Home / Software / Cara Kompres Gambar Hingga 98% (Resize) Dengan Modal Software Gratis

Cara Kompres Gambar Hingga 98% (Resize) Dengan Modal Software Gratis

Cara Kompres Gambar Dengan Software Gratis – Kenapa sebuah gambar perlu dikompres? Banyak alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Misal kita harus mengkompres gambar untuk mengurangi beban loading halaman blog, jika memang gambar tersebut untuk dipasang di blog. Karena dengan memajang gambar yang mempunyai ukuran besar tanpa kompres akan membuat loading blog menjadi berat. Contoh lainnya kita mengkompres gambar karena ingin menghemat kapasitas hosting terlebih blog berbayar (TLD). Dengan menggunakan gambar tanpa dikompres terlebih dahulu maka kapasitas hosting akan cepat penuh. Apalagi jenis blog yang kontennya menyajikan semacam tutorial, karena blog tutorial tanpa didukung dengan gambar maka penyajian konten akan sulit dimengerti pembaca. Masih banyak lagi alasan-alasan kenapa kita wajib mengkompres gambar.

Baca Juga : Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop

Yang paling penting bahwa kita harus mengkompres gambar adalah akan menghemat waktu upload dan juga kuota internet yang kita gunakan. Lamanya proses upload gambar itu dipengaruhi oleh kapasitas ukuran gambar itu sendiri. Selain itu juga kita bisa lebih menghemat kuota internet jika kita upload gambar yang sudah dikompres terlebih dahulu.

Cara Kompres Gambar Dengan Software Gratis 0

Dan yang paling penting lagi bahwa jika kita mengkompres gambar harus memperhatikan kualitas gambar itu sendiri. Usahakan ketika kita mengkompres gambar agar jangan sampai merusak atau mengurangi kualitas gambar sehingga gambar menjadi tidak jelas. Percuma gambar dikompres menjadi ukuran kecil dan ringan tapi gambar menjadi buram tidak jelas.

Maka dari itu saya disini akan memberikan keterangan lengkap bagaimana cara kompres gambar tanpa mengurangi kualitasnya? Cara ini sudah saya lakukan dan ketika saya ingin upload gambar ke blog terkadang menggunakan cara ini juga. Hasilnya ukuran gambar menjadi kecil namun kualitasnya sedikitpun tidak berkurang.

Berikut Cara Kompres Gambar Hingga 98% Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Untuk memenuhi kebutuhan kompres gambar banyak cara yang kita lakukan. Mulai dari menggunakan software, tanpa software, software berbayar, software gratis, software online, dan software offline. Lalu cara mana yang akan saya bagikan pada kesempatan baik ini? Disini saya akan menjelaskan cara kompres gambar dengan software gratis. Cara ini sudah terbukti ampuh bisa kompres gambar hingga 98% dan yang terpenting kualitas gambar tidak berkurang.

Pada artikel lalu saya sudah pernah membahas kompres gambar (resize) menggunakan program Adobe Photoshop. Cara tersebut yang paling sering saya lakukan. Namun jika Anda tidak suka menggunakan Photoshop, bisa mencobanya dengan cara yang akan saya tulis disini.

Baca Juga : Cara Resize Gambar Tanpa Merubah Dimensi Pixel

Software gratis apakah yang akan saya bahas disini? Saya merekomendasikan salah satu software gratis FILEminimizer Picture. Sesuai dengan namanya minimizer, software ini sangat handal untuk meminimalisir size gambar hingga 98% tanpa mengurangi kualitas gambar. Tidak ada salah Anda mencoba kehandalan software ini, dan berikut fitur-fitur software FILEminimizer Picture :

  1. Terbukti dapat mengkompres gambar hingga 98% tanpa merusak kualitas gambar itu sendiri;
  2. Mendukung hampir semua ekstensi gambar seperti JPG, JPEG, PNG, GIF, dan sebagainya;
  3. Mampu menjaga format asli (original) gambar;
  4. Memiliki fitur Batch Compress yang mempunyai fungsi untuk mengkompres gambar dalam jumlah banyak sekaligus;
  5. Memiliki tiga jenis pilihan kompresi seperti Web/Email Compression, Standard Compression, Low/Print Compression yang dapat Anda tentukan sesuai kebutuhan;
  6. Software ini sudah terintegrasi dengan Facebook yang memungkinkan Anda mengupload gambar langsung ke akun Facebook ketika selesai mengkompres gambar;
  7. Terdapat fitur search, artinya ketika Anda ingin mencari gambar untuk dikompres maka Anda bisa menggunakan fitur pencarian ini;
  8. Sangat mudah digunakan hanya dengan dua langkah saja, cari gambar yang ingin dikompres kemudian klik Optimize Files maka gambar otomatis akan dikompresi secara otomatis.

Banyaknya fitur yang dimiliki oleh software FILEminimizer Picture maka sayapun tertarik ingin menggunakannya. Pasalnya software kaya fitur ini dapat kita nikmati secara gratis. Jika tidak percaya, silakan Anda buktikan sendiri dengan donwload software FILEminimizer Picture di web resminya.

Jika sudah selesai download, silakan Anda install software FILEminimizer Picture seperti biasa di komputer atau laptop. Software ini sudah mendukung semua operasi sistem Windows (Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10) baik yang 32bit/86bit dan 64bit.

Untuk menggunakannya sangat mudah, Anda klik Open Files untuk mencari gambar yang dikompres. Jika gambar yang akan dikompres jumlahnya banyak, Anda gunakan Ctrl+A untuk membloknya. Selanjutnya Anda klik Optimize Files dan tunggu sampai proses kompres gambar selesai dengan sempurna.

Cara Kompres Gambar Dengan Software Gratis 1

Nanti gambar hasil kompres akan tersimpan otomatis didalam folder gambar semula yang masih original dengan nama file gambar baru. Secara default nama gambar hasil kompres adalah FILEminimizer, namun Anda bisa mengubahnya di Configuration.

Cara Kompres Gambar Dengan Software Gratis2

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Kompres Gambar Hingga 98% Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai jumpa lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *