Home / Photoshop / Belajar Photoshop : Membuat Efek Kertas Kusut (Lecek) Dalam Beberapa Langkah Saja

Belajar Photoshop : Membuat Efek Kertas Kusut (Lecek) Dalam Beberapa Langkah Saja

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop – Kembali saya bahas tutorial Photoshop, dan pada kesempatan baik ini saya akan memberikan cara membuat efek kertas kusut atau kertas lecek menggunakan program Adobe Photoshop. Memang kalau masalah manipulasi gambar, Adobe Photoshop sudah tidak bisa diragukan lagu. Photoshop hadir dengan banyaknya fitur untuk memberikan kemudahan dalam editing dan manipulasi gambar. Photoshop mampu membuat gambar biasa menjadi gambar luar biasa yang menakjubkan.

Baca Juga : Cara Sederhana Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas Di Photoshop (Efek Folded)

Seperti apakah contoh efek kertas kusut yang dibuat oleh Photoshop? Berikut contoh hasil akhir efek kertas kusut sederhana yang mungkin masih jauh dari kesempurnaan :

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (1)

Gambar diatas semuanya asli dibuat dengan olahan Adobe Photoshop. Mulai dari gambar background, efek kertas kusut dan solatip. Jika Anda tertarik, silakan simak artikel ini sampai selesai.

Berikut Cara Membuat Efek Kertas Kusut (Lecek) Pada Program Adobe Photoshop

Silakan buka Program Adobe Photoshop yang sudah terinstall di komputer atau laptop Anda. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan berapapun versi Photoshop Anda, jawabannya bisa mempraktikkan tutorial ini.

Buat canvas baru dengan ukuran Width 1000 pixels dan Height 700 pixels serta Resolution 300 pixels (sekedar contoh).

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (2)

Kita buat background dulu. Klik ganda Layers Background kemudian beri nama Background (sekedar contoh). Sekarang klik kanan pada Layers Background yang baru saja dibuat dan pilih Blending Options. Disini saya membuat background dengan Pattern Overlay dan memilih jenis pattern Wood (64 by 64 pixels, RGB mode). Biarkan pengaturan lainnya default saja.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (3)

Setelah sukses membuat background, langkah selanjutnya kita buat Layer baru dengan cara Create a new layer pada Palette Layers dan beri nama Paper.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (4)

Beri warna abu-abu (#dedede) pada layer yang baru saja dibuat (layer Paper) dengan menggunakan Paint Bucket Tool (G).

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (5)

Buat duplikat layer dari layer Paper dengan cara menekan Ctrl+J pada keyboard sehingga akan terbuat layer baru dengan nama Paper copy. Klik atau aktifkan Layer copy kemudian klik pilih menu Filter > Render > Clouds sehingga akan tampak seperti gambar di bawah ini :

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (6)

Layer Paper copy masih dalam keadaan aktif, aktifkan Gradient Tool (G) dan pilih jenis gradient Hitam Putih (Black, White) serta mode Difference. Untuk Opacity biarkan default atau 100%. Tarik pada area kerja secara sembarang beberapa kali sehingga menemukan kekacauan seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (7)

Klik pilih menu Filter > Stylize > Emboss. Disini jangan ada yang diubah sedikitpun atau biarkan pengaturan Emboss secara default.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (8)

Aktifkan Levels dengan cara cepat tekan Ctrl+L atau dari menu Image > Adjustments > Levels. Tarik dari kiri ke kanan sampai 60 dan dari kanan ke kiri sampai angka 200.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (9)

Sekarang pilih mode Overlay yang terdapat pada Palette Layers. Ingat masih yang aktif layer Paper copy!

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (10)

Sampai langkah ini kita sudah dapat melihat efek kertas kusutnya. Dan memang pembuatan efek kertas kusut di Photoshop sudah selesai. Langkah selanjutnya mari kita beri bayangan (shadow) dan tulisan (text).

Pada langkah pertama kita sudah membuat background menggunakan efek pattern. Kini saatnya untuk menampakkan background tersebut. Silakan Anda pilih atau aktifkan layer Paper dan Paper copy. Untuk mengaktifkan kedua layers secara bersamaan silakan Anda aktifkan atau klik dulu salah satu layer dan untuk mengaktifkan layer lainnya tekan Ctrl pada keyboard.

Gunakan Move Tool (V) untuk mengecilkan objek layer Paper dan layer Paper copy.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (11)

Klik aktifkan layer Paper dan klik kanan kemudian klik pilih Blending Options. Beri efek Drop Shadow dengan pengaturan Opacity 60% Distance 5px dan Size 10px.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (12)

Buat efek solatip menggunakan Rectangle Tool (U) dengan memilih Shape layers dan beri warna hijau (sekedar contoh). Kemudian agar terkesan nyata saya miringkan sedikit solatipnya kemudian diberi nilai Opacity 50%.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (13)

Buat tulisan Info Menarik (sekedar contoh) menggunakan jenis huruf (font) Freestyle Script dan ukuran huruf disesuaikan saja. Posisikan layer Text paling atas agar tulisan dapat terlihat.

Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop (14)

Simpan hasil kerja Anda dengan file format .png atau .jpg untuk keperluan cetak dan .psd jika kedepannya Anda ingin mengubah kembali file tersebut.

Baca Juga : Cara Paling Cepat Membuat Lipatan Kertas Keren dan Tampak Nyata Di Photoshop

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat berkreasi dan semoga sukses membuatnya. Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Efek Kertas Kusut Di Photoshop. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *