Home / Microsoft Office / 4 Cara Mudah Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah Untuk Mengetahui Tanggal Lahir

4 Cara Mudah Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah Untuk Mengetahui Tanggal Lahir

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah – Entah kenapa sebabnya sistem kalender masehi lebih banyak digunakan orang-orang dibanding dengan kalender hijriyah. Mungkin saja kalender masehi lebih dulu ada dimuka bumi ini sehingga kalender masehi lebih populer dibanding kalender hijriyah. Tapi ada satu hal yang aneh, umat Islam banyak yang tidak tahu dengan kalender hijriyah. Bukankah sistem kalender hijriyah itu adalah kalendernya umat Islam karena pertama kali ada kalender hijriyah  sejak Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah? Saya yakin hanya sebagian kecil saja yang tahu nama-nama bulan Hijriyah. Berbeda dengan nama bulan Masehi, anak SD bahkan anak TK-pun sudah hafal dengan lancar.

Baca Juga : Belajar Membuat Kalender Otomatis Sendiri Di Office Excel Siap Cetak Tanpa VBA

Kalender Hijriyah sebagian umat muslim mengingatnya hanya pada hari-hari besar Islam saja, seperti Ramadhan, Isra Miraj, Maulid Nabi, Idul Adha, dan sebagainya. Semua orang mulai dari pemerintah sampai dengan rakyat akan ramai membahas kalender Hijriyah cuma satu tahun satu kali saja, yaitu ketika memutuskan kapan dimulai Puasa Ramadhan dan 1 Syawal. Dengan begitu jangankan menyebutkan satu persatu nama-nama bulan Hijriyah, mengingat tanggal lahir sendiri berdasarkan kalender Hijriyah sama sekali tidak tahu.

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah (0)

Di kalender sering kita lihat tulisan tanggal masehi akan dicetak besar atau lebih besar dibanding dengan tulisan tanggal hijriyah. Bahkan banyak juga kalender yang sama sekali tidak mencantumkan kalender hijriyah. Secara default perangkat-perangkat teknologi juga seperti PC/Laptop/HP/Smartphone, tanggal yang ditampilkan adalah kalender masehi.

Sebagai umat muslim sangat disarankan agar mengetahui kalender hijriyah. Karena banyak sekali hari-hari besar Islam yang acuannya adalah menggunakan kalender Hijriyah. Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui kalender Hijriyah? Cukup dengan menggunakan komputer atau laptop maka kita nantinya bisa tahu dengan jelas kalender Hijriyah.

Sebagai contoh kita penasaran ingin tahu tanggal lahir sendiri namun tanggal lahir berdasarkan kalender hijriyah, apakah bisa juga mencarinya dengan menggunakan komputer atau laptop? Ya, jawabannya tentu saja bisa! Istilah lainnya untuk mengubah sistem kalender masehi ke hijriyah adalah converter atau convert atau konversi.

Inilah 4 Cara Konversi Kalender Masehi ke Hijriyah Secara Manual dan Otomatis

Untuk melakukan konversi kalender masehi ke hijriyah yang akan saya bahas disini dapat dilakukan kedalam 4 cara. Cara pertama untuk mengkonversi kalender masehi ke hijriyah tidak perlu menggunakan software. Disini kita cukup melakukan perubahan Format Waktu komputer atau laptop yang kita gunakan.

1. Cara Manual Konversi Kalender Masehi ke Hijriyah

Anda sudah tahu kemana kita melihat ketika ingin mengetahui waktu (jam + tanggal) di komputer atau laptop? Ya, dari Taskbar sebelah kanan kita dapat melihat jelas informasi jam dan tanggal. Dari situ juga kita sekarang akan mengkonversi kalender masehi ke hijriyah. Silakan klik pilih Change date and time settings kemudian Change date and time.

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah (1)

Sekarang sesuaikan tanggal masehi dengan tanggal yang ingin kita cek kalender hijriyahnya. Contoh disini saya ingin mengetahui kalender hijriyah berdasarkan kalender masehi 10 Februari 1990. Setelah menentukan tanggal yang ingin dicari hijriyahnya, sekarang Anda klik pilih Change calendar settings.

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah (2)

Sekarang tanggal yang disetting di komputer kita adalah tanggal 10 Februari 1990. Tugas kita selanjutnya adalah mengkonversi tanggal masehi tersebut dengan hijriyah. Anda klik pilih Additional settings dan tunggu beberapa saat saja.

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah (3)

Pada Tab Date coba lihat di Calendar type, disitu kan tersedia dua jenis kalender yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriyah. Silakan Anda pilih type kalender Hijriyah saja dan lihat hasilnya apakah semua tanggal di komputer atau laptop berubah menjadi tulisan Arab / kalender hijriyah? Jika benar maka langkah mengkonversi kalender masehi ke kalender hijriyah telah diselesaikan dengan sempurna. Tanggal 10 Februari 1993 bertepatan dengan tanggal 14 Rajab 1410.

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah (4)

Tidak semua Operasi Sistem Windows 7 yang menyediakan pilihan untuk memilih Calendar type Hijriyah. Jika memang OS Windows Anda tidak menampikan pilihan tersebut, maka lakukan beberapa hal berikut ini :

Masih dihalaman Region and Language, silakan Anda ubah Format tanggalnnya menjadi Format Arabic (Saudi Arabia). Setelah itu klik pilih Additional settings.

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah (5)

Pilih Tab Date dan pilih Calendar type atau sesuaikan dengan kalender Hijriyah yang memiliki beberapa pilihan tanggal lebih dari satu, direkomendasikan untuk memilih type التقويم الهجري, karena pilihan tanggalnya lebih dari satu. Kalender hijriyah terdapat beberapa paham dan itu sebabnya seperti bulan puasa dan lebaran antara umat Islam tidak sama.

Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah (6)

2. Cara Otomatis Konversi Kalender Masehi ke Hijriyah

Untuk cara yang kedua ini Anda tidak perlu melakukan pengaturan tertentu pada komputer atau yang lainnya. Karena dalam konversi kalender masehi ke hijriyah ini menggunakan aplikasi converter. Aplikasi ini saya dapatkan dari website wesmi RukyatulHilal Pemerintah Indonesia. Disini Anda tinggal memilih tanggal, bulan, dan tahun pada kalender masehi yang selanjutnya ingin dikonversi ke kalender hijriyah atau sebaliknya.

3. Cara Konversi Kalender Masehi ke Hijriyah Menggunakan Office Excel

Sedangkan cara ke-3 dan 4 ini sudah pernah saya tulis artikelnya pada Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Office Excel (Konversi) Manual dan Otomatis. Untuk itu disini saya tidak akan membahas lagi dan silakan bisa Anda lihat pada artikel tersebut saja. Disana dijelaskan bagaimana cara konversi kalender masehi ke hijriyah menggunakan rumus atau formula Excel. Kemudian ada penjelasan juga cara mengubah kalender masehi ke hijriyah dengan memanfaatkan Add-Ins Office Excel.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Konversi Kalender Masehi Ke Hijriyah baik itu dengan cara manual ataupun cara otomatis. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi diartikel menarik lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *