Home / Software / Cara Memberi Harakat (Syakal) Pada Tulisan Arab Menggunakan Aplikasi Mishkal

Cara Memberi Harakat (Syakal) Pada Tulisan Arab Menggunakan Aplikasi Mishkal

Cara Memberi Harakat (Syakal) Pada Tulisan Arab – Dan memang ketika kita selesai mengetik huruf Arab di komputer tidak akan otomatis ada harakatnya. Harakat atau syakal harus kita buat lagi secara manual. Untuk sekedar memberi harakat pada ketikan Arab tidak harus menggunakan aplikasi atau software. Secara default kita bisa memanfaatkan fitur yang berada pada keyboard. Caranyapun cukup mudah dan umumnya ketika akan memberikan harakat menggunakan keyboard harus sambil menekan tombol Shift. Disini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang cara memberi harakat atau syakal menggunakan keyboard.

Baca Juga : Hanya Dengan Cara Ini Bisa Mengetik Angka Arab Di Office Word Dengan Mudah

Pada kesempatan ini saya akan coba membahas salah satu software yang khusus dirancang pembuatnya untuk memberi harakat pada ketikan Arab. Software ini akan memberi syakal secara otomatis. Tentunya hal ini akan meningkatkan produktivitas kita ketika mengetik huruf Arab di komputer.

Software yang maksud bernama Mishkal (مشكال). Software ini dibuat serta dikembangkan oleh Thoha Zaruqi seorang Programer FOSS asal Algeria (Al Zazair).

Dengan menggunakan software Mishkal memungkinkan kita bisa memberi harakat secara otomatis pada ketikan Arab. Selain itu software ini bisa kita gunakan untuk mengoreksi peroses pemberian harakat. Software Mishkal bisa kita dapatkan secara gratis langsung dari developernya. Kita tidak perlu menginstall software Mishkal di komputer, karena software Mishkal bersifat portable.

Ketika artikel ini dibuat, software Mishkal sudah mencapai versi 0.1.4 dan suport digunakan pada Operasi Windows All Version. File portable software Mishkal mempunyai ukuran hanya 35 MB saja.

Download Software Mishkal

Selain software Mishkal, diatas saya lampirkan juga font KFGQPC Uthman Taha Naskh. Cara install font di komputer silakan Anda bisa dilihat pada artikel berikut ini.

Berikut Cara Memberi Harakat (Syakal) Pada Tulisan Arab Menggunakan Mishkal

Sukses download software Mishkal dan menginstall font Uthman Taha Naskh, kita mulai saja tutorialnya. Memberi harakat atau syakal dengan Mishkal caranya cukup mudah. Silakan Anda ekstrak dulu software Mishkal dengan aplikasi WinRAR atau sejenisnya.

Jalankan software Mishkal dengan klik ganda mishkal-gui.exe.

Sebagai contoh saya akan memberi harakat pada ketikan Arab seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Untuk mengetik serta mengaktifkan huruf Arab di komputer silakan bisa dilihat caranya pada artikel berikut.

Setelah selesai mengetik huruf Arab pada jendela Mishkal, untuk memberi harakat silakan Anda klik tombol (تشكيل). Anda juga bisa memberi harakat pada ketikan Arab yang dibuat pada program lain, misal dari Office Word. Caranya cukup copy paste saja ketika Arab tersebut.

Berikut adalah contohnya ketikan Arab yang sudah diberi harakat menggunakan software Mishkal :

Meskipun software Mishkal dirancang khusus untuk memberi harakat secara otomatis, namun tidak terlepas juga dari kesalahan. Kemungkinan akan terdapat satu atau lebih kata yang tidak sesuai. Artinya pemberian syakal dengan Mishkal tidak menjamin 100% benar. Untuk itu silakan koreksi setiap Anda selesai memberi syakal.

Untuk mengoreksi setiap kata yang salah caranya cukup mudah, Anda tinggal klik kanan pada kata yang mau dibenarkan dan pilih bacaan mana yang benar.

Jika pilihan bacaan yang direkomendasikan Mishkal tidak ada, maka Anda harus membuat harakat secara manual. Tenang, karena Mishkal sudah menyediakan pilihan harakat manual pada Toolbar.

Selain itu software Mishkal tidak hanya bisa kita gunakan untuk memberi harakat saja. Kita bisa mengubah tampilan huruf menjadi lebih besar atau lebih kecil. Kita juga bisa mencetak (print) hasil huruf Arab. Atau mungkin saja kita ingin mengubah jenis huruf Arab dengan font lain.

Baca Juga : 200+ Download Gratis Fonts Arabic Tanpa Ribet Langsung Pakai

Bagaimana canggih bukan? Silakan mencoba dan mungkin artikel Cara Memberi Harakat (Syakal) Pada Tulisan Arab dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Assalaamu alaykum wa rahmatullah,
    terima kasih infonya,
    mau tanya, yg di screeenshot ini http://info-menarik.net/wp-content/uploads/2017/01/Cara-Memberi-Harakat-Syakal-Pada-Tulisan-Arab-3.jpg

    menggunakan khad/font apa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *