Home / Teknologi / Terganggu Dengan Autoplay Video Facebook? Inilah Cara Mematikan Autoplay

Terganggu Dengan Autoplay Video Facebook? Inilah Cara Mematikan Autoplay

Cara Mematikan Autoplay Video Facebook – Mungkin selama ini Anda menyadari kalau fitur video di Facebook akan berjalan otomatis. Artinya tanpa kita klik Play maka video ini bisa berjalan secara otomatis. Sudah lama Facebook memberikan aturan ini, tepatnya fitur ini dinamakan video autoplay. Dengan adanya fitur autoplay video Facebook kita akan terbantu ketika ingin memutar video tidak perlu klik play lagi. Namun disatu sisi banyak orang yang tidak menyukai fitur Facebook yang satu ini. Dari banyak alasan, yang paling dominan adalah fitur autoplay video Facebook bisa dengan cepat memangkas kuota internet. Dan tentunya kita sendiri tidak ingin memutar semua video yang dilihat di Facebook.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Mematikan Fitur Autorun Autoplay Di Windows

Fitur autoplay video Facebook ini dapat dinikmati oleh seluruh pengguna Facebook di dunia baik yang menggunakan komputer (PC) atau smartphone. Dengan adanya fitur autoplay video maka setiap video yang diunggah member Facebook dan tampil di timeline Facebook maka secara otomatis begitu kita lihat akan melakukan play sendiri. Keuntungan dengan adanya fitur autoplay video ini maka setiap video yang diunggah di Facebook akan banyak memperoleh tampilan/tayangan (viewer).

cara-mematikan-autoplay-video-facebook-1

Apakah Anda suka dengan fitur Facebook yang satu ini? Saya sendiri kurang menyukainya, karena bisa membuat boros kuota internet. Apalagi seperti yang sudah kita sadari bahwa kecepatan internet di Indonesia tergolong lelet. Kita mengakses Facebook buka ingin melihat video, dan jika mempunyai maksud untuk menonton video kenapa tidak mengakses web Youtube saja. Tenang, walaupun Facebook memberikan aturan autoplay pada video, kita dengan leluasa dapat menonaktifkannya.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube Tanpa Menggunakan Software

Berikut Cara Mematikan Autoplay Video Facebook Dengan Mudah

Tidak sulit untuk mematikan (disable) fitur autoplay video Facebook, karena Facebook sendiri sudah menyediakan fasilitasnya. Kita cukup melakukan disable pada pengaturan autoplay video Facebook. Silakan Anda login di akun Facebook kemudian klik pilih tombol popup yang berada di sebelah kanan atas lalu klik Pengaturan (Settings).

cara-mematikan-autoplay-video-facebook-2

Setelah halaman Pengaturan terbuka, sekarang Anda klik pilih Tab Video (paling bawah).

cara-mematikan-autoplay-video-facebook-3

Sekarang dihadapan Anda adalah dua pengaturan video, yaitu pengaturan untuk kualitas video dan pengaturan untuk autoplay video. Untuk mematikan fitur autoplay video silakan Anda klik pilih tombol yang awalnya bertuliskan Default pada Auto-Play Videos kemudian klik Off. Dengan begitu kini Anda tidak akan melihat lagi fitur play otomatis pada video Facebook. Walaupun begitu jika Anda ingin memutar video di Facebook berarti Anda sekarang harus klik play secara manual.

Selain pengaturan autoplay video, Anda juka bisa mengubah kualitas video Facebook yang ditonton. Terdapat dua kualitas video di Facebook yaitu kualitas HD dan kualitas SD.

cara-mematikan-autoplay-video-facebook-4

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen Selamanya

Lalu bagaimana untuk mematikan fitur autoplay video Facebook di smartphone atau android? Untuk mematikan autoplay video Facebook di perangkat mobile atau tablet adalah setelah Anda login di Facebook silakan klik Setting (sudut kanan atas bentuk garis-garis).

cara-mematikan-autoplay-video-facebook-5

Kemudian Anda klik pilih Pengaturan Aplikasi dan klik lagi Video Diputar Secara Otomatis. Nanti dihadapan Anda akan muncul popup dan Anda klik Off atau klik pilih Wi-fi only. Artinya fitur autoplay video akan otomatis dijalankan hanya ketika koneksi internet Anda menggunakan Wifi.

cara-mematikan-autoplay-video-facebook-6

Sampai disini artikel Cara Mematikan Autoplay Video Facebook sudah selesai. Dan kini Anda sudah tidak akan melihat lagi video berjalan secara otomatis. Ok semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *