Home / Teknologi / Cara Sederhana Dan Singkat Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software (Kebal Virus)

Cara Sederhana Dan Singkat Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software (Kebal Virus)

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software – Setiap pengguna komputer tentunya sudah paham betul apa itu Flashdisk. Si-mungil ini paling sering mereka gunakan sebagai media eksternal untuk menyimpan berbagai macam data. Flashdisk dapat menampung apapun jenis atau ekstensi data seperi video, dokumen, lagu, gambar, software dan sebagainya. Karena sifatnya yang mudah dibawa kemana-mana dan ketika disimpan tidak perlu membutuhkan ruang khusus maka kini bukan hanya pengguna komputer saja yang biasa menggunakan Flashdisk. Saat ini banyak pemutar audio dan video yang sudah dilengkapi dengan colokkan USB sehingga sebagai medianya dapat menggunakan Flashdisk tidak dengan kepingan CD/DVD.

Baca Juga : Kurang Dari 25 Detik Bisa Memperbaiki Flashdisk Write Protected Dengan Software

Seiring perkembangan teknologi maka kini kapasitas Flashdisk terus ditingkatkan. Dulu pertama kali muncul, Flashdisk hanya memiliki kapasitas mega byte (mb) saja. Namun kini sudah banyak Flashdisk yang memiliki kapasitas giga byte (gb) bahkan kalau tidak salah sudah ada Flashdisk yang memiliki kapasitas tera byte (tb). Wooow sungguh kapasitas yang mengagumkan! Dengan Flashdisk yang memiliki kapasitas 64gb saja kita dapat menyimpan ratusan bahkan ribuan audio format .mp3. Hebatnya lagi dengan kapasitas sebesar itu dapat kita beli dengan harga terjangkau tidak seperti harga Flashdisk 5 tahun yang lalu yang tergolong mahal.

Ok yang akan saya bahas disini bukan harga dan kapasitas, namun pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi cara bagaimana melindungi Flashdisk dari virus? Bagaimana membuat Flashdisk yang kebal dari virus?

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software

Perlu kita tahu bahwa benda kecil ini sangat rawan sekali terjangkit oleh virus. Ya memang benar bahwa Flashdisk sangat mudah untuk dihinggapi virus apalagi jika Flashdisk sering dicolokkan sana-sini maka sangat mudah sekali virus hinggap didalamnya. Anda perlu berhati-hati dengan kerentanan Flashdisk oleh virus ini. Jangan sampai benda besar (CPU) dapat dikalahkan dengan benda sekecil Flashdisk. Komputer atau laptop dapat tertular virus yang dibawa oleh Flashdisk. Maka daripada itu kita wajib untuk meningkatkan kekebalan Flashdisk agar tidak mudah terserang penyakit (virus).

Berikut Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software

Kenapa Flashdisk sangat mudah sekali terjangkit virus? Alasan tepatnya sayapun tidak tahu, namun yang jelas faktany memang begitu. Cara kerja virus hingga bisa masuk ke Flashdisk adalah virus secara otomatis akan membuat folder yang bernama autorun.inf. Ketika Flashdisk dicolokkan ke USB komputer/laptop yang didalamnya ada virusnya maka dengan sendirinya akan menularkan penyakit terhadap Flashdisk tersebut. Induk virus secara otomatis akan bertengger didalam folder autorun.inf dalam Flashdisk yang selanjutnya akan menyebarkan penyakit ke Windows komputer/laptop lain.

Seperti yang sudah disinggung pada judul artikel ini kalau kita akan memodifikasi Flashdisk agar lebih kebal dari virus tanpa menggunakan software. Untuk sekedar melindungi Flashdisk dari virus sebetulnya kita tidak perlu menggunakan software lain lagi. Cukup dengan operasi sistem Windows kita sudah bisa membuat Flashdisk yang kebal dari infeksi virus.

Lakukan langkah berikut ini untuk membuat Flashdisk kebal dari virus. Dan ingat ketika Anda mempraktikkan cara ini usahakan komputer/laptop yang digunakan bersih dari virus.

  1. Colokkan Flashdisk ke USB komputer/laptop dan pastikan kalau Flashdisk juga sudah bersih dari virus. Anda bisa scan dulu Flashdisk menggunakan AntiVirus yang sudah diupdate;
  2. Buat folder didalam Flashdisk dan beri nama inf. Lihat artikel cara membuat folder di komputer jika Anda belum tahu caranya;
  3. Buka folder baru yang telah dibuat tadi (folder autorun.inf) kemudian buat file Notepad dan beri nama sembarang, misal txt. Untuk membuat file Notepad, Anda bisa klik kanan pada layar kerja kemudian klik pilih New kemudian Text Document;
  4. Ganti nama file yang dibuat oleh Notepad (kebal.txt) dengan huruf-huruf unik. Untuk membuat huruf-huruf unik ini Anda bisa menggunakan program Character Map sebuah aplikasi bawaan Windows. Untuk mengaktifkan Aplikasi Character Map silakan dari Start > All Programs > Accesories > System Tools > Character Map. Buat huruf-huruf unik dengan Fonts yang berakhiran Unicode, misal Arial Unicode kemudian copy paste ke nama file Notepad (rename);
  5. Flashdisk siap digunakan ….

Kini didalam Flashdisk Anda sudah terdapat folder baru dengan autorun.inf dan didalam folder autorun.inf sudah tersimpan file Notepad dengan nama unik. Biarkan kosong saja file Notepad tersebut dan nantinya data-data bisa Anda simpan diluar folder autorun.inf.

Cara kerja Flashdisk Anda sekarang seperti yang sudah dibahas diatas bahwa virus akan membuat folder otomatis dengan nama autorun.inf. Namun kini virus tidak bisa membuatnya karena didalam Flashdisk sudah ada folder autorun.inf. Kemudian virus juga tidak bisa menularkan virus kedalam folder autorun.inf karena didalamnya terdapat file unik. Virus tidak akan bisa menghapus atau mengganti folder autorun.inf tersebut karena folder yang kita buat akan memblokir setiap virus yang masuk.

Ok mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan selamat mencoba. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Biasanya untuk melindungi flashdisk dari virus kta bisa menggunakan antivirus yang mana ya Kang ? Repot juga kalau terserang virus flashdisk yang menyimpan data kesayangan kita yang penting.

    • Langkah amannya setiap kita menancapkan Flashdisk ke USB kita scan dulu kang dengan AntiVirus uptodate, misal AVG. Itupun kalau Flashdisk kita bekas dicolokkan ke USB komputer orang lain.

  2. mantap kang infonya, mau dicoba nih.
    tapi kang, kalau flashdisk kita sudah terinfeksi virus, apakah cara ini bisa berfungsi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *