Home / WordPress / Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor Default WordPress

Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor Default WordPress

Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor – Bagi pengguna WordPress baik WordPress.com ataupun WordPress.org saya yakin Rich Text Editor mungkin sudah tidak asing lagi dipendengaran mereka. Fitur WordPress yang satu ini adalah yang paling sering kita temui dan kita gunakan. Rich Text Editor adalah fitur WordPress yang paling penting. Karena dari Rich Text Editor kita bisa membuat tulisan untuk diterbitkan baik di single.post ataupun page blog.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Emoticon Di WordPress Tanpa Plugin

Tampilan halaman Rich Text Editor layaknya program pengolah kata atau data seperti Microsoft Office Word. Dari sinilah artikel kita dibuat untuk diterbitkan. Kelengkapan fitur yang ada di halaman Rich Text Editor sangat memudahkan kita ketika sedang membuat artikel. Kita bisa menebalkan tulisan, memberi warna tulisan, membuat tag h1, h2, h3, dan seterusnya, membuat blockquote, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya kelengkapan fitur dari Rich Text Editor WordPress ini sudah cukup untuk menulis sebuah artikel. Namun tidak ada salahnya jika kita lebih melengkapi lagi tombol fungsi yang ada di halaman Rich Text Editor. Setelah kita lihat lagi halaman Rich Text Editor ini ternyata tidak ada tombol fungsi untuk membuat tabel, menyisipkan script dari Youtube, fungsi merubah jenis huruf dan ukuran huruf, dan lain-lain. Demi untuk lebih memudahkan lagi ketika kita sedang membuat artikel, maka mari kita lengkapi tombol fungsi default halaman Rich Text Editor.

Berikut Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor WordPress

Untuk melengkapi tombol fungsi yang ada di tampilan Rich Text Editor kita bisa memanfa’atkan plugin TinyMCE Advanced. Plugin ini bisa kita dapatkan secara gratis.

Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor Default WordPress 0

Silakan Anda download terlebih dahulu plugin TinyMCE Advanced kemudian installkan dan aktifkan.

Nanti jika kita selesai download dan menginstall plugin TinyMCE Advanced, maka di menu Pengaturan akan bertambah submenu baru, yaitu TinyMCE Advanced.

Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor Default WordPress 1

Berikut adalah tampilan halaman Rich Text Editor WordPress yang sudah saya tambahkan tombol fungsinya dengan menginstall plugin TinyMCE Advanced.

Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor Default WordPress 2

Untuk menambahkan tombol-tombol fungsi tertentu di halaman Rich Text Editor ini kita bisa menuju ke menu Pengaturan kemudian TinyMCE Advanced. Anda tinggal melakukan drag dan drop tombol-tombol yang ingin Anda aktifkan atau tampilkan di halaman Rich Text Editor.

Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor Default WordPress 3

Dengan begitu jika tamilan halaman Rich Text Editor lebih lengkap lagi, maka proses pengerjaan artikel akan semakin cepat. Kita bisa membuat artikel yang lebih menarik lagi, misal merubah jenis hurufnya, merubah ukuran huruf, memberi warna lain di latar belakang artikel, dan sebagainya.

Ok mungkin hanya itu saja tulisan singkat tentang Cara Melengkapi Tampilan Rich Text Editor dengan menggunakan plugin TinyMCE Advanced. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *