Home / Teknologi / Cara Jitu Menghadapi Algoritma Google Mobilegeddon

Cara Jitu Menghadapi Algoritma Google Mobilegeddon

Cara Jitu Menghadapi Algoritma Google Mobilegeddon – Apakah tema web yang Anda gunakan sudah yakin dijamin mobile friendly? Web mobile friendly artinya laman web yang sudah menerapkan tema responsive. Sehingga web dapat diakses dengan tampilan baik dari sebuah mobile berbagai jenis. Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan tema responsive atau mobile friendly. Karena rencananya dalam waktu dekat ini, Google akan mengeluarkan sebuah algoritma baru yang diberi nama mobilegeddon.

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Google Panda?

Cara Jitu Menghadapi Algoritma Google Mobilegeddon 1

Apa Sih Algoritma Google Mobilegeddon Itu?

Algoritma Google mobilegeddon adalah sebuah algoritma baru yang menurut kabar akan diterbitkan oleh Google tanggal 21 April 2015. Mobilegeddon dirancang untuk penelusuran Google yang akan mengedepankan web mobile friendly dalam hasil pencarian Google. Artinya jika sebuah web tidak menerapkan desain mobile friendly, maka web akan tenggelam/lenyap di hasil pencarian terdepan Google. Dengan kata lain Anda akan banyak kehilangan pengunjung yang datang dari SERP Google.

Alasan utama Google menerbitkan algoritma baru mobilegeddon adalah, mengingat untuk saat ini pengguna smartphone/mobile prediksinya lebih banyak dibanding pengguna komputer/laptop (desktop). Maka dari itu, untuk kenyamanan pengguna smartphone/mobile disarankan agar web menggunakan desain yang mobile friendly.

Bagaimana Caranya Untuk Menghadapi Algoritma Google Mobilegeddon?

Jika Anda tidak mau sampai kehilangan banyak pengunjung, terutama pengunjung yang datang menggunakan smartphone/mobile, maka diwajibkan untuk merubah total desain webnya menjadi mobile friendly. Mungkin yang menjadi pertanyaan Anda sekarang adalah, bagaimana caranya membuat web atau blog agar bisa dikatakan mobile friendly? Sebelum dilanjut, saya sarankan agar Anda mengecek webnya di Pengujian Situs Mobile Friendly (Webmaster Tools). Karena mungkin saja web Anda sudah mobile friendly. Jika demikian, maka percuma saja menerapkan trik ini.

Cara Jitu Menghadapi Algoritma Google Mobilegeddon 2

Jika hasilnya web Anda belum mobile friendly, maka trik jitunya adalah agar Anda segera merubah tema web yang digunakan saat ini menjadi tema yang responsive. Dengan tema responsive, maka senantiasa web Anda akan terlihat menarik ketika diakses dari media browser apapun. Baik dari komputer/laptop (desktop) atau bahkan dari smartphone/mobile. Web yang menggunakan tema responsive, tampilannya akan selalu adaptasi dengan layar yang menampilkannya.

Lalu dimana tempatnya untuk mendapatkan tema yang responsive? Sekarang ini banyak sekali tema web yang sudah benar-benar responsive tersebar diinternet. Baik untuk platform WordPress atau Blogspot. Anda bisa menggunakan tema responsive premium (berbayar) atau bahkan tema responsive gratis. Sebagai rekomendasi, bagi pengguna CMS WordPress bisa dikunjungi Web MyThemeShop. Di MyThemeShop banyak tersedia tema premium responsive dan juga tema gratis.

Jadi jelaslah sudah bahwa untuk menghadapi update Google terbaru yaitu algoritma Google mobilegeddon kunci utamanya terletak di desain tema saja. Dengan menggunakan tema responsive, maka laman web Anda menjadi mobile friendly.

Namun agar benar-benar web menjadi mobile friendly, sebaiknya supaya diperbaiki semua kesalahan-kesalahan yang masih ditemui di tema yang Anda gunakan. Kesalahan yang saya maksud adalah kesalahan kode yang memperlambat kecepatan akses web dari sebuah smartphone/mobile. Mungkin tepatnya bukan kesalahan, tapi Anda perlu meminimaliskan tampilan web ketika diakses dari mobile berbeda dengan ketika diakses dari desktop.

Seperti yang kita tahu kalau akses web dari mobile itu loadingnya agak lambat dibanding mengakses dari desktop. Jadi belum tentu juga tema responsive itu dijamin kencang akses loadingnya. Apalagi tema responsive yang Anda gunakan adalah tema gratisan. Lebih lengkapnya lagi sudah pernah saya tulis di Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

37 comments

  1. waduh algorima baru ini namanya agak gimana gitu ingat film armageddon

    • Terobosan algoritma Google ini sempat bikin pusing juga mas. Karena mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan menggunakan tema yang responsive …
      Film Armageddon? Saya belum lihat mas … :D

  2. Untuk mencari tema blogspot yang responsive kira-kira dimana ya mas?

  3. aku belum cek templateku kayaknya ngga mobile deh.. resikonya kalo ga mobile blognya bisa dihapus ga mas?

    • Dihapus sih ga mba, cuma ga ditampilkan saja dari versi Mobile. Segera cek mba, tapi kayaknya web mba sudah mobile friendly … :)

  4. mantap gan slm knl

  5. Wah template kita sama gan :D

  6. makasih Mas infonya. Kemaren cek sih katanya tema blog saya sudah mobile friendly. hIhihi

    • Syukurlah mas dhani kalau temanya sudah mobile friendly, jadi ga repot harus modifikasi tema lagi.

  7. Stelah saya amati artikel di atas dan runut, sepertinya ada perbedaan penilaian antara page speed insights pada dan the mobile friendly test (MFT) pada google ya mas ? ……

    Karena Uji Mobil-Friendly (MFT) menggunakan Googlebot untuk mengambil halaman. PageSpeed Insights tidak menggunakan Googlebot, tetapi mengambil laman tersebut dengan cara yang meniru bagaimana pengguna nyata menjemput halaman.

    Ini berarti bahwa MFT mengikuti aturan aturan robots.txt dan page speed insights (PSI) tidak. Jika Googlebot diblokir dari mengambil halaman, JavaScript, CSS, atau sumber daya lainnya, MFT mungkin tidak dapat mendeteksi jika halaman mobile-friendly.

    Berarti apakah masalah yang terdapat di WP yang sudah responsive sudah bisa diatasi dengan plugin untuk robot.tx yang bisa di daftarkan langsung di google webmaster mas ?

    Sebelumnya terimakasih atas penjelasannya mas.

    • Iya mas, tema yang saya gunakan kalau menurut PageSpeed masih banyak yang harus dilakukan perbaikan, terutama script CSS dan Javascript. PageSpeed ini lebih mengarah kepada kecepatan blog mas. Lalu kalau Uji Mobile Friendly adalah untuk cek apakah tema sudah responsive atau belum. Jika tema sudah responsive maka itu berarti sudah Mobile Friendly, tinggal melakukan perbaikan dalam kecepatan atau membuat lebih minimalis lagi tampilan mobile dibanding tampilan desktop.

  8. wah jika sesuai dengan jadwal maka alogaritma ini akan berlaku mulai 24 jam kedepan yamas

  9. kalo website saya responsive sih mas, saya coba buka di android loadingnya juga cepet..hhehe
    trims mas infonya, biar lebih diperhatikan..

    • Syukurlah mas kalau sudah responsive. Dan memang jika kita tidak mau kehilangan pengunjung yang bersumber dari mobile maka wajib menerapkan tema responsive.

  10. Ciee yang udah d terima google adsense… :D

    Trims atas infonya Om, sangat bermanfaat

    • Iya mas Rahman, tinggal optimasinya saja nih … :D

      • Hampir setiap hari nie saya mampir ke blog ini, hehe tidak lain dan tidak bukan Photoshoplah alasan saya :)

        Semoga google adsense nya lancar dan selalu membuat kita tersenyum waktu lihat earning nya tiap hari :)

  11. Perlu siap-siap, waktunya tinggal beberapa hari lagi ya :D hehehe

  12. wih, sudah saya tes. Ternyata blog saya mobile friendly loh! Terima kasih banyak mas atas infonya! :)

  13. Wah! Kok kebetulan banget ya, baru dua hari yg lalu aku nyetting theme blogku supaya bisa mobile friendly, dan kayaknya sih sekarang udah berhasil dibikin gitu. Pas banget momennya… :))

  14. alhamdulillah sayamah udah okeh nih. maklum templete dasar aja. hehehe

  15. brarti perhari ini ya.

  16. tepat dengan hari kartini

  17. Kalau WP banyak sekali thema yang responsive ya mas, bahkan ada theme yang bisa membedakan kategori untuk WEB dan Mobile. Mungkin itulah kelebihan WP dibanding Blogger. Untuk blog saya yang WP, sudah otomatis Mobile freindly mas

    • Iya mas rata-rata untuk sekarang web penyedia tema WordPress rata-rata sudah responsive baik yang premium dan gratis. Kita tinggal memilih saja dari segi desain mana yang cocok dengan selara.

  18. ngomong-ngomong, algortima google terbaru ini udah ada efeknya atau belum ya ?

    kok saya perhatikan masih biasa-biasa saja :D

    yang jelas kalo blog seperti blog saya yang pengunjungnya belum ramai, gak ngaruh tuh, hehehe

  19. Betul banget, untuk nya sudah banyak developer yang mengarah pada mobile friendly sejak beberapa tahun lalu,,, jadi gak terlalu sulit menyesuaikan,,, buat yang belum,,, tenang, masih ada kesempatan untuk merubah….

  20. nice share.. dri waktu ke waktu google makin rewel aja.. tp ttp aja pasti banyak dampak positifnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *