Home / Software / Cara Singkat & Mudah Membuat Banyak Folder Sekaligus Di Komputer Windows

Cara Singkat & Mudah Membuat Banyak Folder Sekaligus Di Komputer Windows

Cara Membuat Banyak Folder Sekaligus – Bukan hal yang sulit ketika kita ingin membuat folder di komputer Operasi Sistem Windows. Namun beda lagi jika kita ingin membuat folder dalam jumlah banyak atau lebih dari satu. Mungkin kalau membuat folder dengan jumlah antara dua sampai dengan lima bisa kita lakukan secara manual. Tetapi bagaimana jika folder yang akan kita buat jumlahnya lebih dari lima folder, misal jangan tanggung-tanggung 50 atau 100 folder sekaligus. Anda bisa bayangkan sendiri jika membuat folder sebanyak 100 folder dan dilakukan secara manual entah berapa jam pekerjaan tersebut akan selesai.

Baca Juga : 10 Software Wajib Install Di Komputer & Laptop Setelah Install Ulang Windows

Sebelum dilanjutkan materinya ke cara membuat banyak folder sekaligus, tidak ada salahnya kita bahas dulu sebenarnya apa sih folder itu? Mungkin saja pembaca setia blog ini belum tahu apa itu folder atau bahkan belum tahu juga cara membuat folder di komputer.

Cara Membuat Banyak Folder Sekaligus 0

Di dunia nyata (bukan komputer) sebetulnya folder itu sering digunakan untuk menyimpan file atau berkas agar terlindungi dari debu atau file tersebut agar tidak mudah kusut. Di negara Amerika Serikat benda untuk melindungi file atau berkas tersebut dinamakan File Folder, untuk dinegara lainnya seperti di Inggris dan Australia dinamakan Folder saja. Dengan kata lain benda yang bernama File Folder atau Folder ini berfungsi untuk memisahkan file atau berkas berbentuk kertas agar terhindar dari resiko cepat rusak file. Karena pada umumnya File Folder atau Folder terbuat dari bahan yang lebih kuat atau keras dari kertas itu sendiri. Bahkan sebagian lagi ada File Folder atau Folder terbuat dari bahan tahan air seperti plastik.

Lalu pengertian Folder dalam ilmu komputer apa maksudnya? Sebetulnya Folder di dunia nyata dan di komputer intinya masih memiliki fungsi yang sama. Bahkan pengambilan nama Folder di komputer semula terinspirasi dari Folder dunia nyata.

Folder pada komputer dan Folder di dunia nyata mungkin perbedaannya terletak pada fisiknya saja. Folder komputer mempunyai bentuk digital sedangkan Folder di dunia nyata berbentuk fisik.

Pengertian Folder pada komputer berguna untuk menyimpan berbagai macam file secara terpisah dan rapih. Kita bisa mengelompokkan file didalam Folder berdasarkan jenis file itu sendiri. Misal kita mempunyai banyak file yang berantakkan di komputer. File-file tersebut terdiri file mp3, file video, file dokumen, file gambar, dan sebagainya. Agar terkesan rapih maka sebaiknya file-file tersebut kita kelompokkan kedalam Folder. Folder satu kita isi dengan file mp3, folder satunya lagi kita isi dengan file gambar, dan begitu seterusnya. Dan lagi jika kita mengelompokkan file kedalam sebuah Folder, maka kedepannya akan berguna untuk memudahkan kita dalam melakukan pencarian file.

Berikut Cara Membuat Banyak Folder Sekaligus Secara Singkat Dan Otomatis Di Komputer

Untuk membuat Folder itu sendiri di komputer sangatlah mudah. Kita tinggal pergi ke Windows Explorer dengan cara menekan di keyboard Windows+E lalu tentukan drive (C, D, E, dan seterusnya) mana yang akan dibuat Folder baru tersebut. Arahkan pointer mouse ke ruang kosong dan klik kanan > New > Folder >Rename dan selesai. Nantinya kita tinggal mengisi Folder baru tersebut dengan file dengan cara Copy Paste, Cut, atau Drag.

Atau dengan cara mudahnya ketika kita ingin membuat Folder baru di komputer adalah setelah Windows Explorer aktif dan sudah menentukan drive maka nanti diatas akan muncul tombol untuk membuat Folder baru (New Folder).

Cara Membuat Banyak Folder Sekaligus 1

Kita tinggal klik New Folder maka jadilah sebuah Folder baru. Selanjutnya secara default Folder baru tersebut bernama New Folder, maka untuk merubahnya (Rename) kita tinggal klik kanan pada Folder tersebut dan pilih rename kemudian ketik nama yang diinginkan.

Sekarang coba Anda bayangkan jika kita harus membuat banyak folder sekaligus, misal 100. Apakah kita akan melakukannya dengan cara manual seperti yang sudah dijelaskan diatas? Mungkin kalau sekedar membuat Folder sembarangan tanpa diberi nama (New Folder) akan cepat terselesaikan dengan cara diataspun. Namun jika folder-folder yang kita buat harus diberi nama juga maka entah berapa jam akan selesainya dalam membuat 100 folder sekaligus.

Solusinya dalam membuat banyak Folder sekaligus adalah menggunakan software pihak ketiga. Nah itu inti dari permasalahan artikel ini. Lalu software atau aplikasi apa untuk membuat banyak Folder secara sekaligus? Disini saya merekomendasikan software Text 2 Folders.

Software ini bisa kita dapatkan secara gratis dari si-pembuatnya dan ukurannyapun sangat kecil sekitar 411KB saja. Kita tidak perlu menginstall software Text 2 Folders di komputer, karena software ini sifatnya portable. Dengan begitu nantinya dapat dengan mudah kita bawa kemana-mana yang sudah disimpan di media eksternal seperti flashdisk.

Setelah Anda download software Text 2 Folders di website resminya, silakan Anda ekstrak menggunakan WinRAR atau WinZIP karena software ini file format ZIP/RAR. Klik ganda Text2Folders.exe maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara Membuat Banyak Folder Sekaligus 2

Saatnya beraksi! Perlu Anda ketahui sebelum mempraktikkan cara ini, sebaiknya Anda sudah mempunyai daftar nama-nama yang akan kita gunakan sebagai nama folder nanti. Untuk membuat nama-nama ini bisa menggunakan Notepad atau Office Word.

Anda tentukan dulu drive tempat folder-folder baru yang akan dibuat nanti pada Root folder dengan klik Browse. Kemudian klik pilih Manual dan salin atau copy paste daftar nama-nama yang akan ditentukan sebagai nama folder-folder nanti dan tempelkan pada ruang kosong Manual. Disini saya memberi contoh akan membuat folder baru sebanyak lima saja berikut nama foldernya juga sudah disiapkan.

Jika sudah selesai semua pengaturan-pengaturannya, terakhir klik pilih Create folders dan jadilah folder-folder baru sekaligus secara otomatis. Hebat bukan!

Cara Membuat Banyak Folder Sekaligus 3

Berapapun jumlah folder yang akan kita buat maka solusinya bisa menggunakan software Text 2 Folders ini. Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Banyak Folder Sekaligus Di Komputer menggunakan software Text 2 Folders. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *