Home / Android / 7 Cara Membuat Android Support OTG Dengan Mudah, Layak Anda Coba!

7 Cara Membuat Android Support OTG Dengan Mudah, Layak Anda Coba!

Cara Membuat Android Support OTG – Saat ini bagi yang memiliki smartphone Android mungkin sedikit banyak pernah mendengar istilah USB OTG. Maksud dari istilah ini yaitu kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk bisa membaca dan melakukan pertukaran file dengan berbagai perangkat mobile.

Baca Juga : Cara Menggunakan Kuota 4G Di Handphone 3G Yang Cukup Mudah

Adapun perangkat yang dimaksud ini meliputi hardisk, flash disk, bahkan stk PS yang biasa Anda gunakan untuk main game PS. Jadi selain untuk membaca dan bertukar file, USB OTG ini memungkinkan Anda untuk bermain PS di Android.

OTG sendiri merupakan singkatan dari On The Go.  Sayangnya tidak semua Android bisa support OTG. Smartphone yang baru keluar akhir-akhir ini kebanyakan memang sudah support dengan USB OTG ini. Akan tetapi berbeda dengan yang sudah lama rilis. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan cara membuat Android support OTG.

1. Pastikan HH Sudah Dalam Keadaan Rooted

Agar bisa membuat Android Anda support dengan OTG, cara pertama adalah dengan memastikan bahwa HH Anda sudah dalam keadaan rooted. Hal ini perlu dilakukan karena cara membuat Android support OTG ini menggunakan metode kode yang akan disisipkan dalam folder sistem. Untuk bisa masuk ke sistem tersebut diharuskan meminta izin dari root.

2. Download USB Host Check

Untuk cara membuat Android Anda support OTG ini memerlukan bantuan sebuah aplikasi. Aplikasi ini bernama USB Host Check di mana aplikasi ini bersifat gratis. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di PlayStore atau langsung menuju link https://usb-host-check.id.aptoide.com/. Selain bersifat gratis, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu sebesar 200 KB.

3. Buka Aplikasi USB Host Check

Saat aplikasi USB Host Check sudah berhasil diunduh, cara membuat Android Anda support OTG selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Kemudian perhatikan pada bagian paling atas dan bagian bawah. Lihatlah apakah pada bagian atas menunjukkan tanda centang merah. Selain itu lihat juga apakah pada bagian bawah muncul peringatan  “usb host support is not enable on this device”. Jika ada, maka itu artinya tidak ditemukan file Android.hardware.usb.host.xml di Android Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuatnya secara manual. Perlu diketahui bahwa pada device yang tidak support akan muncul tanda silang merah.

4. Download File Scriptnya

Cara membuat Android Anda support OTG yang berikutnya yaitu dengan mengunduh file scriptnya. Jika Anda belum mempunyai file script ini, Anda  bisa mencari file tersebut di mesin pencarian untuk kemudian segera diunduh. Atau silakan coba download file script yang sudah saya sediakan pada link berikut.

Kemudian simpan dan letakan file tersebut pada folder etc/permissions. Hal ini memerlukan akses root. Buka kembali aplikasi USB Host Check dan silakan lakukan cek ulang. Jika benar semua maka sekarang akan menjadi cheklist hijau.

Baca Juga : 7 Cara Root Android Tanpa PC Menggunakan Beberapa Aplikasi Terpercaya

5. Pindah Menggunakan Aplikasi Root Explorer

Hal ini sebetulnya sudah dijelaskan pada point 4 diatas yaitu setelah diunduh, selanjutnya Anda bisa memindahkan (push) ke etc/permissions. Untuk memindahkannya Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan ini bernama aplikasi Root Explorer (RootEx). Silakan download pada link berikut https://rootexplorer.co/.

6. Cek Kembali Menggunakan USB Host Check

Begitu Anda selesai memindahkan file tersebut, maka sekarang Anda bisa untuk mengeceknya ulang. Anda bisa mengecek menggunakan aplikasi yang sebelumnya sudah ada download yaitu aplikasi USB Host Check.

7. Lihatlah Hasilnya

Cara membuat Android support OTG yang terakhir adalah hal yang paling Anda tunggu-tunggu. Di sini Anda tinggal melihat hasilnya saja. Setelah dicek menggunakan aplikasi USB Host Check, hasil dari pengecekan tersebut akan muncul di layar Anda.

Begitu Anda melihatnya, Anda mungkin akan merasa sangat senang karena Android Anda bukan lagi yang dulu. Sekarang Android Anda sudah support dengan USB OTG. Mungkin sudah terbayangkan oleh Anda bagaimana kemudahan yang akhirnya bisa Anda nikmati. Anda tidak perlu repot lagi untuk memindah file ke laptop saat Anda membutuhkan file yang disimpan di flash disk atau hardisk. Terlebih lagi kini Anda bisa bermain game PS di smartphone Android Anda.

Itulah beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk membuat smartphone Android Anda bisa support dengan USB OTG. Cara ini merupakan cara yang dilakukan dengan menambahkan script pada sistem Android. Dalam memasukkan script ini diperlukan hak akses root di dalamnya. Saat ini akan cukup sulit bahkan tidak mungkin jika melakukannya tanpa di root terlebih dahulu. Meskipun cara ini menggunakan script, akan tetapi tidak semuanya berhasil menerapkannya pada smartphone. Karena ada sebagian yang tidak bisa melakukannya dan berhasil, tetapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba melakukannya terlebih dahulu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Ilmunya mantab ini….bisa dicoba di android saya… Tapi masalahnya hp nya belum di root, maih takut kalu gagal dan bootlop..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.