Home / Android / 12 Cara Dual Boot Android Dan Windows Phone Dengan Mudah

12 Cara Dual Boot Android Dan Windows Phone Dengan Mudah

Cara Dual Boot Android Dan Windows Phone – Android saat ini memang banyak digemari dan dijadikan oleh orang-orang. Dengan menggunakan Android, Anda bisa merasakan berbagai keuntungan dan kemudahan, sehingga tak heran banyak orang yang beralih ke Android.

Baca Juga : Cara Menambah Bahasa Indonesia Di Android Tanpa Flash dan Odin

Jika Anda memiliki Windows Phone dan ingin merasakan menggunakan Android, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Berikut ini beberapa cara dual boot Android dan Windows Phone yang bisa Anda lakukan :

1. Menyiapkan Handphone Yang Kompatibel

Cara dual boot Android dan Windows Phone yang pertama yaitu dengan menyiapkan handphone yang kompatibel untuk dijadikan dual boot. Handphone yang kompatibel untuk dual boot ini di antaranya yaitu ada HTC Blackstone, HTC Diamond, dan HTC Diamond 500. Selain itu juga ada HTC Fuze, HTC Raphael, HTC Raphael 800, HTC Rhodium, HTC Tilt2, dan HTC Topaz. Terakhir ada handphone dari Sony yaitu Sony Ericsson Xperia 1.

2. Partisi SD Card

Langkah yang kedua yaitu dengan melakukan partisi pada SD Card. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tool yang bisa Anda cari melalui mesin pencarian yang biasa Anda gunakan.

3. Gunakan SD Card Dengan Kapasitas Minimal 2 GB

SD Card yang bisa Anda gunakan adalah SD Card yang memiliki kapasitas minimal sebesar 2 GB. Saat Anda melakukan partisi pertama, sisakan SD Card tersebut sebanyak 512 MB dan gunakan Android sebagai labelnya. Kemudian untuk create as.. bisa Anda ubah menjadi primary, sementara untuk file system Anda bisa menggunakan FAT32.

4. Melanjutkan Partisi SD Card

Cara dual boot Android dan Windows Phone berikutnya adalah dengan melanjutkan partisi. Partisi ini bisa disebut dengan partisi ke dua dan untuk partisi ini Anda perlu menyisakan 18 MB. Kemudian nama yang digunakan untuk label adalah ext2. Selanjutnya untuk create as.. bisa diubah menjadi primary, sedangkan untuk file system gunakan ext2.

5. Melakukan Partisi Ke Tiga

Pada partisi ke tiga ini, sisakan 64 MB dan untuk label gunakan nama ext2. Kemudian untuk create as.. diubah menjadi primary, sedangkan untuk file system bisa gunakan linux swap.

6. Tunggu Proses Selesai

Selanjutnya Anda perlu menunggu selama kurang lebih 2 sampai dengan 3 menit. Tunggulah sampai muncul proses up dating di mana artinya proses akan segera selesai. Jika sudah, selanjutnya klik OK untuk mengakhirinya.

7. Unduh File Android

Cara dual boot Android dan Windows Phone yang selanjutnya adalah dengan mengunduh file Android. Anda bisa mendapatkan file tersebut dengan mencarinya di mesin pencarian.

8. Ekstrak Dan Copy File

Selanjutnya ekstrak dan copy ke root directory yang ada di SD Card. Setelah itu masuk ke folder npkinstall dan pilih teks sesuai dengan nama handphone. Kemudian Anda bisa rename menjadi startup.txt.

9. Kembali Ke Folder Sebelumnya

Pada langkah ini Anda perlu kembali ke folder sebelumnya dan bukan folder startup. Setelah itu pilihlah folder dengan nama sesuai dengan handphone Anda. Jika Anda sudah memilih, selanjutnya buka folder tersebut dan copy file startup.txt yang ada di folder dan paste ke folder sebelumnya.

10. Pindah SD Card

Di sini Anda perlu melepas SD Card dari card reader untuk kemudian bisa Anda masukkan ke handphone Anda.

11. Bukalah Storage Card

Anda bisa membuka storage card melalui file manager pada handphone (windows mobile). Kemudian masuk ke folder npkinstall dan pilih install.exe. Selanjutnya Anda perlu menunggu hingga proses selesai di mana nantinya handphone akan melakukan restart dengan sendirinya.

12. Buka Storage Card Kembali

Cara dual boot Android dan Windows Phone yang terakhir yaitu dengan membuka storage card kembali melalui file manager pada handphone (windows mobile). Lalu Anda pilih haret.exe dan tunggulah beberapa detik. Setelah menunggu beberapa detik, nantinya Android akan muncul di handphone Anda.

Itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan jika Anda ingin membuat dual boot Android dan juga Windows Phone. Persiapkan dan unduh semua hal yang dibutuhkan agar Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas dengan lengkap tanpa ada yang kurang. Selain itu dengan persiapan yang lengkap, Anda jadi bisa segera mencobanya.

Baca Juga : Kekurangan Dan Kelebihan Root Android Serta Cara Atasi Gagal Root Tanpa PC

Dengan mengikuti semua langkah yang ada diharapkan Anda bisa segera merasakan dual boot Android serta Windows Phone.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.