Home / Photoshop / Cara Membuat Efek Asap Di Photoshop

Cara Membuat Efek Asap Di Photoshop

Cara Membuat Efek Asap Di Photoshop – Jika ada api maka disitupun akan ada asap. Rasanya kurang lengkap setelah membuat tutorial cara mudah membuat efek api dengan Photoshop lalu tidak membuat cara membuat efek asap di Photoshop. Untuk itu mumpung ada kesempatan panjang, kali ini saya akan menulis tutorialnya. Lagipula sudah lama tidak update tutorial Photoshop.

Baca Juga : Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil Di Photoshop

Dalam hal membuat afek asap menggunakan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop ini, saya menggunakan Brush Tool. Untuk penampakan hasilnya, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-00

Gambar diatas, adalah hasil dari tutorial cara membuat efek api pada tulisan sebelumnya. Selanjutnya saya sempurnakan efeknya dengan menambah efek asap. Lalu brush yang saya gunakan untuk membuat efek asap di Photoshop adalah menggunakan brush pihak ketiga. Artinya efek brush yang menghasilkan efek asap adalah efek brush otomatis, bukan brush hasil karya sendiri. Insya Allah kedepannya saya akan berbagi bagaimana cara membuat brush hasil karya sendiri.

Lalu darimana saya mendapatkan brush efek asap tersebut? Brush efek asap tersebut saya dapatkan dari web www.brusheezy.com. Tepatnya bisa Anda klik link berikut ini. Jika Anda tertarik ingin mencobanya, silakan download dulu Brush efek asapnya (Smoke Brush Pack). Brush tersebut bisa Anda dapatkan dengan gratis.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-1

Nanti jika sudah sukses mengdownloadnya, Ekstrak file RAR-nya lalu Copy file yang ada didalamnya (file format ABR). Nama filenya adalah Smoke_Brushes_Set_1_by-Falln_Stock.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-2

Lalu paste atau tempatkan file format ABR tersebut di Local Disk (C:)>Program Files>Adobe>Adobe Photoshop CS3>Presets>Brushes. Dalam tutorial atau contoh membuat efek asap kali ini, saya menggunakan Photoshop Cs3.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-3

Berikut Cara Membuat Efek Asap Di Photoshop

Nah sekarang Photoshop Anda sudah tersedia fitur brush baru untuk membuat gambar efek asap. Langkah selanjutnya, buka program Adobe Photoshop Cs3 yang sudah diinstall di komputer atau laptop Anda. Pada deretan Toolbox aktifkan Brush Tool, atau bisa juga dengan menekan huruf B pada keyboard.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-4

Klik pilihan brush lain (preset) di Toolbar lalu klik New Brush Preset untuk menambahkan atau mengaktifkan brush baru. Lihat dibawah, dan klik Smoke_Brushes_Set_1_by-Falln_Stock.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-5

Jika muncul peringatan seperti ini, jangan kaget. Anda cukup klik Append, maka koleksi brush Anda akan bertambah otomatis.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-6

Brush baru, atau brush efek asap otomatis akan masuk ke deretan brush paling bawah/terakhir. Smoke Brush Pack mempunyai enam pilihan brush efek asap keren.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-7

Silakan Anda pilih salahsatunya dari keenam brush baru tersebut. Setelah itu Anda cukup klik saja pada area gambar yang akan diberi efek asap. Sebelum melakukan pengerjaan efek asap, tentukan dulu Foreground menjadi warna putih. Cara cepatnya dengan menekan huruf huruf D pada keyboard. Untuk membalikan warna Foreground dan background, tekan huruf X pada keyboard.

Cara-Membuat-Efek-Asap-Di-Photoshop-8

Jika setelah klik jenis brush efek asap, maka diameter brushnya mungkin terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk menyesuaikannya Anda cukup menekan kurawal buka pada keyboard ‘{‘ memperbesar brush dan kurawal tutup ‘}‘ memperkecil brush.

Selamat bereksperimen sehingga hasilnya benar-benar nyata seolah-olah asap beneran. Mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara membuat efek asap di Photoshop. Semoga ada manfa’atnya bagi yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

19 comments

  1. wah keren dengan bantuan brush tool jadi lebih mudah :)

  2. oalah saya belum pernah buat yg ginian mas.nampak seperti asap beneran nih.
    saya download dulu efek asapnya mas

  3. Udah lama gak maen photoshop… makasih tips nya…

  4. widihh kren kang, beneran kaya asli asapnya ya, perlu di coba nih, ijin download efeknya dlu ya hehe

  5. wah, manteb nih.. biasanya aku bikin efek asap pakai coreldraw,,
    ijin dunlut dulu mas, sekalian buat belajar photoshop

  6. kalau saya menggunakan plugin yang saya download mas, jadi tinggal menggunakan saja tu :D

  7. keren ya kalo bisa photoshop

  8. saya coba donlot dulu ya mas, penasaran pengen nyoba.thx..

  9. wah menarik nih,hehe terimakasih tipsnya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *