Home / WordPress / Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress Sekaligus Embed Flash Google Site

Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress Sekaligus Embed Flash Google Site

Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress – Pernahkan Anda terpikirkan bagaimana caranya memasang file SWF di blog seperti WordPress? Dan memang kita tidak bisa secara langsung memasang file SWF ini kedalam blog WordPress. Mengingat agar file SWF bisa dijalankan maka kita harus menguploadnya terlebih dahulu dan nanti yang kita ambil adalah URL file SWF. Namun masalahnya file SWF biasanya memiliki ukuran yang rata-rata sangat besar atau diatas 10 MB. Tentunya hal ini akan menghabiskan space WordPress apalagi jika space yang kita miliki sangat pas-pasan. Lalu bagaimana solusinya? Disini saya akan bahas sampai tuntas untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Video Slideshow Dari Foto Dengan Musik

Sebelum dilanjut apa itu file SWF? SWF adalah nama file yang merupakan kepanjangan dari Shockwave Flash. File ekstensi SWF biasanya akan menghasilkan file animasi gambar vektor yang umumnya suka dipakai atau untuk dipajangkan di web. Agar file SWF bisa dijalankan maka kita meski menginstal flash player, baik flash player yang diinstal di komputer dan juga di web browser.

Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress (1)

Anda mungkin pernah melihat tayangan semacam kuis di internet atau dipasang di website, nah biasanya kuis tersebut dibuat dalam format SWF. Untuk membuat file ekstensi SWF menggunakan program khusus, contohnya untuk membuat kuis SWF bisa menggunakan Wondershare QuizCreator.

Baca Juga : Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri Atau Yang Lainnya

Berikut Cara Memasang File SWF (Shockwave Flash ) Di Blog WordPress

Pastikan Anda saat ini sudah memiliki file ekstensi SWF dan Anda tinggal memasangnya saja. Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa agar file SWF bisa dijalankan di WordPress maka kita meski menguploadnya terlebih dahulu. Mengingat ukuran filenya sangat besar maka kita harus menggunakan pihak lain saja. Dimana kita harus mengupload file SWF? Saya rekomendasikan Anda mengupload file SWF di Google Site.

Ya benar dengan Google Site maka kita bisa memasang file SWF di WordPress. Yang kita butuhkan nanti adalah hanya sebuah URL hasil upload dari Google Site tersebut.

Langkah pertama silakan Anda buka halaman resmi Google Site dan buatlah site baru disana. Oh iya untuk login di Google Site gunakan akun Google yang Anda miliki. Anda masih ingat bukan kalau satu akun Google berlaku untuk semua akun yang dikelola oleh Google seperti Youtube, Google+, Google Site, dan sebagainya.

Cara membuat site baru di Google Site sangatlah mudah, Anda tinggal klik Create dan isi kolom Name your site dengan site yang ingin dibuat, contoh disini saya mengisi Info Menarik. Setelah kita mengisi kolom Name your site, maka otomatis pada kolom URL akan terisi juga alamat sesuai dengan yang kita isi pada kolom Name your site tersebut. Disini juga Anda bisa memilih Template yang ingin digunakan pada tampilan site kita nanti, dan juga Anda bisa memilih jenis theme lain.

Sementara kita abaikan saja pengaturan lain dan disini Anda wajib untuk memverifikasi reCAPTCHA. Jika kedua kolom sudah Anda diisi yaitu kolom Name your site dan kolom URL silakan Anda klik Create.

Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress (2)

Jika sukses maka Anda akan diantarkan kehalaman baru atau tampilan site baru Anda di Google Site. Proses selanjutnya disini Anda harus klik Share.

Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress (3)

Ok pembuatan site baru di Google Site sudah selesai, dan kini saatnya Anda harus upload file SWF. Caranya silakan Anda klik pilih Attachments dan Upload. Cari file SWF Anda yang akan diupload dan yang selanjutnya akan dipasang di blog WordPress.

Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress (4)

Jika proses upload sudah Anda selesaikan dengan sempurna, sekarang yang Anda butuhkan adalah sebuah URL file SWF tersebut. Untuk mengetahui URL file SWF caranya klik kanan pada link Download dan pilih Copy link address.

Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress (5)

Sementara Anda paste dulu link URL file SWF tersebut pada Notepad atau Office Word. Contoh URL Google Site adalah sebagai berikut :

https://sites.google.com/site/infomenariknet/CBTSimulatorLPKSejongEducation.swf?attredirects=0&d=1

Yang Anda butuhkan nantinya adalah URL yang diberi warna merah saja, selebihnya bisa Anda hapus.

Apakah kita sekarang langsung bisa memasang URL tersebut di blog WordPress? Kita tidak cukup hanya dengan link URL file SWF itu saja, namun kita memerlukan kode embed. Karena tanpa kode embed ini file SWF tidak bisa dijalankan namun hanya akan tampil sebagai link aktif saja. Berikut kode embed Flash atau file SWF yang kita butuhkan :

<embed src="URL SWF" type="application/x-shockwave-flash" width="70" height="50" align="middle"></embed>

Silakan Anda ubah URL SWF tersebut dengan URL yang kita dapatkan tadi dari Google Site. Kemudian Anda tempatkan kode embed flash yang sudah diubah tersebut di blog WordPress. Dan ingat untuk menempatkan kode tersebut di WordPress harus pada mode HTML/Javascript bukan mode Visual. Sesuaikan juga ukuran width dan height dengan tempat untuk menampilkan file SWF nanti. Biasanya agar tampilannya maksimal maka sebaiknya file SWF ditampilkan tanpa sidebar.

Contoh kode embed flash yang sudah ditambahkan URL file SWF Google Site :

<embed src="https://sites.google.com/site/infomenariknet/CBTSimulatorLPKSejongEducation.swf" type="application/x-shockwave-flash" width="70" height="50" align="middle"></embed>

Bagaimana mudah bukan? Semoga Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress ini ada manfaatnya. Asal tahu saja kalau trik ini bukan hanya untuk blog WordPress saja, namun tentunya di blog lainpun seperti Blogspot bisa mempraktikkannya. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Saya sudah coba. Tp yang muncul hanya linknya saja. Mohon bantuannya…..
    Oh iya untuk ini, maksudnya apa ya type=”application/x-shockwave-flash” ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *