Home / Microsoft Office / Cara Membatasi Cell (Kolom & Baris) Excel Yang Hanya Bisa Diisi Dengan Angka Saja

Cara Membatasi Cell (Kolom & Baris) Excel Yang Hanya Bisa Diisi Dengan Angka Saja

Cara Membatasi Cell Excel Hanya Angka – Ketika membuat data di Office Excel, terkadang ada salah satu cell yang harus kita isi dengan angka saja, misal cell nomor handphone, cell kartu identitas, dan sebagainya. Sebaiknya untuk menghindari kesalahan dalam proses mengisi data maka kita buat aturan baru yang hanya memperbolehkan pengisian angka saja pada cell tersebut. Artinya ketika suatu saat kita isi cell itu dengan huruf atau yang lainnya maka cell akan menolak untuk menyimpan data, kecuali jika angka. Walaupun tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi kesalahan ketika mengetik angka. Namun setidaknya bisa mengurangi resiko kesalahan.

Baca Juga : Cara Lengkap Menyembunyikan Sheet Tertentu dan Semua Sheet Di Office Excel

Bukan hal yang sulit membuat batasa cell Excel yang hanya bisa diisi dengan angka saja. Office Excel dibuat khusus untuk pengolahan data, maka dari pada itu segala apapun proses pengolahan data solusi terbaiknya menggunakan Office Excel.

Cara Membatasi Cell Excel Diisi Dengan Angka (0)

Untuk membatasi cell Excel yang hanya bisa diisi angka saja kita bisa menggunakan fitur Excel Data Validation. Dengan Data Validation maka nantinya setiap data yang kita isi di cell akan divalidasi lagi sesuai pengaturan yang telah kita buat sebelumnya.

Inilah Cara Membatasi Cell Excel Yang Hanya Bisa Diisi Angka Saja

Ok kita mulai saja tutorialnya. Silakan Anda buka Office Excel dan blok atau tandai cell yang akan Anda batasi fungsinya atau cell yang nantinya khusus untuk pengisian angka saja. Selanjutnya klik pilih menu Data dan Data Validation.

Cara Membatasi Cell Excel Diisi Dengan Angka (1)

Setelah itu dari tab Settings silakan buat pengaturan seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Opsi Allow Anda pilih Whole number, pada Data silakan pilih greater than, dan pada kolom Minimum Anda isi dengan angka 0. Kolom Minimum artinya itu adalah batasan angka yang tidak diperbolehkan.

Cara Membatasi Cell Excel Diisi Dengan Angka (2)

Selanjutnya Anda klik pilih tab Error Alert. Sebetulnya langkah ini tidak terlalu wajib juga, namun jika Anda menginginkan ada muncul pesan error ketika terjadi kesalahan pengisian data maka silakan lakukan pengaturan pada tab ini. Pilih Style jenis Stop saja dan Title disini saya mengisi dengan Perhatian! Kemudian untuk isi pesan silakan Anda isi pada kolom Error message dengan yang Anda inginkan.

Cara Membatasi Cell Excel Diisi Dengan Angka (3)

Ok mari kita coba dan bagaimana hasilnya? Disini saya awalnya telah membatasi pada cell A1 dan saya coba mengetik huruf ABC (selain angka) dan hasilnya bisa Anda lihat pada contoh gambar dibawah bahwa Office Excel telah menolak.

Cara Membatasi Cell Excel Diisi Dengan Angka (4)

Bagaimana sungguh sangat mudah bukan? Mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Membatasi Cell Excell Yang Hanya Bisa Diisi Angka Saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yuang membutuhkan. Salam bahagia dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *