Home / Teknologi / Cara Mudah Download File Di Google Drive Agar Tidak Terkena Limit Kuota

Cara Mudah Download File Di Google Drive Agar Tidak Terkena Limit Kuota

Cara Download Di Google Drive Kena Limit – Google Drive adalah salahsatu Cloud Storage saat ini yang lumayan populer keberadaannya. Pasalnya Google Drive memberikan batasan daya tampung file yang lumayan besar hingga 15 GB untuk satu akunnya. Kapasitas ini dapat kita nikmati secara gratis dan sepanjang waktu (Unlimited).

Baca Juga : Cara Memindahkan (Transfer) File Dari DropBox Ke Google Drive Tanpa Download

Apakah Anda tahu kalau Google Drive itu memiliki aturan limit download? Limit download disini bukan batasan kecepatan download. Batasan kecepatan download itu ditentukan oleh provider yang digunakan. Namun limit download Google Drive adalah batasan berapa kali orang telah download file.

Jika file yang diunggah di Google Drive banyak yang download dan telah melebihi batasan jumlah download maka file tidak bisa didownload. File download akan kembali normal sehari selanjutnya atau 1×24 jam.

Pernahkan Anda menemukan gagal download di Google Drive dengan alasan telah melampaui batasan limit kuota? Pesan limit download seperti berikut :

Jika menemukan pesan tidak bisa download seperti diatas, apa yang harus kita lakukan? Apakah kita harus menunggu 1 hari lagi? Bagaimana jika kita ingin memperoleh file tersebut saat itu juga?

Ok disini saya akan memberikan solusi terbaiknya …

Berikut Cara Download Di Google Drive Kena Limit Tanpa Harus Menunggu 24 Jam

Anda tidak perlu menunggu sampai 24 jam kedepan untuk bisa download file terkena limit dari Google Drive. Anda cukup mengubah link (URL) download Google Drive saja.

Syarat wajib untuk mengikuti tutorial ini adalah Anda sudah memiliki akun Google. Tidak sulit untuk membuat akun Google dan sepertinya saya tidak perlu untuk menjelaskannya secara rinci.

Saya anggap Anda sekarang sudah mempunyai akun Google …

Jika URL file download di Google Drive oleh Adminnya sudah diubah atau ditambah “export” maka Anda harus mengubahnya dulu ke URL biasa. Contoh URL download Google Drive yang sudah diubah :

https://drive.google.com/uc?export=download&id=IDFileDownload

Padahal awalnya URL file download Google Drive adalah sebagai berikut :

https://drive.google.com/file/d/IDFileDownload/view

Lebih jelasnya jika Anda menemukan URL Google Drive seperti berikut :

https://drive.google.com/uc?export=download&id=0B-by9WPUnvv6aDNEZXVhRDZOcFk

Maka silakan ubah dulu pada Address Bar menjadi seperti ini :

https://drive.google.com/file/d/0B-by9WPUnvv6aDNEZXVhRDZOcFk/view

Tulisan merah akan beda karena itu adalah ID unik URL Google Drive. Silakan sesuaikan saja …

Baca Juga : Cara Mengubah Link Download Google Drive Menjadi Link Download Langsung

Jika sudah mengubah URL Google Drive pada Address Bar, silakan Anda login dulu di akun Google. Selanjutnya buka URL Google Drive file yang kena limit tersebut dan klik pilih ikon yang saya beri panah pada gambar dibawah. Kemudian Anda klik pilih Atur.

Tugas kita sekarang adalah memindahkan file yang akan kita download ke akun Google Drive kita. Maka daripada itu silakan disini Anda pilih Pindahkan item ini.

Maka seketika file Google Drive yang kena limit tadi sudah pindah atau masuk ke akun Google Drive Anda. File ini akan tersimpan Dibagikan dengan saya.

Langkah selanjutnya adalah silakan klik kanan pada file yang baru saja kita pindah ke akun Google Drive yang kita miliki. Disini kita cukup klik pilih Buat salinan.

Kini file sudah pindah ke Drive Saya dengan nama Salinan (Nama File). Dengan membuat salinan file maka tentunya URL file tersebut akan berubah.

Dengan berubahnya URL file download maka batasan limit untuk download file akan hilang. File masih sama tapi URL akan berbeda. Yang kena limit Google Drive adalah hanya URL-nya saja atau tidak dengan filenya.

Untuk download file yang baru saja kita buat salinannya adalah, silakan klik file salinan dan aktifkan tombol berbagi file. Anda copy URL otomatis yang telah diberikan Google Drive dan paste pada Address Bar. Dengan begitu kini file tersebut bisa Anda download dengan sempurna.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga artikel Cara Download Di Google Drive Kena Limit ini bisa bermanfaat. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Ternyata proses agar tidak terkena limit download di google drive gampang banget ya, sekarang kalau saya bertemu dengan kasus seperti ini akan saya usahakan mengikuti arahan dari sini.Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *