Home / Android / Cara Membuat Dan Extract File RAR/ZIP Di HP Android Dengan Aplikasi RAR Gratis

Cara Membuat Dan Extract File RAR/ZIP Di HP Android Dengan Aplikasi RAR Gratis

Cara Membuat Dan Extract File RAR Di HP Android – Kehebatan HP Android memang hampir menyamai Komputer atau Laptop. Hampir semua fitur Komputer tersedia juga di HP Android. HP yang diusung dengan OS Android memang fiturnya tidak hanya bisa Call, SMS, dan Internet saja. Salah satu kehebatan HP Android lainnya adalah mampu membuat file/folder ekstensi RAR/ZIP. Selain mampu membuat file/folder ekstensi RAR/ZIP dan juga bisa meng-extract-nya. Tentunya semua ini bisa kita lakukan dengan bantuan Aplikasi.

Baca Juga : Terbukti Dengan Aplikasi Ini Bisa Membobol Password WinRAR Dengan Mudah

Banyak aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk membuat serta extract file RAR/ZIP di HP Android. Mulai dari yang berbayar bahkan ada juga yang gratis. Kita bisa mencari aplikasi tersebut di aplikasi Google Play Store.

Disini saya akan merekomendasikan aplikasi gratis yang fungsinya untuk membuat dan extract file/folder RAR/ZIP. Meskipun gratis, aplikasi ini memiliki fitur lengkap demi untuk memenuhi kebutuhan RAR/ZIP. Seperti halnya membuat file/folder RAR di komputer, menggunakan HP Android juga kita bisa menentukan kata sandi pada file yang akan di kompress ke ekstensi RAR/ZIP. Kita juga bisa membuat beberapa bagian (part) file/folder RAR.

Aplikasi apa yang saya maksud? Kita cukup menggunakan Aplikasi RAR yang bisa kita download di Google Play Store. Silakan Anda download dan installkan dulu Aplikasi RAR di HP Android.

Berikut Cara Membuat Dan Extract File RAR Di HP Android Dengan Aplikasi Gratis

Jika sudah selesai download dan install aplikasi seperti biasa, maka penampakan aplikasinya adalah sebagai berikut :

Pertama kita akan praktik membuat file/folder ekstensi RAR/ZIP. Silakan Anda buka aplikasi RAR dan cari file atau folder yang akan Anda buat RAR. Disini sebagai contoh saya akan membuat ekstensi RAR pada folder yang berisi file Sistem Point ekstensi .pdf.

Kita tandai (centang/checklist) file/folder yang akan kita ubah ekstensinya menjadi RAR/ZIP. Kemudian tap Add files to archive, tanda plus (+).

Sekarang kita berada di halaman Archiving options untuk pengaturan lebih lanjut, diantaranya :

  1. Archive Name adalah untuk mengubah atau menentukan nama file/folder RAR/ZIP;
  2. Browse adalah fungsi untuk menentukan tempat penyimpanan file/folder hasil extract nanti;
  3. Set Password adalah fungsi untuk menentukan kata sandi pada file/folder RAR yang akan kita buat;
  4. Pilihan format extract yang diantaranya adalah format RAR, ZIP, dan RAR 4.x;
  5. Jika semua pengaturan sudah kita tentukan sesuai dengan keinginan, silakan tap OK.

Tunggu beberapa saat dan lama waktu pembuatan file RAR tergantung ukuran file/folder yang kita tentukan. Dan berikut adalah contohnya folder yang sudah saya ubah ekstensinya menjadi RAR :

Lalu bagaimana kalau kita ingin extract kembali file RAR/ZIP tersebut, apakah bisa menggunakan Aplikasi RAR? Tentu saja bisa!

Caranya cukup mudah, silakan Anda tap dan tahan pada file/folder yang akan di extract sampai muncul pilihan Extract. Ada dua pilihan yang penting, yaitu Extract here dan Exctract files. Jika Anda memilih Extract here maka file hasil Extract akan tampil satu tempat dengan file ekstensi RAR semula. Sedangkan jika memilih Extract files maka hasil extract selain akan membentuk folder dan filenya juga atau file yang semula berada didalam folder RAR.

Sekarang kita berada di jendela Extraction options yang berfungsi untuk mengatur extract lebih lanjut. Kita bisa menentukan tempat file/folder hasil extract nanti dengan cara tap Browse kemudian pilih lokasi penyimpanannya.

Terakhir tap OK jika semua pengaturan sudah selesai Anda sesuaikan …

Karena tadi saya memilih Extract file, maka hasil ekstrak akan membentuk sebuah folder dan file yang semula berada didalam folder.

Baca Juga : Trik Mantab 3 Cara Memperbaiki File RAR Rusak / Corrupt (Diagnostic Messages)

Bagaimana mudah bukan? Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Dan Extract File RAR Di HP Android. Semoga artikel ini ada manfaatnya terutama bagi Anda yang sedang mencari pembuatan serta extract file/folder RAR/ZIP. Sampai ketemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *