Home / Teknologi / Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Secara Online Tanpa Ribet Bahkan Gratis

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Secara Online Tanpa Ribet Bahkan Gratis

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis – Jaman canggih seperti saat ini untuk sekedar kirim fax tidak lagi harus membutuhkan mesin fax layaknya jaman dulu. Kini kirim fax dapat kita lakukan hanya dengan membutuhkan koneksi internet saja tanpa menggunakan kertas, tinta, dan sebagainya. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan kita dalam mengirim fax yang dapat kita lakukan dimanapun, kapanpun, oleh siapapun tanpa batas dan tanpa terikat ruang dan waktu. Modal utama kirim fax saat ini cukup hanya koneksi internet dan alamat email saja. Bahkan bukan hanya itu saja kita juga akan mendapatkan nomor fax nyata yang bisa dihubungkan dengan alamat email. Dengan begitu selain dapat mengirim fax nantinya juga kita akan bisa menerima fax yang dikirim orang lain walaupun pengirim menggunakan mesin fax.

Baca Juga : Cara Kirim Email Tanpa Menggunakan Akun

Dulu ketika kita ingin mengirim fax maka harus menggunakan mesin fax dan tentunya mesin fax tidak semua orang dapat memilikinya terutama yang tinggal dipelosok. Masalahnya orang yang tinggal di pelosok belum terjangkaunya saluran telepon layaknya di perkotaan. Karena memang koneksi utama mesin fax adalah harus disambungkan ke saluran telepon. Namun seiring perkembangan teknologi maka saat ini kita dapat mengirim fax menggunakan internet. Tidak sulit menemukan jaringan internet walaupun kita tinggal dipelosok. Dengan begitu menggunakan smartphone atau android juga kita bisa kirim fax asal mempunyai koneksi internet.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (1)

Penasaran ingin segera mencoba untuk mempraktikkan kirim fax menggunakan internet secara online? Sebelum dilanjutkan apa saja persyaratannya agar kita bisa mengirim fax lewat internet?

  1. Koneksi Internet. Namanya juga akan kirim fax menggunakan jaringan internet ya pasti dong syarat utamanya adalah kita harus berada di area yang ada koneksi internetnya. Di Indonesia saat ini untuk masalah koneksi internet sudah tersebar luas hampir di seluruh pelosok, ya walaupun kalau masalah kecepatannya masih kalah jauh dengan negara-negara maju lainnya.
  2. Alamat Email. Ya syarat selanjutnya agar kita bisa mengirim fax lewat internet maka kita harus sudah mempunyai alamat email. Lebih baik lagi alamat email sendiri bukan alamat email perusahaan atau yang lainnya. Bukan hal yang sulit saat ini untuk membuat alamat baru. Anda bisa melihat cara membuat alamat baru pada tulisan saya terdahulu. Alamat email ini juga nantinya akan kita butuhkan jika kita ingin bisa menerima fax dari orang lain. Dan juga alamat email dibutuhkan untuk menyimpan berkas dokumen fax yang diterima dalam format PDF.
  3. Berkas Yang Akan Dikirim. Selanjutnya juga kita harus mempersiapkan berkas-berkas yang akan dikirim lewat fax. Bedanya jika kita kirim fax menggunakan mesin fax maka berkas tersebut dalam bentuk hardcopy. Namun jika kirim fax lewat internet ini berkas yang akan dikirim harus dalam bentuk softcopy. Anda bebas dalam memilih file format softcopy, bisa format pdf, jpg, png, dan sebagainya. Jika ingin mengirim fax menggunakan smartphone atau android maka pastikan juga softcopy berkas sudah tersimpan didalam smartphone Anda.
  4. Daftar Di Layanan Kirim Fax Online. Syarat terakhir adalah kita harus sudah mempunyai akun di beberapa situs layanan kirim fax online. Cara ini akan saya bahas dibawah ini.

Hanya empat syarat itu saja maka Anda sekarang juga bisa kirim fax menggunakan internet. Dengan melakukan pilihan kirim fax menggunakan layanan internet maka kita bisa menghemat biaya saluran telepon karena biayanya jauh lebih murah. Bahkan kalau sekedar kirim fax saja kita dapat melakukannya secara gratis. Akan menghemat tagihan listrik Anda, toner, dan kertas karena tidak membutuhkan mesin fax.

Berikut Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Atau Secara Online Dan Gratis

Jika ketiga persyaratan diatas sudah Anda siapkan lanjut ke persyaratan keempat yang sekilas sudah saya bahas diatas yaitu membuat akun di situs penyedia layanan fax online. Banyak sekali situs-situs yang dapat kita manfaatkan untuk mengirim fax lewat email, salah satunya yang sering saya gunakan adalah di situs HelloFax. Di situs HelloFax kita dapat mengirim fax secara gratis kapanpun dan dimanapun. Jika Anda ingin mempunyai nomor fax untuk menerima fax dari orang lain maka bisa memperolehnya dengan bayaran kurang dari $10 per-bulannya.

Penasaran? Silakan Anda daftar dulu di situs HelloFax secara gratis ….

Anda masukkan alamat email yang nantinya akan dihubungkan dengan layanan kirim fax online di HelloFax kemudian klik Get Started. Jika Anda membuat alamat email di akun Google atau GMail, maka disini Anda bisa melakukan Sign Up menggunakan akun Google juga.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (2)

Disini Anda akan diberi penawaran apakah Anda akan membeli nomor fax yang nantinya dibutuhkan untuk menerima fax dari orang lain? Nomor fax ini layaknya nomor fax sebenarnya yang dapat menerima fax yang dikirim orang lain dari mesin fax. Jika berminat maka Anda akan dikenakan biaya terjangkau perbulannya yaitu sekitar dibawah $10 dan klik Sure, I’ll check it out. Namun jika Anda tidak mau membuat nomor fax dan hanya ingin melakukan kirim fax saja maka silakan Anda klik No thanks I’m good.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (3)

Sampai langkah ini Anda perlu membuka alamat email dulu karena Anda harus memverifikasi alamat email yang terhubung dengan HelloFax. Silakan Anda login di alamat email dan temukan link verifiy dari HelloFax di kotak masuk.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (4)

Begitu Anda klik Verify your email address maka Anda akan diantarkan ke halaman baru HelloFax untuk mengisi Password (kata sandi). Kata sandi ini akan Anda butuhkan jika nanti ingin kembali Login di situs HelloFax. Silakan Anda buat dulu password di kolom yang sudah disediakan kemudian klik Continue.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (5)

Apakah nanti setiap Anda selesai mengirim fax di HelloFax mau dikirim sebuah pemberitahuan dari HelloFax yang berupa file attachment? Sebaiknya untuk menjaga privasi dan agar Anda mempunyai arsip kiriman maka silakan pilih saja opsi Just Me kemudian klik pilih Continue.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (6)

Ok pembuatan akun di HelloFax sudah Anda selesaikan dengan sempurna dan kini saatnya Anda melakukan kirim fax kepada siapapun dan dimanapun. Anda klik Upload Files untuk mengunggah file berkas yang sebelumnya sudah disimpan di smartphone atau komputer yang selanjutnya berkas tersebut akan dikirimkan. Selain itu Anda juga dapat mengambil file yang tersimpan di Google Drive, Dropbox, Applikasi Box (AppBox), Evernote, dan OneDrive.

Jika sudah memilih file berkas yang akan dikirim selanjutnya adalah kita ketik nomor fax penerima di kolom Enter a fax number. Selain nomor fax disini Anda juga harus mencantumkan nomor wilayah dan negaranya. Jika fax yang Anda kirim ingin disertakan sebuah cover, silakan Anda klik pilih Cover page, jika tidak cukup klik Send dan langsung proses pengiriman fax akan dilakukan.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (7)

Ini adalah tampilan halaman untuk membuat cover yaitu terdiri dari To (tujuan fax dikirim) From (pengirim) dan Message (sebuah pesan singkat).

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (8)

Setiap Anda selesai mengunggah file atau berkas untuk dikirim lewat fax menggunakan HelloFax maka nanti akan disertakan tombol untuk mengedit file tersebut secara langsung. Anda klik Fill Out & Sign untuk melakukan perubahan file secara langsung misal ingin menambahkan sedikit kata-kata atau sebagainya.

Cara Kirim Fax Menggunakan Internet Gratis (9)

Ok mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Kirim Fax Menggunakan Internet di layanan situs kirim fax online HelloFax. Bagaimana mudah bukan? Kini Anda sudah bisa mengefax lewat email tanpa harus menggunakan mesin fax, saluran telepon, toner, dan kertas. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu …

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Menurut saya sih kalo fax tetep bagus pake mesin fax. Tergantung seberapa penting berkas yang bakal dikirim.

    • Iya mas produk jadul tidak jelek juga malah banyak produk jadul bisa jadi barang antik dan harganya juga bisa mahal. Namun terkait dengan mesin fax ini hanya solusi bagi mereka yang kesulitan kirim fax karena tidak ada mesin. :)

  2. mengirim ke no fax indonesia nggak bisa ya..saya udah coba masukin tetapi nggak terdaftar….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *