Home / Teknologi / 2 Cara Mudah Mematikan Fitur Autorun Autoplay Di Windows : Pemicu Masuknya Virus

2 Cara Mudah Mematikan Fitur Autorun Autoplay Di Windows : Pemicu Masuknya Virus

Cara Mematikan Autorun Autoplay Di Windows – Ketika kita menjalankan media eksternal seperti Flashdisk, Hardisk, CD/DVD Rom di Operasi Sistem Windows maka secara otomatis akan menampilkan kotak dialog baru dilayar desktop bertuliskan Autoplay. Tepatnya lagi fitur Autorun atau Autoplay ini akan tampil begitu kita memasukkan media eksternal ke komputer/laptop. Untuk media eksternal yang didalamnya terdapat file Autorun maka ketika media tersebut tersambung ke komputer akan berjalan otomatis tanpa kita perintah. Contoh jelasnya fitur Autorun ini biasanya akan disisipkan dalam CD/DVD Motherboard, Nero, dan sebagainya.

Baca Juga : Penyebab Masalah CD Rom Dan Solusi Terbaiknya

Media eksternal seperti CD/DVD Rom yang begitu kita masukkan ke komputer berjalan otomatis menampilkan intruksi seperti perintah install itu disebabkan didalamnya terdapat file Autorun yang berekstensi .inf. File autorun.inf ini berisi perintah untuk memanggil file ekstensi .exe sehingga ketika media tersebut dijalankan akan otomatis bekerja. Sayangnya bagi sebagian orang fitur autorun.inf ini sering disalahgunakan untuk menyebarkan virus ke komputer/laptop. Virus bisa cepat masuk jika datangnya melalui fitur Autorun atau Autoplay, karena ketika media dimasukkan akan otomatis bekerja.

Cara Mematikan Autorun Autoplay Di Windows (1)

Karena mengaktifkan fitur Autorun atau Autoplay di OS Windows itu berbahaya, maka sebaiknya fitur ini dinonaktifkan saja. Kecuali jika kita sudah bisa membedakan file yang terinfeksi virus atau bukan ketika media eksternal dimasukkan ke komputer. Sehingga jika kita sudah bisa membedakan file yang mengandung virus atau bukan maka kecil kemungkinan komputer akan terkena virus meski fitur Autorun atau Autopaly diaktifkan. Asal kita tahu virus sangat mudah menyerang pada Flashdisk dan nantinya bisa menyelinap masuk ke komputer melalui fitur Autorun.

Baca Juga : Cara Sederhana Dan Singkat Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software (Kebal Virus)

Memang sih sebenarnya fitur Autorun atau Autoplay ini diciptakan untuk mempermudah user ketika menjalankan media eksternal. Kita tidak perlu membuka Windows Explorer atau My Computer secara manual.

Cara Mematikan Autorun Autoplay Di Windows (2)

Lihat saja contoh gambar diatas (kotak dialog Autoplay)! Gambar diatas akan kita lihat ketika kita memasukkan media eksternal ke komputer dan AutoPlay-nya akan berada di Open folder to view files untuk membuka seluruh file yang berada didalam media eksternal. Jika file yang berada di media eksternal adalah video, maka langkah cepatnya disini kita bisa memilih Media Player.

Berikut 2 Cara Mematikan Autorun Autoplay Di Operasi Sistem Windows

Jika kita tidak suka dengan adanya fitur Autorun atau Autoplay atau alasan demi keamanan komputer agar tidak mudah terinfeksi virus, sebetulnya fitur ini bisa kita matikan (disable). Tentunya jika komputer sudah terinfeksi virus akan banyak sekali kerugiannya, misal kinerja komputer menjadi lambat, dan sebagainya.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Ada dua cara untuk mematikan Autorun Autoplay di OS Windows, dan disini saya akan memberikan contoh di OS Windows 7.

1. Mematikan Autorun Autoplay Melalui Control Panel

Cara termudah untuk menonaktifkan fitur Autoplay di Windows adalah melalui Control Panel. Silakan Anda akses halaman Control Panel, bisa melalui Start > Control Panel atau dari Run (Windows+R) ketik Control Panel > OK. Setelah halaman Control Panel aktif Anda klik pilih Hardware and Sound > AutoPlay. Sekarang kita bisa dengan bebas untuk memilih media mana yang akan kita nonaktifkan AutoPlay-nya atau untuk mematikan semua media AutoPlay kita bisa menghilangkan centang/checklist pada Use AutoPlay for all media and devices.

Cara Mematikan Autorun Autoplay Di Windows (3)

2. Mematikan Autorun Autoplay Melalui GPEdit

Langkah selanjutnya untuk mematikan fitur Autorun atau Autoplay Windows bisa kita lakukan dari halaman GPEdit. Untuk masuk kehalaman GPEdit langkah cepatnya melalui Run. Aktifkan Run dari Start > Run atau dengan menekan tombol logo Windows+R pada keyboard. Anda ketikkan GPEdit.msc pada kotak pencarian Run klik OK.

Pada bagian Computer Configuration Anda klik pilih Administrative Templates kemudian Windows Components lalu Autoplay Policies. Pada panel Setting (sebelah kanan) Anda klik ganda (double klik) Turn off Autoplay.

Cara Mematikan Autorun Autoplay Di Windows (4)

Nanti akan tampil kotak dialog baru (Turn off Autoplay). Disini kita harus memilih Enabled karena akan mengaktifkan perintah untuk mematikan fitur Autoplay. Begitu kita memilih Enabled silakan pilih All Drives saja untuk mematikan semua fitur Autoplay kemudian klik OK. Restart komputer untuk mengetahui hasilnya.

Cara Mematikan Autorun Autoplay Di Windows (5)

Ok mungkin hanya itu saja 2 Cara Mematikan Autorun Autoplay Di OS Windows. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapa saja yang membutuhkan. Salam sukses dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. sip, tutorialnya work nanti akan tampil kotak dialog baru (Turn off Autoplay). Disini kita harus memilih Enabled

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *