Home / Teknologi / Cara Melakukan Fetch As Google Di Webmaster Tools

Cara Melakukan Fetch As Google Di Webmaster Tools

Cara Melakukan Fetch As Google Di Webmaster Tools – Fetch as Google dilakukan untuk mengambil artikel yang baru saja dibuat agar bisa cepat keindex sama mesin pencari Google. Seperti yang sudah dibahas pada Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google selain membuat artikel unik salah satu cara agar artikel cepat keindex Google adalah dengan melakukan Fetch as Google di Webmaster Tools.

Baca Juga : Saatnya Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia

Salah satu syarat agar bisa melakukan Fetch as Google tentunya web harus sudah terdaftar di Webmaster Tools. Untuk cara daftar di Webmaster Tools silakan Anda mencari di Google, karena beberapa web sudah banyak yang membahasnya.

Setelah web terdaftar di Webmaster Tools selanjutnya bagaimana cara melakukan Fetch as Google? Baik saya akan coba terangkan dengan modal pengetahuan alakadarnya.

Pertama silakan login di Webmaster Tools dengan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. Nanti Anda masuk ke menu Crawl > Fetch as Google.

cara melakukan fetch as google 00

Setelah berhasil masuk ke menu Crawl > Fetch as Google, langkah selanjutnya Anda input URL artikel yang akan direkomendasikan kedalam indeknya Google. Contoh disini saya akan memasukkan URL artikel Saatnya Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia. Saya hilangkan domainnya, menjadi pindah-data-center-us-ke-data-center-indonesia/. Selanjutnya Anda klik FETCH AND RENDER.

cara melakukan fetch as google 1

Tunggu beberapa saat, Webmaster Tools sedang bekerja pengambilan URL yang telah kita input. Setelah Webmaster Tools berhasil mengambil URL artikel yang kita input, Anda klik Submit to index.

cara melakukan fetch as google 3

Anda akan dihadapkan pada pilihan metode penggunaan. Disini tersedia dua opsi, Crawl only this URL (Google hanya akan melakukan perayapan URL ini saja) dan Crawl this URL and its direct links (Google akan melakukan perayapan ke URL artikel dan semua link yang terdapat didalam artikel).

Jika Anda memilih opsi pertama, Google memberi batasan melakukan Fetch as Google sebanyak 500 artikel setiap bulannya. Tapi jika Anda memilih opsi kedua, Anda hanya diberi kewenangan melakukan Fetch as Google sebanyak 10 artikel setiap bulannya. Disini saya memberi contoh memilih opsi pertama saja. Terakhir klik Go.

cara melakukan fetch as google 4

Tunggu beberapa saat, dan jika telah sukses melakukan Fetch as Google maka status URL artikel yang kita input berupa menjadi Complete atau sempurna.

cara melakukan fetch as google 5

Dengan demikian sekarang artikel Anda telah berhasil untuk direkomendasikan agar bisa cepat keindek sama mesin pencari Google. Silakan Anda cek di mesin pencari Google dengan mengetikan judul artikel yang kita input tadi. Jika hasilnya belum keindek mungkin ada yang kurang dengan optimasi SEO web Anda, misal belum memiliki sitemap.xml dan lain-lain.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

53 comments

  1. kalau yang ini saya cukup submit url beranda sama sitemap aja deh mas..

  2. Thx Mas. Kemaren sudah saya coba. :D

  3. Cara yang sempurna untuk melakukannya di webmaster tools, terimakasih akang tutorialnya. :D

  4. Pilihannya juga pada jumlah batas maksimalnya yah, mas. saya coba cara di atas mas. matur nuhun :)

  5. saya coba triknya mas, blom pernah memanfaatkan…trims info dan langkahnya

  6. kemaren saya agak tergagap saat Mamang Yono bilang soal webmaster
    terus saya nyoba nyari tau dulu. wahh bener2 saya baru tau
    lebih kompleit taunya sekarang disini

  7. terimakasih gan buat nambah pengetahuan :)
    salam blogwalking

  8. sy baru tau cara ini mas,padahal udh lama ngeblog hehe :)

  9. Kalau saya suka yang alami saja. Biarin saja si googlenya datang sendiri. :D

  10. wahh ternyata cara melakukan Fetch as google di webmaster ini gak terlalu sulit yah mas jujur nih awalnya saya bingung soalnya tutorial mas ini pake webmaster yang pke bahasa inggris dan kalo punya saya bahasa indo tapi alhamdullilah sudah bisa sekarang mah :D

  11. Jadi ini fungsinya tools yang satu ini, kirain untuk apa…??? Terima kasih atas sharing yang bermanfaat ini ya Mas

    • Iya gan, monggo dicoba saja Fetch as Googlenya biar artikel bisa cepat keindek Google.

  12. Dwi Oetami Satyarini

    Tolong beri tau caranya untuk memverifikasi website ke webmaster ?

  13. terima kasih mas, saya baru membuat blog, panduannya sangat membantu..

  14. Dwi Oetami Satyarini

    Kenapa milik saya masih redicter yah , tolong bantunanya ?

    • Mungkin redirect mas. Bisa diperjelas lagi masalahnya!

      • Dwi Oetami Satyarini

        milik saya status masih redirect , kan seharunsya completed , tolong bantuanya

        • Bisa kirim screenshotnya mas, biar jelas!

          • Ihsan - stasiunmode.com

            mas, yang punya saya statusnya juga masih redirected, kenapa ya?padahal web sy yg lain sy coba langsung complete.
            mohon pencerahannya mas. Terimakasih

            • Mas coba cek lagi file robots.txt dan sitemap.xml yang dipasang di Google Webmaster Tool. Biasanya masalah tersebut ada di hal-hal seperti itu.

  15. Ouh begitu baru ngerti jadinya apa fungsinya dan bagaimana caranya XD masih awam nih hihihihih

  16. waaaw,, makasih sob,, sangaat bermanfaat, terus update ya sob

  17. memang benar fetch as google membantu untuk mepercepat index google .
    trima kasih

  18. terima kasih banyak mas, fetch as google sangat membantu mempercepat indeks blog, harus cepat di praktekin nih, info yang sangat menarik !

  19. stony si puchai

    makasih mas infonya sebenarnya saya sudah tahu cara caranya cuman saya mau tahu mas Lebih Ampuh mana Sumbit Artikel di Webmastertools/sumbit url DENGAN sumbit url di fecth as google . . mohon bales ya mas kalau tahu jawabannya…. salam blogger

    • Sebetulnya submit link artikel di Google Webmaster Tools adalah bagi mereka blognya yang baru lahir terutama yang blognya sulit diindex sama Google. Untuk blog lama yang traffiknya sudah seimbang, tanpa melakukan Fetch as Googlepun nanti artikel akan terindex dengan baik.

  20. Kumpulan Cara Menarik

    Metode ini masih asing ditelinga saya.. Belum bgtu banyak istilah blogging yg sy ketahui, untk itu saya mencari informasi di blog ini. Blognya bagus mas, terimakasih sekarang jadi tau apa itu fetch as and render. Salam kenal

  21. wah Gan, punya ane juga redirected nih… kasus kayak gini bakal jadi masalah nggak ya? tolong dong gimana cara mengatasinya?

  22. apakah fetch as google ini bisa digunakan untuk percepat index backlink di webmaster, karena saya bangun backlink gambar baju gamis ke homepage website, tapi tidak kunjung terindex sebagai backlink? semoga dapat pencerahan

    • Fungsi Fetch As Google adalah hanyalah untuk membantu mempercepat pengindexan artikel di Search Engine. Tentunya hal ini hanya berlaku bagi blog baru saja. Karena blog lama biasanya begitu artikel dipublish nanti juga akan keindex Search Engine.

  23. ternyata fitur Fetch as Google pada webmaster memiliki peran penting dalam pengindexan artikel baru ya ?!

  24. infonya sangat membantu saya yang lagi baru belajar ngeblog ,artikel anda sangat bermanfaat dan menambah ilmu ngeblog buat saya terima kasih

  25. ternyata google webmaster mempunyai fitur lain seperti submit url. saya baru mengetahui nya mas fitur fetch as google ini

  26. sangat bagus artikelnya barangkali sungguh banyak manfaatnya kebetulan banyak artikel yang belum terindex,makasih sekali lagi

  27. gan seandainya pindah webmaster lama, terus create yang baru, ada efek yang fatal gak bagi web? terima kasih

    • Tidak ada! Tapi jangan lupa untuk menyisipkan kembali script metanya pada header template. Kemudian lakukan kembali submit artikel di Webmaster dan Sitemapnya juga.

  28. Sudah saya coba gan untuk tipsnya, tapi di webmaster toolsnya sudah url submited to index, saat di cek di mesin pencarian dengan site:url.website yang di masukan knpa gk muncul yah gan..

  29. saya sudah coba dengan cara anda min, tapi statusnya yang muncul bukan complete, tapi malah redirected
    menurut anda itu gimana mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *