Home / WordPress / Cara Membuat Email Template Profesional + Keren Di WordPress (Email HTML)

Cara Membuat Email Template Profesional + Keren Di WordPress (Email HTML)

Cara Membuat Email Template Di WordPress – Jika blog WordPress yang kita miliki adalah WordPress self hosted, maka kita akan mendapatkan email account gratis dari WEB Hosting. Email account tersebut menggunakan domain blog kita sendiri. Misal domain blog kita www.contoh.com, maka email account yang akan kita peroleh adalah [email protected] Keren bukan?

Baca Juga : Cara Membuat Alamat Email Baru Yahoo, Gmail, Hotmail

Namun sayangnya email account default web hosting tampilannya tidak menarik. Hal ini sama halnya dengan email account gmail, yahoo, dan hotmail yang menampilkan kotak pesan hanya terlihat text biasa saja.

Berbeda dengan email yang kita terima dari perusahaan web online seperti email dari perusahaan WEB HostingToko Online, dan perusahaan online lainnya. Email yang mereka kirim tampilannya sangat bagus dan dilengkapi dengan logo (brand) web. Email tersebut juga dilengkapi dengan header dan juga footer yang disesuaikan dengan desain web mereka.

Mungkin Anda pernah berpikir kenapa tampilan email mereka bisa sebagus itu, sedangkan email yang kita miliki tampilannya hanya biasa-biasa saja? Mereka mempunyai email template yang tentunya sudah disesuaikan sedemikian rupa.

Apakah kita bisa membuat tampilan email yang bagus seperti yang sudah saya contohkan diatas? Jawabannya bisa!

Baca Juga : Cara Kirim Email Tanpa Menggunakan Akun

Berikut Cara Membuat Email Template Di WordPress Agar Tampilan Email Lebih Profesional

Disini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara membuat email template khusus untuk blog WordPress. Sehingga nantinya email pesan keluar yang dikirim dari blog WordPress Anda akan terlihat keren dan lebih profesional. Dimana secara default, email pemberitahuan yang dikirim oleh WordPress adalah tampilannya biasa-biasa saja.

Untuk membuat tampilan email default WordPress menjadi lebih keren lagi kita meski menggunakan plugin. Plugin untuk membuat email template di WordPress diantaranya adalah Plugin Email Template.

Dengan menggunakan Plugin Email Template maka kita akan bisa merubah tampilan email default menjadi lebih menarik. Kita bisa menambahkan logo, menampilkan header dan footer, memberi warna background email, dan masih banyak lagi.

Dengan kata lain email template ini adalah membuat email yang disusun dari kode-kode HTML untuk menampilkan logo, header, footer, warna tulisan, besar tulisan, dan sebagainya. Dan untuk mempersingkat waktu sebaiknya kita manfaatkan Plugin Email Template.

Merubah tampilan email default yang dikirim dari blog WordPress Anda sangat penting jika blog Anda menjalankan blog multi penulis (penulis tamu). Dan juga untuk situs jenis Affiliasi atau Toko Online saya rasa perlu menggunakan Email Template. Hal ini demi meningkatkan nilai situs Anda di mata member yang terlihat lebih profesional.

Berikut contoh sederhana tampilan email yang sudah dimodifikasi dengan plugin email template :

Cara Membuat Email Template Profesional + Keren Di WordPress (Email HTML) 0

Untuk menginstall Plugin Email Template caranya cukup mudah. Anda tinggal menuju ke menu Plugin yang ada di Dashboard WordPress. Kemudian Anda ketikkan kata kunci “Email Template” pada pencarian plugin dan installkan seperti biasa.

Cara lain Anda bisa unduh Plugin Email Template dan installkan melalui Dashborad atau cPanel WEB Hosting.

Dan nanti jika Plugin Email Template sudah selesai Anda install dan diaktifkan, untuk setting lebih jauh Anda bisa langsung menuju ke menu Appearance > Email Templates.

Cara Membuat Email Template Profesional + Keren Di WordPress (Email HTML) 1

Silakan Anda setting lagi semua fitur Email Template ini sesuaikan dengan selera Anda. Fitur plugin Email Template ini terdiri dari menu Settings, Template, Email Header, Email Body, Footer, dan Send test email. Jangan khawatir, plugin email template ini dilengkapi juga dengan fitur preview. Ketika Anda sedang melakukan perubahan maka akan ditampilkan halaman preview disebelah kanan. Hal ini untuk mempermudah Anda dalam melakukan perubahan di email template sebelum Anda Save & Publish.

Cara Membuat Email Template Profesional + Keren Di WordPress (Email HTML) 2

Mungkin hanya itu saja tulisan Cara Membuat Email Template Di WordPress. Semoga tulisan ini bermanfaat dan nanti halaman email default WordPress Anda menjadi lebih keren lagi dan terlihat lebih profesional layaknya perusahaan web online besar.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. Kalau tanpa plugin gimana yah. Mau buat template email, tapi masih nyari cara yang gak pakai plugin.

    • Tanpa plugin gampang sekali mas, kita tinggal mengetikkan kode di mode HTML tempat kirim email. Cuma itu dia kita harus paham dengan kode.

  2. Mantap Gan, Tanpa plugin gampang sekali mas, kita tinggal mengetikkan kode di mode HTML tempat kirim email. Cuma itu dia kita harus paham dengan kode.

  3. saya mau tanya tentang beklis koryea saya pulang thn 2012 saya ilegal pulang dengan sukarela apakah saya masih bisa kekorea lagi

  4. Buat artikel yg tanpa plugin mas, kurang puas dengan tampilannya kalau pake plugin. Dan yg simpel juga caranya mas hehe

    • Ok mas lain kali akan saya buatkan artikelnya. Sebetulnya dengan bantuan Plugin inipun kita nantinya bisa membuat email template tanpa plugin dengan mengambil script kodenya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *