Home / Software / Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD

Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD

Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD – Entah kenapa akhir-akhir ini saya sedang suka membahas cara melakukan partisi hardisk. Setelah sebelumnya pernah menulis cara partisi hardisk ketika sedang install Windows dan cara melakukan partisi hardisk di Windows 7 ketika setelah selesai install Windows. Saya pikir rasanya kurang lengkap jika tidak membahas cara melakukan partisi hardisk dengan Hiren’s BootCD. Oleh karena itu kesempatan baik ini, saya akan coba menerangkannya dengan lengkap. Karena bisa saja kita lupa melakukan partisi ketika sedang install Windows, terutama Windows XP.

Baca Juga : Cara Kirim Email Tanpa Menggunakan Akun

Kenapa harus menggunakan software Hiren’s BootCD? Karena software ini merupakan software terbaik untuk melakukan partisi hardisk. Terutama untuk Windows XP kita tidak bisa melakukan partisi jika memang kita sudah selesai install Windows. Berbeda dengan Windows 7 serta Windows 8.

Sebelum dimulai tutorial cara melakukan partisi hardisk menggunakan Hiren’s BootCD, sebaiknya Anda sudah mempunyai softwarenya. Tenang saja, software Hiren’s BootCD ini bisa kita miliki secara gratis. Silakana Anda unduh dulu di WEB resmi Hiren’s BootCD.

Saat ini Hiren’s BootCD sudah mencapai versi 15.2 serta mempunyai ukuran 592.5 MB. Bukan hanya bisa melakukan partisi hardisk saja kemampuan Hiren’s BootCD ini. Selain itu Hiren’s BootCD bisa kita gunakan untuk memperbaiki hardisk bad sector, membuka proteksi/password Windows, dan masih banyak lagi.

Setelah Anda sukses unduh software Hiren’s BootCD di WEB resminya, silakan backup/burning dulu softwarenya ke dalam CD/DVD. Kita tidak bisa menggunakan Hiren’s BootCD tanpa melakukan backup ke CD/DVD.

Inilah Cara Melakukan Partisi Hardisk Menggunakan Hiren’s BootCD

Kita mulai saja tutorialnya jika memang Anda sudah unduh Hiren’s BootCD dan juga sudah melakukan burning ke CD/DVD. Silakan Anda masukkan CD/DVD ke CD/DVD Rom dan setting bios komputer menjadi ke booting CD/DVD. Ketika komputer sudah mulai masuk ke tampilan Hiren’s BootCD, Anda pilih Mini Windows XP. Caranya bisa dilihat pada tulisan sebelumnya disini.

Tunggu beberapa saat sampai tampilan Mini Windows XP tampil dengan sempurna. Selanjutnya Anda klik Start dan HBCD Menu. Kemudian pilih Programs > Partition/Boot/MBR > Partition Wizard Home Edition. Kita disini akan melakukan partisi hardisk menggunakan Mini Tool Partition Wizard salah satu fitur Hiren’s BootCD.

Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren's BootCD 1

Sebelum dilanjut, kita pahami dulu fungsi dari masing-masing tool Partition Wizard ini, diantaranya :

  1. Apply = Memiliki fungsi untuk menyetujui proses kita dalam membuat partisi hardisk;
  2. Undo = Ini fungsinya untuk mengembalikan proses sebelumnya, jika kita telah melakukan kesalahan ketika sedang membuat partisi hardisk;
  3. Discard = Untuk membatalkan seluruh kegiatan kita dalam melakukan partisi hardisk;
  4. Move/Resize = Fungsinya untuk memindahkan/merubah ukuran partisi yang telah dilakukan;
  5. Merge = Memiliki fungsi untuk menggabungkan seluruh partisi. Misal kita memiliki tiga partisi, drive C, D, dan E. Maka jika kita ingin menggabungkannya kembali, gunakan tool ini;
  6. Create = Fungsi ini untuk membuat sebuah partisi baru di hardisk;
  7. Delete = Jika kita ingin menghapus partisi yang telah dilakukan, maka gunakan tool yang satu ini;
  8. Format = Fungsinya untuk menghapus seluruh data yang ada dalam partisi hardisk;
  9. Copy = Memiliki fungsi untuk menyalin/duplikat partisi dan data yang terdapat didalamnya;
  10. Label = Untuk menentukan sebuah nama baru. Atau bisa juga digunakan untuk merubah nama sebelumnya.

Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren's BootCD 2

Setelah kita mengetahui masing-masing fungsi tool Partition Wozard, baiklah mari kita lanjutkan lagi tutorialnya. Dalam contoh kali ini saya memiliki sebuah hardisk baru/kosong. Artinya hardisk tersebut belum dipartisi sama sekali. Ukuran hardisk yang akan dipartisi dalam tutorial ini adalah 16 GB.

Kita klik hardisknya (Unallocated) kemudian klik Create untuk membuat sebuah partisi baru. Jika Anda ingin melakukan partisi hardisk pada partisi yang sudah ada, caranya gampang, Anda tinggal memilih saja drive mana yang akan dipartisi lagi hardisknya.

Cara-Melakukan-Partisi-Hardisk-Hiren's-BootCD-3

Nanti jika kita sudah klik tool Create, maka akan tampil sebuah halaman baru/Create New Partition. Bagian ini adalah untuk menentukan hal-hal penting dalam melakukan partisi hardisk. Yang harus kita tentukan adalah, Partition Label = Beri nama partisi yang akan kita buat, contoh Partisi Satu. Untuk pengaturan lainnya seperti : Create As, Drive Letter, File System, dan Cluster Size kita biarkan saja.

Selanjutnya tentukan ukuran partisi pertama yang akan kita buat. Disini saya memberi ukuran untuk nama Partisi Satu adalah 10000 MB/10GB. Secara otomatis, setelah kita menentukan ukuran maka akan terlihat sebuah ruang pada tampilan Size And Location. Terakhir klik OK.

Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren's BootCD 4

Lihat gambar dibawah! Kita sukses membuat partisi baru dengan nama Partisi Satu dan ukuran yang diberikan setelah kita menentukan ukuran 10 GB menjadi 9,70 GB. Karena sisanya dibuat untuk Unallocated/System.

Cara-Melakukan-Partisi-Hardisk-Hiren's-BootCD-5

Sekarang buat lagi sebuah partisi lagi, karena masih ada tersisa ukuran 6,23 GB. Klik pada Unallocated lalu pilih Create.

Cara-Melakukan-Partisi-Hardisk-Hiren's-BootCD-6

Lakukan hal serupa seperti pada langkah pertama tadi. Dan untuk ukuran, karena sisanya sudah sangat minim kita biarkan saja menjadi ukuran default. Kemudian untuk label partisi contoh disini kita memberi nama/label Partisi Dua. Klik OK.

Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren's BootCD 7

Ok sekarang kita sudah mempunyai dua partisi, yaitu pertama dengan nama Partisi Satu dengan ukuran 9,70 GB dan Partisi Dua 6,20 GB. Jika sudah selesai, close saja program Partition Wizardnya.

Cara-Melakukan-Partisi-Hardisk-Hiren's-BootCD-8

Kemudian Restart komputer dengan cara klik Start > Shut Down > Restart.

Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren's BootCD 9

Selesai sudah tutorial cara melakukan partisi hardisk Windows dengan Hiren’s BootCD. Semoga sukses dan semoga bermanfa’at. Jika Anda menemui kesulitan, silakan jangan sungkan-sungkan sampaikan saja di kotak komentar.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. gan saya gk bisa masuk mini windows xp nya.. gmna ya solusinya.. malah muncul tulisan file not found setelah ane pilih mini windows xp

    • Coba gunakan CDHiren di PC/Laptop lain. Mungkin saja itu CDHiren jelek atau mungkin CD/DVDRoom optiknya ga bisa baca CD.

  2. Gan kalo systemnya bisa kita edit sendiri gk.. soalnya ane mau clone win 10 gk mungkin kan systemnya cuma 9.8 mb.. biasanya 500mb. Mohon pencerahan gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *