Home / WordPress / Cara Membuat Featured Image Di WordPress Secara Otomatis Tanpa Plugin

Cara Membuat Featured Image Di WordPress Secara Otomatis Tanpa Plugin

Cara Membuat Featured Image Di WordPress – Tulisan ini adalah pengalaman saya kemarin ketika blog ini diubah templatenya. Sebelumnya blog IM menggunakan theme Point dari MyThemeShop dan sekarang menggunakan theme premium Sahifa. Ketika blog IM menggunakan theme Point layoutnya tidak dilengkapi dengan featured image. Ini adalah sengaja karena demi mempercepat loading blog. Walaupun sebetulnya theme default Point menggunakan featured image, tapi waktu itu saya tidak suka menampilkannya. Lain lagi ketika sekarang menggunakan theme Sahifa. Demi lebih mempercantik lagi tampilan blog IM maka saya mengaktifkan featured image.

Baca Juga : Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis

Awalnya saya sempat bingung juga bagaimana cara menampilkan featured image sedangkan awalnya saya tidak pernah membuatnya? Sempat terpikir apakah mungkin membuatnya secara manual? Artinya artikel-artikel yang sudah dipublish saya edit lagi satu persatu untuk menampilkan featured image. Tidak mungkin itu dilakukan karena hanya akan membuang waktu secara percuma saja. Saat ini sudah ada 500 artikel dan tidak terbayangkan entah berapa hari akan selesai.

Cara Membuat Featured Image Di WordPress

Akhirnya saya coba jalan-jalan di mbah google dengan kata kunci “Cara Membuat Featured Image Secara Otomatis”. Singkat cerita akhirnya saya menemukan salah satu cara yang efektif yaitu menampilkan featured image dengan bantuan kode php. Saya coba dulu di Local Host apakah script tersebut bisa dijalankan secara normal atau tidak, dan hasilnya sukses.

Berikut Cara Membuat Featured Image Di WordPress Secara Otomatis

Ada yang masih bingung apa itu featured image? Featured image adalah gambar yang biasa ditampilkan pada artikel untuk mewakili semua isi artikel. Biasanya featured image ini akan tampil pada homepage blog, sidebar, related post, dan sebagainya. Featured image lebih dikenal lagi dengan sebutan post thumbnail. Ketika kita mengunjungi sebuah blog pada tampilan homepage biasanya akan ditemukan gambar-gambar ukuran mini, itupun jika admin blog mengaktifkannya. Nah gambar-gambar itulah yang disebut dengan featured image atau post thumbnail.

Jika seluruh artikel Anda ingin ada featured imagenya maka sebelum menerbitkan artikel sebaiknya pilih dulu Set Featured Images dan tentukan gambar yang akan dijadikan post thumbnail.

Lalu bagaimana jika artikel sudah terlanjur diterbitkan sedangkan kita ingin membuat featured image? Jika jumlah artikelnya sedikit tentunya bukan masalah, namun lain lagi jika jumlahnya sudah banyak. Cara praktisnya silakan Anda copy kode berikut :

add_filter('the_content', 'set_attachment_as_featured_image');
 function set_attachment_as_featured_image($content) {
 global $post;
 if (has_post_thumbnail()) {
 // display the featured image
 $content = the_post_thumbnail() . $content;
 } else {
 // get & set the featured image
 $attachments = get_children(array(
 'post_parent' => $post->ID,
 'post_status' => 'inherit',
 'post_type' => 'attachment',
 'post_mime_type' => 'image',
 'order' => 'ASC',
 'orderby' => 'menu_order'
 ));
 if ($attachments) {
 foreach ($attachments as $attachment) {
 set_post_thumbnail($post->ID, $attachment->ID);
 break;
 }
 // display the featured image
 $content = the_post_thumbnail() . $content;
 }
 }
 return $content;
 }

Kemudian Anda tempatkan atau paste kode diatas didalam file functons.php dan lihat hasilnya. Jika blog Anda menggunakan plugin cache atau menggunakan CDN seperti CloudFlare silakan dibersihkan dulu cachenya. Maka ketika blog direload secara otomatis semua featured image akan tampil. Featured image ini akan diambil secara otomatis dari gambar pertama yang ada dalam postingan.

Sebelum melakukan cara ini pastikan kalau theme yang Anda gunakan sudah mendukung pemasangan featured image. Dan lagi artikel yang Anda buat didalamnya harus ada gambarnya minimal satu gambar.

Selengkapnya bisa Anda lihat dari sumbernya di Set Attachment Featured Image. Ok mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Membuat Featured Image Di WordPress Tanpa Plugin. Oh iya untuk kedepannya jika semua post thumbnail sudah muncul, tidak menjadi masalah kalau kode php diatas Anda hapus dari functions.php.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *