Home / WordPress / Cara Termudah Import File Dokumen Office Word (.docx) Ke Postingan WordPress

Cara Termudah Import File Dokumen Office Word (.docx) Ke Postingan WordPress

Cara Import File Dokumen Office Word Ke WordPress – Menulis artikel di Office Word sebelum diterbitkan di WordPress adalah kebiasaan saya. Alasannya sebagai antisipasi jika suatu saat blog dapat masalah dan saya tidak mempunyai file backupnya maka artikel-artikel dapat terselamatkan. Kebiasaan menulis artikel di Office Word memang banyak sekali untungnya. Dan yang terpenting selain alasan tadi adalah kita bisa menulis artikel secara offline. Nanti jika artikel sudah selesai diketik maka saya tinggal mengimportnya ke WordPress. Dalam mengimport file dokumen Office Word agar format yang sudah jadi tidak kacau berantakan, ada trik khususnya.

Baca Juga : 3 Solusi Jitu Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Semua Microsoft Office Word

Langkah termudah untuk memindahkan file dokumen Office Word atau file format .docx ke WordPress adalah dengan melakukan copy paste. Namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas dengan menggunakan cara ini maka format file .docx yang sudah jadi nantinya akan berantakan ketika di paste di WordPress. Tentunya hal ini akan menyita waktu Anda untuk kembali mengubah format di WordPress.

Cara Import File Dokumen Office Word Ke WordPress 0

Visual editor Office Word tentunya lebih lengkap dibanding dengan WordPress. Di Office Word kita dapat dengan leluasa menulis artikel dengan built-in spell check, template, thesaurus, style, format, dan masih banyak lagi. Kelengkapan fitur yang dimiliki oleh Office Word merupakan faktor utama untuk saya menulis konsep artikel di Office Word. Apakah Anda juga sama seperti hal itu?

Blog ini juga sudah lama menerima guest post (penulis tamu) bagi siapapun yang berminat. Saya tidak memberikan hak akses kepada guest blogger untuk menulis langsung di visual editor WordPress. Namun artikel yang dibuat atau yang dikirim guest blogger adalah dalam format Office Word (.docx). Sehingga nanti saya sendiri yang akan mengimport file dokumen ke WordPress.

Bagaimana Cara Import File Dokumen Office Word ke Visual Editor WordPress

Saya anggap saat ini Anda sudah mempunyai file dokumen .docx sehingga saya tidak akan menerangkannya kembali. Kita disini tinggal mengimport file .docx saja. Dalam import file dokumen Office Word ke visual editor WordPress disini kita akan menggunakan sebuah plugin. Kenapa menggunakan plugin? Jawabannya tepatnya adalah agar format yang sudah jadi di Word tidak kacau ketika di tempelkan di WordPress.

Plugin yang kita butuhkan untuk import file .docx ke WordPress adalah plugin Mammoth .docx Converter. Silakan Anda installkan dahulu plugin tersebut ke WordPress menggunakan cara yang Anda sukai. Bisa install plugin dari Dashboard atau dari cPanel Hosting.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Nanti ketika plugin sudah Anda install dan aktifkan maka Anda perlu membuat postingan atau bisa juga mengedit postingan yang sudah ada. Nanti di visual editor WordPress (tempat membuat posting di WordPress) akan ditemukan Mammpth .docx Converter.

Cara Import File Dokumen Office Word Ke WordPress 1

Saatnya beraksi! Jika awalnya Anda sudah mempunyai artikel yang ditulis di Word dan sudah tersimpan di komputer dengan format .docx, kini Anda cukup klik pilih tombol Choose File pada Mammoth .docx Converter.

Setelah dile dokumen .docx berhasil diunggah maka Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan. Pilihan-pilihan ini adalah pengaturan untuk menampilkan artikel di WordPress. Disini Anda bisa memilih desain artikel berdasarkan warna latar belakang, warna teks, padding, margin, dan sebagainya. Hebatnya lagi kalau pengaturan-pengaturan ini tidak akan mengganggu stylesheet theme yang digunakan.

Kita juga bisa memilih versi HTML dengan cara klik pilih tombol Raw HTML. Untuk mengecek apakah ada kesalahan ketika menulis artikel, silakan Anda klik pilih tombol pesan dan nanti kita bisa melihat apakah selama ini ada kesalahan selama konversi.

Plugin Mammpth .docx Converter terus dikembangkan sehingga sangat kompatibel dengan WordPress. Fitur-fitur yang dimiliki plugin Mammpth .docx Converter saat ini adalah sebagai berikut :

  • Lists
  • Plain HTML formating like bold, italic, superscript, and subscript
  • Links
  • Textboxes are converted into plain paragraphs
  • Headings : Heading 1, Heading 2, are converted into h1,h2, etc.
  • Tables are imported without formating like border and cell colors
  • Images embedded in document are imported into WordPress

ok selamat mencoba menggunakan plugin Mammpth .docx Converter dan mungkin artikel Cara Import File Dokumen Office Word Ke WordPress dicukupkan sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. apakah cara ini melanggar tos google adsense gk gan ???

    soalnya web saya ada adsense nya ……… jadi bingung ini

    • Tidak ada hubungannya dengan TOS AdSense gan selama artikel kita original. Sayapun sering membuat artikel di Office Word kemudian di Import ke WordPress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *