Home / Software / Cara Mudah Membuat File ISO Menggunakan DAEMON Tools Lite (Image Files)

Cara Mudah Membuat File ISO Menggunakan DAEMON Tools Lite (Image Files)

Cara Membuat File ISO ~ Daemon Tools – Rasanya tidak lengkap kalau dari kemarin terus membahas seputar file ISO tapi tidak menulis artikel tentang bagaimana cara membuat file iso itu sendiri? Kemarin saya sudah membahas bagaimana cara membuka file iso? Dimana pada artikel tersebut saya telah mempraktikkan membuka (mount) file ISO pada software DriverPack Solution (DPS). Ok pada kesempatan ini saya akan menulis artikel cara membuat file ekstensi ISO (Image Files).

Baca Juga : Cara Mudah Dan Cepat Membuka File ISO Tanpa Software

Dalam membuat file ekstensi ISO kita membutuhkan software. Banyak software yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan membuat file ISO. Contohnya kita bisa membuat file ISO dengan software Daemon Tools, Magic ISO, Ultra ISO, Power ISO, dan masih banyak lagi. Silakan Anda tinggal memilih mau menggunakan software mana yang cocok dengan kebutuhan.

Saya tidak akan membahas satu persatu semua software yang bisa kita gunakan untuk membuat file ISO. Selain membutuhkan waktu lama dalam membuat artikelnya, dan lagi pada intinya membuat file ISO dengan software apapun langkahnya sama saja.

Disini saya hanya akan membahas cara membuat file ISO menggunakan Daemon Tools saja.

Cara Mudah Membuat File ISO Menggunakan DAEMON Tools Lite 1

Apa itu Daemon Tool? Daemon Tools atau Daemon Tools Lite adalah software yang bisa kita manfaatkan fiturnya untuk membuat file ISO. Dengan Daemon Tools Lite pengguna akan mampu melakukan backup CD/DVD/HDDVD fisik kedalam bentuk Virtual Disk. Dimana Virtual Disk atau File Disc Image (Image Files) ini selanjutnya dapat kita jalankan langsung di Hard Drive tanpa menggunakan CD/DVD/HDDVD fisik lagi. Kemudian selain bisa membuat file ISO, Daemon Tools Lite juga bisa membuat file ekstensi MDS.

Untuk mendapatkan Daemon Tools Lite kita meski mengeluarkan budget untuk membelinya. Namun kita juga bisa menggunakan Daemon Tools Lite secara gratis dengan menggunakan versi MODE DEMO.

Berikut Cara Membuat File ISO Menggunakan Daemon Tools Lite

Saat ini ketika artikel ini dibuat, Daemon Tools Lite sudah mencapai versi 10.2. Dan kemungkinan software ini akan terus dikembangkan demi membuat nyaman penggunanya.

Daemon Tools Lite 10.2 dapat kita gunakan disemua komputer atau laptop Operasi Sistem Windows semua versi (XP, Vista, 7, 8, dan 10) baik 32bit/86bit dan 64bit. Tampilan yang menarik serta pengoperasian yang mudah sehingga software ini paling banyak digunakan oleh pengguna.

Mempunyai banyak software yang kita simpan didalam CD/DVD saya rasa masih belum aman. Karena tentunya dengan menyimpan software didalam CD/DVD bisa saja suatu saat CD/DVD tersebut rusak karena faktor tertentu. Jadi merupakan langkah efektif jika kita menyimpan software tersebut kedalam file ISO yang selanjutnya dapat kita backup kedalam media drive external seperti hardisk atau flashdisk.

Jika suatu saat kita membutuhkan file kedalam bentuk fisik CD/DVD maka file ISO tersebut dapat kita bakar (burning) langsung menggunakan Daemon Tools Lite.

Sebetulnya bukan hanya software saja yang dapat kita simpan dalam file ISO. File apapun seperti : game, musik mp3, video, dan sebagainya dapat kita arsipkan kedalam file ekstensi ISO.

Baiklah mari kita mulai saja tutorialnya dan tentunya sebelum dimulai panduan membuat file ISO ini, Anda harus sudah mengunduh software Daemon Tools Lite dan menginstallnya di komputer/laptop.

Dan ingat ketika Anda install Daemon Tools Lite Anda harus memilih versi gratis (free license). Itupun jika Anda mau menggunakan Daemon Tools Lite tanpa harus membayar software ini. Kecuali jika Anda mau mencoba yang versi berbayarnya.

Dan untuk Operasi Sistem Windows 7 kebawah, Anda harus melakukan upgrade Microsoft .NET Framework. Karena sangat direkomendasikan kalau install Daemon Tools Lite versi 10.2 minimal harus menggunakan Microsoft .NET Framework 4.

Jika semuanya sudah siap, Daemon Tools Lite versi terbaru sudah terinstall selanjutnya silakan Anda buka software pembuat file ISO tersebut. Untuk membuat file ISO silakan Anda masukkan CD/DVD yang nantinya akan Anda buat menjadi file ekstensi ISO kedalam CD/DVD ROM.

Pada software Daemon Tools Lite Anda klik pilih Image Baru dan Ambil Disk.

Cara Mudah Membuat File ISO Menggunakan DAEMON Tools Lite 2

Tunggu sampai CD/DVD yang Anda masukkan kedalam CD/DVD ROM sudah terdeteksi dengan baik. Disini Anda bisa menentukan penyimpanan file ISO nanti kedalam folder yang Anda inginkan. Kemudian pada Format silakan Anda pilih ISO dan disini Anda bisa membuat Kata Sandi (Password). Artinya nanti file ISO ketika dibuka akan diminta untuk memasukkan Kata Sandi (demi keamanan). Jika semuanya sudah Anda atur dengan benar, terakhir klik Mulai.

Cara Mudah Membuat File ISO Menggunakan DAEMON Tools Lite 3

Anda tunggu sampai proses pembuatan file ISO selesai dengan sempurna. Bagaimana mudah sekali bukan? Silakan selamat mencoba Cara Membuat File ISO Menggunakan DAEMON Tools Lite 10.2. Semoga artikel ada manfaatnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Belum bisa punya saya mas, mesti upgrade .net frameworknya dl. Untuk sementara pakai Iso Creator dl. Tp pengin juga sih cobain pakai daemon tool lite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *