.
  9. Buktikan bahwa Anda bukan robot = Jika kita centang kotak ini, maka kita tidak akan diperintah untuk mengisi kolom captcha. Namun sebaliknya jika kita membiarkannya atau tidak mencentangnya maka kita meski mengisi kolom kosong dibawahnya (Ketik teks:) dengan kode yang muncul otomatis (captcha).
  10. Lokasi = Pilih lokasi negara tempat domisili Anda.
  11. Centang saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google untuk melanjutkan proses pendaftaran alamat email baru di Gmail.
  12. Terakhir klik Langkah berikutnya untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru Gmail 2

Disini kita cukup klik Lanjutkan ke Gamil dan tunggu sampai proses selanjutnya muncul.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru 3

Jika kita tidak mau membaca informasi lainnya yang otomatis tampil, maka kita tinggal klik Close (x) yang ada pada sudut kanan atas.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru 4

Berikut adalah tampilan alamat email baru kita di Gmail. Silakan Anda coba email barunya dengan menulis pesan atau kirim file dokumen ke teman Anda dengan cara klik TULIS.

Cara Daftar Membuat Alamat Email Baru 5

Cara (Daftar) Membuat Alamat Email Baru Di Hotmail : Terlengkap

Sampailah ke cara daftar membuat alamat email baru yang terakhir yaitu cara membuat alamat email baru di Hotmail. Domain email Hotmail adalah kepunyaan Microsoft. nanti jika kita selesai membuat alamat email baru menggunakan domain Hotmail formatnya akan menjadi [email protected].

Untuk membuat alamat email baru di Hotmail pertama silakan Anda kunjungi web resmi Hotmail. Kemudian setelah halaman awal Hotmail tampil kita klik Daftar sekarang.

Cara Mudah Membuat Alamat Email Di Hotmail 1

Seperti biasa jika kita telah memilih daftar untuk membuat email baru, maka kita akan dihadapkan untuk mengisi form pendaftaran selengkap-lengkapnya. Silakan Anda isi saja semua form dengan data yang Anda miliki dan sebaiknya isi dengan data yang benar. Kolom form pendaftaran alamat email baru di Hotmail adalah sebagai berikut :

  1. Nama Depan = Isi dengan nama depan seperti yang sudah dicontohkan dalam pembuatan email di Yahoo dan Gmail diatas.
  2. Nama Belakang = Inipun sama Anda isi dengan nama belakang Anda jika memang nama Anda terdiri dari lebih satu kata.
  3. Nama Pengguna = Kolom ini untuk kita isi dengan alamat email nanti di Hotmail. Contoh seperti biasa saya memberi contoh alamat email budiekawahyono maka nanti alamat emailnya akan menjadi seperti ini : [email protected].
  4. Sandi = Isi dengan password atau sandi yang tingkat keamanannya sangat tinggi.
  5. Masukkan ulang sandi = Ketik ulang kata sandi yang Anda isi pada kolom Sandi diatas.
  6. Negara/kawasan = Ini Anda sesuaikan dengan negara tempat tinggal Anda, contoh Indonesia.
  7. Tanggal Lahir = Tentukan tanggal lahir Anda disini dengan format Hari, Bulan, dan Tahun.
  8. Jenis Kelamin = Pilih jenis kelamin Anda Laki-laki atau Perempuan.
  9. Kode Negara = Isi dengan pilihan kode negara untuk nomor telepon atau nomor handphone. Indonesia kode negaranya adalah +62.
  10. Nomor Telepon = Disini Anda masukkan nomor telepon atau nomor handphone yang punya.
  11. Masukkan karakter yang Anda lihat = Kolom ini adalah kolom captcha seperti pembuatan alamat email baru di Yahoo dan Gmail. Silakan Anda ketikkan saja karakter sesuai dengan yang tampil disitu. Contoh disini captchanya adalah VSSWSH.
  12. Buat Akun = Langkah ini adalah langkah terakhir untuk melanjutkan ke tahap penyelesaian pembuatan alamat email baru di Hotmail.

Cara Mudah Membuat Alamat Email Di Hotmail 2

Nah inilah tampilan alamat email di Hotmail. Pada intinya tampilan alamat email itu semua domain sama saja, yaitu terdiri dari tombol untuk menulis atau mengirim email, tombol kotak masuk, tombol kotak keluar, tombol kotak sampah, dan sebagainya.

Cara Mudah Membuat Alamat Email Di Hotmail 3

Akhirnya selesai juga semua tulisan untuk membahas cara pembuatan alamat email baru di tiga domain email terbesar seperti Yahoo, Gmail, dan Hotmail terlengkap tahun 2015. Bagaimana mudah bukan cara membuat email baru ini? Saya yakin Anda akan sukses mempraktekkannya. Mungkin prediksi kasar saya daftar untuk membuat alamat email baru hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja.

Selamat mempraktekkan cara daftar membuat alamat email baru di Yahoo, di Gmail, dan di Hotmail. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *