Home / Microsoft Office / Dengan Cara Ini Bisa Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Dengan Cara Ini Bisa Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word – Membuat daftar isi di Microsoft Office Word memang kelihatannya sangat sepele. Apa sih yang sulit dalam membuat daftar isi ini? Jika dibanding dengan membuat tabel sekilas memang lebih sulit membuat tabel. Dan memang untuk membuat daftar isi di Microsoft Office Word sangatlah gampang. Namun tentunya jika membuat daftar isi otomatis beda lagi ceritanya dengan membuat daftar isi secara asal-asalan. Daftar isi otomatis membutuhkan keahlian khusus lagi dan tidak serta merta langsung bisa tanpa belajar terlebih dahulu. Ada trik khusus agar daftar isi yang kita buat menjadi otomatis. Maka dari itu saya disini ingin mencoba berbagi caranya barangkali saja pengunjung setia Info-Menarik.NET sampai saat ini belum mengetahuinya.

Baca Juga : Solusi “There Was A Problem Sending The Command To The Program” Di Excel

Daftar isi kita perlukan jika kita sedang membuat berbagai macam kebutuhan tugas sekolah, kuliah, materi tutorial, dan sebagainya. Tugas-tugas sekolah tingkat SMP/MTs biasanya sudah diperkenalkan dengan pembuatan daftar isi, misalnya dalam membuat makalah. Apalagi jika kita sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, setiap kita mendapat tugas dari dosen biasanya harus mencantumkan halaman daftar isi.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 1

Lalu apa sih daftar isi itu dan untuk apa fungsinya? Sebelum membahas cara membuatnya, mari kita bahas dulu sekilas. Daftar isi adalah sebuah halaman khusus yang isinya petunjuk untuk mempermudah pembaca dalam menemukan halaman dari buku yang dibacanya. Biasanya didalam daftar isi yang tercantum hanyalah judul-judul dari isi buku beserta nomor halaman. Jika pembaca buku ingin membaca suatu judul tertentu maka pembaca bisa langsung membuka halaman tersebut berdasarkan nomor halaman yang berada di halaman daftar isi tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 Di Microsoft Office Word

Biasanya program yang dapat diandalkan untuk membuat halaman daftar isi adalah program pengolah kata seperti Microsoft Office Word. Jika kita tahu cara mengoperasikannya maka daftar isi yang dibuat hasilnya akan rapi. Anda bisa lihat contoh gambar dibawah ini :

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2

Hal yang paling sulit dalam membuat daftar isi di Microsoft Office Word biasanya adalah membuat titik-titiknya. Jika kita tidak tahu triknya maka titik-titik dalam daftar isi tersebut hasilnya tidak rapi atau tidak rata ujungnya. Dan lagi biasanya dalam penentuan nomor halaman juga ujungnya tidak rata. Untuk itu disini saya akan memberikan cara membuat daftar isi otomatis titik-titik di Word.

Berikut Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Silakan Anda buka program Microsoft Office Word yang sudah terinstall di komputer atau laptop Anda. Dalam praktik ini saya menggunakan Microsoft Office Word 2007. Namun dalam kenyataannya Microsoft Office Word versi berapapun langkah-langkahnya masih sama.

Sebelum dimulai tutorialnya sebaiknya Ruler yang ada dalam Microsoft Office Word Anda harus diaktifkan. Caranya klik pilih menu View lalu Anda centang atau aktifkan Ruler.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 3

Setelah mengaktifkan Ruler, kini saatnya untuk memulai tutorial ini. Saya anggap Anda saat ini sudah membuat halaman daftar isi dan tinggal membuat titi-titik dan nomor halamannya.

Anda blok tulisan yang ada dalam halaman daftar isi yang nantinya akan diberi titik-titik dan nomor halaman. Dalam contoh gambar dibawah ini, saya memulai blok tulisan dari Kata Pengantar.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 4

Setelah melakukan blok tulisan sekarang Anda klik pilih menu Home dan Paragraph. Lihat contoh gambar dibawah ini :

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 5

Disini Anda hanya cukup memilih tombol Tabs…

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 6

Pada langkah ini yang merupakan inti dari tutorial membuat daftar isi otomatis. Silakan Anda pahami sampai benar-benar paham pada langkah berikut :

  1. Anda harus menentukan Tab stop position. Artinya batas akhir titik-titik yang akan kita tentukan dalam daftar isi nanti. Biasanya batas akhir titik-titik ini dikurangi 1 cm dari keseluruhan ukuran Ruler. Jika keseluruhan ukuran Ruler 14 cm maka batas akhir Tab 13 cm;
  2. Pada Alignment Anda klik pilih Left. Karena titik-titik pada daftar isi nanti mulainya dari sebelah kiri;
  3. Langkah ketiga Anda tentukan Leader atau jenis efek daftar isi untuk menunjukkan nomor halaman. Umumnya menggunakan titik-titik;
  4. Jika semua pengaturan sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, maka sekarang Anda klik pilih Set.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 7

Pada langkah ini masih sama prosesnya seperti langkah diatas. Disini Anda harus menentukan Tab stop position untuk nomor halaman. Saya contohkan ukuran keseluruhan Ruler adalah 14 cm, maka disini saya menentukan Tab stop position 14 cm saja. Artinya nanti semua nomor halaman akan terbentuk pada garis margin sebelah kanan. Kemudian pada Alignment Anda pilih Right untuk memberikan efek kursor dari sebelah kanan. Pada Leader Anda klik pilih None dan terakhir klik pilih Set.

Jika kedua pengaturan untuk membuat batas Tabs telah Anda lakukan dengan sempurna, silakan sekarang Anda klik pilih OK.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 8

Lihat gambar dibawah ini! Sekarang pada Ruler akan terbentuk dua batas tab baru yaitu pertama terletak pada batas akhir 13 cm dan kedua pada batas akhir tab 14 cm.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 9

Sekarang saatnya Anda berekspresi dari semua pembuatan tabs yang telah kita lakukan tadi. Untuk mempraktikkannya silakan Anda tempatkan kursor pada akhir tulisan, contoh pertama pada akhir tulisan Kata Pengantar. Tekan Spasi pada lalu tekan juga Tab pada keyboard. Maka jika semua langkah yang telah Anda lakukan benar, setelah kita menekan Tab pada keyboard nanti otomatis akan tampil titik-titik dan berakhir pada batas Ruler 13 cm. Kemudian untuk membuat nomor halamannya, Anda tekan Tab satu kali lagi maka kursor oromatis akan berada pada posisi tab 14 cm. Ketik secara manual nomor halamannya sesuai dengan halaman yang Anda maksud.

Lakukan cara ini pada tulisan-tulisan lainnya sampai selesai. Anda hanya cukup bermain dengan Tab keyboard maka efeknya secara otomatis titik-titik akan tampil.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 10

Jika kita tahu triknya yang benar, maka Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word akan mudah melakukannya. Bagaimana tidak sulit bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga sukses mempraktikknya. Sampai bertemu di artikel keren lainnnya dan salam super.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *