Home / WordPress / Cara Melakukan Enable Keep Alive di WordPress

Cara Melakukan Enable Keep Alive di WordPress

Cara Melakukan Enable Keep Alive di WordPress – Diantara sekian banyak cara untuk meningkatkan kecepatan sebuah web atau blog ketika diakses, diantaranya kita harus mengaktifkan atau Enable Keep Alive. Mengaktifkan HTTP Keep Alive ini sangat disarankan juga oleh web pengukur kecepatan sebuah web atau blog, GTMetrix. Dengan melakukan Enable Keep Alive, maka ini akan mempengaruhi akan Page Speed Grade di GTMetrix.

Cara Melakukan Enable Keep Alive di WordPress 2

Baca Juga : Cara Daftar Dan Memasang Kode Google Analytics Di WordPress

Membangun sebuah web atau blog yang cepat dibuka merupakan hal sangat disarankan. Apalagi mungkin Anda sudah merasakannya bahwa kecepatan internet yang paling jelek sedunia adalah Indonesia.

Dalam membuat web lebih cepat diakses saya sendiri belum mencapai skor 100 di Page Speed Grade GTMetrix ataupun di YSlow Gradenya. Namun setidaknya kita ada usaha keras untuk memaksimalkannya sesuai kemampuan.

Mungkin Anda juga sudah tahu, jika sebuah web atau blog sangat cepat dibukanya, maka di mata Google akan mendapat peringkat lebih tinggi. Dan juga pengunjung blog akan senang jika sebuah web atau blog yang dia akses lebih cepat daripada blog lainnya.

Dalam hal HTTP Keep Alive kebanyakan penyedia hosting menonaktifkannya, karena menurut kabar akan mempengaruhi beban server dari hosting tersebut. Tapi sebetulnya Anda bisa dengan mengaktifkan HTTP Keep Alive karena tentunya kecepatan web atau blog Anda sangat diprioritaskan.

Selanjutnya untuk melakukan Enable Keep Alive di WordPress yang merupakan untuk menunjang kecepatan sebuah web atau blog adalah sebagai berikut :

Tempatkan kode berikut di file .htaccess yang terdapat di root web atau WordPress Anda.

<ifModule mod_headers.c>
 Header set Connection keep-alive
 </ifModule>

Kode diatas Anda tambahkan pada baris paling atas di file .htaccess WordPress Anda. Untuk masuk ke .htaccess silahkan Anda pergi ke CPanel tempat Anda menyewa hosting. Atau jika Anda menggunakan Plugin WordPress SEO By Yoast, file .htaccess bisa Anda temukan di submenu Edit Files Yoast WordPress SEO di Dashboard wp-admin.

Sekarang cek Page Speed Grade WordPress Anda di GTMetrix, apakah sudah bertambah nilainya? Semoga sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

21 comments

  1. Kalau share hosting biasa bisa gak pakai enable keep alive ini?
    Syarat hostingnya apaan kalau mau pakia ini

    • Saya rasa semua self host bisa Mas, karena rata-rata self host mendukung mod_headers

    • Seperti yang diterangkan sama mas Arie, semua hosting rata-rata sudah suport untuk menerapkan trik Enable Keep Alive ini. Tapi biasanya ada juga hosting yang mengaktifkannya. Untuk memastikannya, dicek aja dulu di GTMetrix.

  2. ntar kalo sudah self hosted baru praktek, sekarang mah masih numpang rumahnya :D

  3. Alhamdulillah punya saya sudah 100% mas Keep Alive nya

    • Saya tinggal Optimasi Gambar dan Defer Parsing Javascript mas, belum mempunyai waktu luang banyak untuk melakukannya.

  4. Makasih mas, ini artikel yang saya cari dan sangat membantu karena baru ngecek di webpagetest.org belum memakai keep alive. Oh iya mas, biasanya untuk gambar berapa sih size yang ideal untuk dimasukkan ke dalam wordpress, karena saya cek kompresi gambar saya masih terlalu besar dan masih mendapatkan rating F di webpagetest.org

    • Tepatnya saya juga kurang tahu mas, tapi baiknya diberi resolusi 72 pixel saja dan dikompress sama Photoshop sebelum diupload. Caranya bisa lihat di tulisan ini. Atau dengan menggunakan plugin WP SmushIT, saya pernah menulis disini.

  5. terima kasih ya kak atas informasinya, dicoba dulu nih

  6. Wuih…langsung saya coba pagespeednya langsung A mas… tapi untuk Yslow masih C….mohon untuk solusi Yslownya mas agar bisa A atau B

    • Bisa dicari letak permasalahannya pada masing-masing grade YSlow mas. Apakah blognya sudah dicompress CSS-nya? Biasanya terletak pada itu selain permasalahan lain.

  7. Mantep banget mas, di blog saya yang tadi grade Enable Keep Alivenya 69 setelah dipasang langsung jadi 100 di cek pake gmetrix. Makasih banyak.

  8. makasih yaa postnya sangat membantu sehingga kita jadi tau cara untuk meningkatkan kecepatan sebuah web atau blog ketika diakses, diantaranya kita harus mengaktifkan atau Enable Keep Alive. Mengaktifkan HTTP Keep Alive ini sangat disarankan juga oleh web pengukur kecepatan sebuah web atau blog, GTMetrix. Dengan melakukan Enable Keep Alive, maka ini akan mempengaruhi akan Page Speed Grade di GTMetrix.

  9. Keren. Terimakasih informasinya. sangatt membantu saya sekarang saya jadi bisa Melakukan Enable Keep Alive di WordPress. saya akan membagi informasi ini kepada teman teman saya

  10. Terimakasih informasinya, Artikelnya sangat Menarik !! itu sangat membantu sekali dan sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *