Home / Microsoft Office / Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Office Word 2007 Dan Versi Diatasnya

Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Office Word 2007 Dan Versi Diatasnya

Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Word – Sering kita menemukan dua garis atau double line pada kop surat, lalu bagaimana cara membuatnya? Dua garis ini dibuat dengan mempunyai ketebalan garis berbeda, tebal dan tipis. Fungsi dua garis dibuat adalah untuk memisahkan antara kop surat dan isi surat. Sebetulnya sah-sah saja jika garis pemisah antara kop dan isi surat dibuat dalam satu garis. Namun sudah menjadi kebiasaan pada kop surat ini dibuat dua garis (double line). Seakan-akan tidak sah saja jika garis pada kop surat tidak dibuat dalam dua garis.

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Nama Hanya Dengan Menggunakan Microsoft Office Word

Kop surat dibuat untuk menandakan bahwa surat tersebut bersifat surat resmi bukan surat pribadi. Biasanya surat-surat bersifat resmi ini dikeluarkan dari lembaga pemerintahan, pendidikan, kesehatan, perusahaan dan sebagainya. Program komputer yang paling umum digunakan untuk membuat kop surat adalah program pengolah kata yang sudah tidak asing lagi dipendengaran kita yaitu Microsoft Office Word.

Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Word (1)

Dulu ketika kita ingin membuat dua garis di Office Word cukup dengan menggunakan Shapes, atau lebih tepatnya lagi adalah dengan membuat Line secara manual. Kemudian setelah itu garis tersebut kita ubah secara otomatis menjadi dua garis. Namun setelah Microsoft Office mengeluarkan versi Office 2007 maka ketika kita ingin membuat dua garis secara otomatis setelah membuatnya dengan Shapes fitur tersebut dihilangkan. Sehingga sebagian orang banyak yang membuat dua garis secara manual atau dengan melakukan copy paste, yang satu dibuat tebal dan yang satunya lagi dibuat tipis. Masalahnya dengan melakukan hal seperti itu maka dua garis yang dibuat menjadi tidak rapi.

Berikut Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Office Word 2007

Apakah kita bisa membuat dua garis secara otomatis dan hasilnya rapi dengan Office Word 2007? Jawabannya tentu saja bisa! Membuat dua garis pada kop surat di Office Word 2007 dan di Office Word versi terbarunya adalah dengan menggunakan Borders and Shading.

Caranya adalah sebagai berikut ….

Silakan Anda buka file Word yang akan diberi dua garis pada kop suratnya, sebagai contoh saya mempunyai kop surat seperti gambar berikut :

Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Word (2)

Kemudian Anda blok kalimat kop surat yang paling bawah (biasanya kalimat alamat). Setelah itu klik pilih menu Home dan temukan Borders and Shading.

Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Word (3)

Setelah kotak dialong Borders and Shading aktif, silakan Anda klik pilih kembali Tab Borders. Di tab Borders kita pilih Style garis yang biasa digunakan pada kop surat dan biasanya dua garis (tebal dan tipis). Untuk Width silakan Anda sesuaikan saja, biasanya cukup 3 pt saja. Ditampilan Preview kita wajib menghilangkan garis pada bagian atas, kanan, dan kiri dengan cara klik pada bagian itu. Artinya disini kita hanya membiarkan garis yang ditampilkan di bagian bawah saja. Selesai mengatur itu semua, terakhir klik pilih OK.

Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Word (4)

Sekarang silakan lihat hasilnya, apakah kop surat yang Anda buat sudah ada dua garisnya atau belum? Jika semua tutorial diatas Anda lakukan dengan benar maka kini kop surat yang kita buat sudah ada dua garis secara otomatis dan rapi. Bagaimana mudah bukan?

Baca Juga Artikel Keren Lainnya Tentang Office Word

Baca Juga Artikel Keren Lainnya Tentang Office Word

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Office Word. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *