Home / WordPress / Begini Cara Memasang Favicon di Blog WordPress

Begini Cara Memasang Favicon di Blog WordPress

Begini Cara Memasang Favicon di Blog WordPress – Favicon adalah gambar icon sebagai logo sebuah blog yang muncul disamping kiri address bar. Favicon adalah singkatan dari favorite icon, artinya gambar favorit. Contoh Favicon web info-menarik.net adalah sebagai berikut :

cara-memasang-favicon-di-blog-1

Baca Juga : Cara Pasang FeedBurner Di WordPress Dengan Form Menarik

Cara memasang favicon untuk WordPress.com dan WordPress.org berbeda, walaupun fungsinya sama. Pengguna WordPress.com tidak perlu dipusingkan dengan pengaturan kode hanya untuk menampilkan favicon, karena pihak WordPress.com sudah menyediakan fasilitasnya. Anda tinggal menentukan atau mengupload sebuah gambar yang akan dijadikan favicon.

Baca Juga : Cara Membuat Gambar Format ICO Dengan Photoshop

Pengguna WordPress.com, favicon atau gambar icon blog bisa kita buat dalam format selain .ico (favicon.ico) seperti format jpg. png. gif.

Selanjutnya membuat gambar file format .ico selain kita bisa menggunakan program Photoshop, dan juga kita bisa menggunakan situs online. Banyak web online untuk melakukan generate gambar format .ico. Silakan Anda cari di mbah Google.

Dalam membuat gambar untuk dijadikan favicon blog, disarankan agar Height dan Weight-nya disamakan, seperti 16 x 16 px, 32 x 32 px, 48 x 48 px, 64 x 64 px, dan lain-lain. Sangat disarankan juga, size gambar tidak perlu yang ukuran besar, karena akan mempengaruhi loading blog, cukup 72 px saja.

Cara Memasang Favicon di Blog WordPress.com

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa untuk memasang favicon di WordPress.com tidak sulit. Karena pihak WordPress.com sudah menyediakan fasilitas untuk mengupload gambar yang akan dijadikan favicon blog.

Caranya adalah, setelah Anda selesai membuat favicon atau gambar untuk dijadikan icon blog baik offline atau online, simpan gambar tersebut di komputer. Silahkan Login pada link berikut : http://namadomain.wordpress.com/wp-admin untuk masuk ke Dasbor WordPress. Setelah window Dasbor aktif, klik menu Pengaturan dan pilih submenu Pengaturan Umum. Klik Pilih File dan cari gambar favicon yang Anda simpan di komputer. Terakhir klik Unggah Gambar dan selesai.

Cara Memasang Favicon di Blog WordPress.org

Untuk WordPress.org memasang gambar icon harus bermain dengan sedikit kode. Pertama upload gambar yang akan dijadikan favicon blog format .ico, .jpg, .png, .gif dan lain-lain ke root public_html themes yang Anda gunakan.

Selanjutnya copy paste kode berikut untuk memanggil gambar favicon yang sudah Anda upload dan tempatkan di header.php dibawah head :

<link rel="shortcut icon" href="http://nama_domain_anda/wp-content/themes/nama_tema/nama_file_gambar_dan_formatnya" />

Contoh link rel favicon web info-menarik adalah :

<link rel="shortcut icon" href="http://info-menarik.net/wp-content/themes/infomenarik/favicon.ico" />

Keterangan :

  1. Nama Domain : http://info-menarik.net
  2. Nama Tema : Info Menarik
  3. Nama File Gambar : Favicon dan Format Gambar : .ico

Jika gambar favicon Anda upload ke Folder Image tema yang Anda gunakan, tinggal menambah nama folder images atau image setelah nama tema, contoh :

<link rel="shortcut icon" href="http://nama_domain_anda/wp-content/themes/nama_tema/images/nama_file_gambar_dan_formatnya" />

Demikian tulisan Begini Cara Memasang Favicon di Blog WordPress. Silakan dipraktekkan saja.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

16 comments

  1. TLD yang beli di wordpress.com juga sama ya caranya Mas?

    • Kalau domain yang migrasi menggunakan WordPress.com sama dengan blog WordPress yang masing gratisan mas.

  2. Iya nih, kadang saya sering gak jadikan .ico, soalnya .jpg pun bisa diupload jadi favicon.

  3. Terimakasih mas, artikel ini sungguh membantu saya.

  4. Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.
    Terimakasih bos atas infonya, sukses selalu ..!

  5. thaks much,blog ane jadi lebih cantik di bandingjan kemaren, ini komentar kok harus banyak kayya artikel saja

    • Moderasi komentar dan pembatasan karakter komentar untuk menghindari komentar yang hanya numpang lewat sekedar mengucapkan “say hello” saja … :)

  6. Tahta Laksana

    Makasih mas, berhasil cara yang kedua di wp saya. matur nuhun.
    Sebelumnya saya pakai cara di blog sebelah ternyata malah blank warna putih doang website saya. Eh, pakai script ini berhasil.

    ok ! sudah panjang kali ya :D

  7. halo kawan, kok saya udah upload image nya and save tapi saya udah refresh favicon di wp saya kok masih default ya?
    saya pakai yang wp.com

    • Padahal domain wp.com tidak seribet wp.org. Mungkin gambar yang mas upload tidak memenuhi syarat untuk favicon. Coba upload gambar lain dan refresh browser.

  8. Hm.. kayanya artikel ini perlu di update mas, soalnya di wordpress 4.3 keatas udah ada fasilitas ganti favicon sendiri di menu costumize

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *