Home / Microsoft Office / Cara Membuat File PDF Dengan Menambah Ekstensi PDF Di Microsoft Office Word

Cara Membuat File PDF Dengan Menambah Ekstensi PDF Di Microsoft Office Word

Cara Membuat File PDF Dengan Di Word – Pada kesempatan baik ini saya akan coba berbagi cara membuat file PDF tanpa harus menggunakan aplikasi atau software lainnya. Dalam membuat file PDF disini kita cukup mengandalkan satu software saja, yaitu Microsoft Office Word. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa secara default Microsoft Office baik itu Office Word, Office Excel, Office Power Point tidak bisa langsung bisa membuat file PDF. Jika kita ingin mengubah file dokumen ke file PDF harus menginstall aplikasi atau software lainnya. Namun dengan menambahkan file ekstensi PDF kedalam keluarga Microsoft Office maka nantinya kita bisa melakukan Save As langsung ke File PDF.

Baca Juga : Dengan Cara Ini Bisa Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Lalu apa sih file PDF itu? Baik sebelum kita bahas ke cara membuat file PDF di Microsoft Office Word saya akan berikan penjelasan dulu apa yang disebut file ekstensi PDF. Ekstensi PDF adalah singkatan dari Portable Document Format atau dengan maksud lain adalah file dokumen dalam bentuk portabel. File format ini pertama kali muncul pada tahun 1993 yang dibuat oleh perusahaan Adobe Systems. Jadi file ekstensi PDF adalah masih satu keluarga dengan Adobe. Maka dari itu dulu jika kita ingin membuka file format PDF harus menggunakan aplikasi Adobe Reader.

Cara Membuat File PDF Dengan Di Word 0

File format PDF diperlukan untuk kegiatan pertukaran dokumen digital dan juga untuk mempresentasikan dokumen dua dimensi. Didalam format PDF kita bisa membuat teks huruf dan juga gambar grafik vektor dua dimensi. Bahkan saat ini file format PDF sudah mampu membaca gambar grafik vektor tiga dimensi.

Dulu penggunaan file format PDF tidak sepopuler seperti saat ini. Dulu perangkat lunak untuk membaca file format PDF seperti Adobe Reader tidak disediakan secara gratis. Kemudian waktu itu banyak aplikasi yang tidak mendukung untuk membaca file format PDF. Berbeda dengan saat ini sudah banyak software yang bisa kita gunakan untuk membaca bahkan membuat file format PDF. Saat ini juga file format PDF sudah terintegrasi dengan internet seperti di Google Drive kita bisa langsung melihat file format PDF tanpa harus menginstall aplikasi di komputer.

Berikut Cara Membuat File PDF Dengan Mudah Di Microsoft Office Word

Untuk membuat file PDF di Word seperti yang sudah saya singgung diatas kalau Office Word secara default tidak menyediakan fasilitas untuk membuatnya langsung. Kita meski menambahkan lagi file ekstensi PDF kedalam software Microsoft Office. Bahkan jika nanti kita sudah menginstall ekstensi PDF kedalam Microsoft Office bukan hanya di Word saja kita bisa membuat PDF. Disemua produk Microsoft Office seperti Office Excel dan Office Power Point akan ditemukan secara otomatis fitur Save As PDF.

Silakan Anda unduh terlebih dahulu aplikasi SaveAsPDFandXPS di website resmi Microsoft. Aplikasi ini sangat kecil hanya berukuran 933 KB saja. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir proses download akan lambat atau akan menurunkan kinerja Office.

Jika sudah sukses download aplikasi SaveAsPDFandXPS silakan Anda install seperti biasa. File ekstensi ini akan bertambah otomatis dideretan file ekstensi default Microsoft Office.

Untuk menggunakannya juga sangatlah mudah, Anda buka dokumen yang akan diubah ekstensinya ke PDF di Office Word. Setelah Anda klik pilih Office Button (sebelah kiri atas) dan pilih Save As > PDF or XPS.

Cara Membuat File PDF Dengan Di Word 1

Contoh diatas saya menggunakan Microsoft Office 2007. Untuk Office Word versi lainnya tinggal menyesuaikannya saja dimana lokasi Save As.

Bagaimana mudah bukan? Tidak banyak langkah yang harus kita lakukan ketika Membuat File Format PDF Di Office Word. Ok mungkin hanya itu saja pembahasan cara membuat file berekstensi PDF ini. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. ternyata aplikasi microsoft word bisa digunakan untuk membuat dokumen berformat .pdf ya .. jadi lebih mudah kalau mau buat ebook :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *