Home / Android / 3 Cara Jitu Mengatasi HP Bootloop, HP Android Macet Di Logo Identitas

3 Cara Jitu Mengatasi HP Bootloop, HP Android Macet Di Logo Identitas

Cara Jitu Mengatasi HP Bootloop – Bagi Anda pengguna gadget, pastinya akan kebingungan jika terjadi bootloop pada hpnya dan akan berusaha mencari bagaimana cara mengatasi hp bootloop tersebut. Bootloop merupakan salah satu masalah hp yang menyerang sistem intern Android. Dimana Android tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke tampilan home, sistem Android kembali ke state awal seperti halnya tampilan Android yang baru dihidupkan dan biasanya akan macet di logo identitas hp.

Baca Juga : 12 Tips Mengatasi HP Samsung Restart Terus Menerus, Teruji Berhasil!

Masalah bootloop yang menyerang Android ini mempunyai tingkatan yang berbeda, sesuai dengan penyebab yang terjadi. Tapi jangan khawatir bagi Anda yang hpnya bermasalah karena bootloop, sebesar apapun itu pasti akan ada cara kok untuk mengatasi bootloop. Namun dengan adanya perbedaan tingkatan kerusakan tersebut, pasti juga ada perbedaan dari cara mengatasinya. Dan dalam artikel ini akan dijelaskan terkait masalah-masalah bootloop serta bagaimana cara mengatasi hp bootloop.

Cara Jitu Mengatasi Hp Bootloop dengan Cepat dan Mudah

Bootloop sebenarnya bukanlah persoalan besar, apabila Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Tapi sebaliknya, akan ada kemungkinan jika hp Anda tidak bisa dipergunakan, jika Anda tidak segera mengatasi bootloop tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengatasi bootloop pada hp.

1. Bootloop tingkat ringan (Light)

Masalah bootloop pada tingkatan ini masih tergolong ringan. Keadaan tersebut biasanya disebabkan karena ketidaksengajaan pengguna dalam mengoperasikan salah satu file data atau mungkin aplikasi tanpa melalui recovery mode. Sehingga hal itu menyebabkan perangkat hp mengalami bootloop, yaitu yang secara tiba-tiba me-restart sendiri dan tidak bisa kembali ke menu awal.

Jika hal tersebut terjadi pada hp Anda, maka dapat diatasi dengan cara mematikan hp terdahulu kemudian lepaskan baterainya. Untuk mendapatkan kembali kestabilan hp, baterai jangan langsung dipasang melainkan tunggu terlebih dahulu kurang lebih 15 menit. Kemudian pasang kembali baterainya dan nyalakan hp Anda. Jika hp Anda benar-benar dalam masalah bootloop yang ringan, dengan cara tersebut hp sudah bisa di booting kembali secara normal.

2. Bootloop tingkat sedang (Medium)

Bootloop tingkat sedang ini diakibatkan oleh berlebihannya melakukan perubahan kecil pada sistem sofware Android (tweaking), seperti halnya dalam melakukan proses rooting. Karena pada dasarnya sistem tersebut sangat dilindungi, sehingga apabila terjadi kesalahan sedikitpun maka akan mengakibatkan bootloop. Pada bootloop tingkat ini sebenarnya bisa diatasi dengan masuk ke sistem recovery untuk mem-backup ulang.

Untuk mengatasi bootloop ini, ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Anda bisa langsung masuk ke menu sistem recovery mode Android untuk melakukan factory reset.
  2. Ada beberapa hp yang dalam proses pemulihan dari bootloop harus memerlukan bantuan Laptop atau PC . Fungsi dari media ini digunakan sebagai alternatif untuk mem-backup data recovery image dan file recovery CWM ataupun aslinya. Cara ini akan bisa berhasil dilakukan apabila sebelumnya Anda pernah mem-backup data ROM pada hp yang bermasalah tersebut. Tapi jika belum pernah melakukannya, maka Anda bisa mencari data recovery yang sesuai dengan tipe hp tersebut di media internet ataupun google.

3. Bootloop pada tingkat tinggi/ parah (Hard)

Bootloop kali ini bisa dikatakan berat atau sudah pada tingkat yang parah, karena terjadi gangguan pada sistem sofware yang sangat dibutuhkan oleh hp. Hal ini biasanya disebabkan karena terjadinya kesalahan disaat mengganti Stock ROM yang berbeda, upgread sistem operasi, maupun saat meng-compile APK. Sehingga dari aktivitas tersebut akan menyebabkan hp tidak bisa melakukan proses booting dan akan macet total.

Secara garis besar, bootloop ini bisa diatasi dengan cara install ulang. Dilain itu, dengan melihat kerusakannya yang tergolong parah, maka cara mengatasi hp bootloop tersebut harus dengan menggunakan media laptop atau PC. Tidak hanya sembarang menginstal, namun laptop yang digunakan harus mempunyai aplikasi khusus untuk menginstal ulang Android ataupun untuk melakukan flashing ROM (firmware). Tapi perlu diketahui juga, perbedaan tipe dan merek pada hp juga akan mempengaruhi perbedaan pada cara penginstalan.

Baca Juga : 7 Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total Agar Bisa Kembali Seperti Semula

Dari setiap perbedaan kategori diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam mengatasi hp bootloop dapat dilakukan dengan cara me-restart kembali hp, menghapus cache yang mencurigakan (wipe cache), costum ROM, melakukan factory reset, dan yang terakhir adalah flashing atau menginstall ulang. Semoga dengan adanya uraian solusi diatas, dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah bootloop yang menyerang pada sistem hp Anda.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Mau tanya gan,,saya punya hp android evercoss tipe a75u,,kondisi bootloop setelah dibuat main game,,saya browsing dan iseng2 untuk melakukan flashing,,kemudian setelah saya flashing dan ada tanda sukses tapi kenapa masih tetep stuck di logo ya?

  2. artikel ini memang menarik dan bermanfaat sesuai dengan nama blognya, saran saya website urlnya dibuat https agar safe juga, terima kasih., salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *